PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mulai Kembali menyegarkan tampilan lini produknya, kali ini giliran W175 Series model 2025.
Seri W175 terdiri dari W175 SE, W175 Cafe dan W175TR yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.
Motor ini merupakan motor sport retro yang mengikuti gaya desain Kawasaki W Series, seperti W800 dan W250.
Desainnya dibuat simple dan tradisional dengan proporsi klasik yang tak lekang oleh Waktu.
"Bertepatan pada awal minggu Juni ini, kami meluncurkan warna terbaru dari W175 Series 2025 Model Year," Michael C Tanadhi, selaku Head Sales & Promotion KMI.
"Inovasi pilihan warna yang dihadirkan memberikan kesan elegan bagi Kawasaki Lovers dan pastinya akan lebih percaya diri saat mengendarai," tambahnya.
Kawasaki W175 yang mengusung konsep 'Authentic Retro', menjadi pioneer di marketnya dengan desain dan gaya motor orisinil buatan Jepang.
Maka dari itu, KMI terus melakukan pembaruan pada W175 untuk turut serta meramaikan produk bergaya retro di Indonesia.
W175 SE memiliki fitur timeless design, dengan peredam ganda di belakang, yang dilengkapi fitur preload yang dapat disesuaikan.
Baca juga : Kawasaki W175TR 2024 Tampil Nyentrik, Tetap Andalkan Karburator
Sementara untuk W175 Cafe juga memiliki desain serupa, namun dengan meter visor dan juga suspensi belakang dengan setelan preload.
W175TR dengan konsep city scrambler memiliki desain motor semi off-road dengan bentuk lebih ramping dan gahar.
Dari pemaparan tadi, setidaknya Kawasaki W175 Series memiliki 4 tipe yang berbeda.
Masing-masing memiliki tampilan, juga gaya tersendiri yang memberikan banyak pilihan untuk konsumen.
Kawasaki W175 SE ditawarkan dengan harga Rp 35,100 juta punya opsi warna Metallic Smoke Gold dan Candy Arsenit Green.
Warna tersebut hanya terdapat pada bagian tangka bahan bakar, dan juga sepatbor depan saja.
Sedangkan cover bodi samping, dilabur warna hitam dengan tulisan angka 175, menggambarkan kapasitas mesinnya.
Lainnya justru dominan warna hitam, seperti pada bagian blok mesin, pelek, suspensi depan dan belakang.
Kemudian area knalpot, jok, sepatbor belakang, cover spidometer, spion hingga cover lampu belakang.
Sementara W175 SE Black Style hanya punya 1 opsi warna yang disebut Metallic Spark Black berbanderol Rp 36 juta.
Sejatinya bekalan yang ditawarkan masih mirip dengan tipe SE biasa, namun warna hitam sangat dominan pada motor ini.
Lalu Kawasaki W175 Cafe punya opsi kelir Pearl Storm Gray dan Pearl Crystal White dilepas Rp 36,400 juta.
Jika menyukai tampilan motor yang lebih berwarna, tipe ini bisa jadi pilihan.
Pasalnya selain warna dasar yang disematkan pada tangka bahan bakar dan sepatbor, justru dipadu stripe bodi yang atraktif.
Tengok saja bagian tangka, terdapat striping pada bagian sisi dan juga atas tangki bahan bakar.
Pun dengan cover bodi samping dengan sematan angka 175 yang punya ukuran lebih besar.
Belum lagi warna cover knalpot yang mengkilap, berkat pelapisan krom yang memberi kesan mewah.
Baca juga : Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi
Dan Kawasaki W175TR dengan opsi warna Ebony saja, kini berbanderol Rp 34,300 juta. Seluruh harga on the road Jakarta.
Tak ada lagi opsi warna kuning atau hijau seperti pada versi sebelumnya, padahal 2 warna itu sangat menarik.
Tapi toh penawaran kelir yang diberikan juga cukup atraktif, namun tetap berkesan simple.
Dengan warna hitam glossy pada tangka dan juga cover samping, sematan TR dengan latar abu pada tangki justru menggoda.
Kesan klasiknya terlihat jelas, namun juga ada unsur elegannya. Pada cover samping tertulis W175TR.
Dengan porsi suspensi depan lebih jangkung, motor ini punya sepatbor depan yang menggantung.
Dan masih ada sentuhan warna komponen selain hitam, yakni abu-abu pada cover pelindung bawah mesin.
Kemudian pelapisan krom pada pelindung knalpot. Oiya, knalpotnya berbeda, karena dibuat lebih mendongak.
Harga Kawasaki W175 Series 2025 | ||
---|---|---|
W175 SE | Rp 35,100 juta | |
W175 SE Black Style | Rp 36 juta | |
W175 Cafe | Rp 36,4 juta | |
W175TR | Rp 34,3 juta | |
*harga on the road Jakarta |
Selain dengan kehadiran warna baru untuk model year 2025, secara spesifikasi teknis tak ada perubahan.
Kawasaki W175 Series 2025 masih menggendong mesin 4-tak, 177 cc, SOHC 2 katup dengan pendingin udara.
Pengabutan bahan bakarnya pun masih menggunakan karburator, jadi bukan injeksi seperti versi di India ya!
Karburator Mikuni VM24 masih jadi andalan, yang memberikan kesan retro lebih kuat, karena juga masih tersedia tuas choke pada setang sebelah kiri.
Transmisi memiliki 5 percepatan manual yang akan menyalurkan tenaga menuju roda belakang lewat rantai.
Detail berbeda diterapkan pada spesifikasi kaki-kakinya, yang mana W175 SE dan W175 Cafe justru identik.
Suspensi depan teleskopik masih jadi andalan, dengan kawalan roda 80/100/17 dan rem cakram 2 piston.
Sedangkan belakang pakai suspensi ganda dengan preload, yang mengawal roda 100/90-17, dengan rem tromol.
Kawasaki W175TR jadi pembeda karena styling-nya yang ala motor scrambler.
Suspensi depan teleskopik dengan pelindung debu, mengawal ban 80/100-17 dengan rem cakram 2 piston.
Suspensi belakang ganda dengan preload diandalkan untuk mengawal roda 100/90-17, dan rem tromol.
Meski secara ukuran tetap sama, namun jenis ban yang dipakai berbeda, karena menggunakan ban ala dual purpose.
Tentunya ini menyesuaikan dengan konsep yang diusungnya. Jadi diantara tipe Kawasaki W175 Series, kalian suka yang mana nih?
Spesifikasi Kawasaki W175 Series 2025 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | 4-stroke, SOHC, air-cooled | |
Jumlah Silinder | Silinder Tunggal | |
Diameter x Langkah | 65.5 x 52.4 mm | |
Perbandingan Kompresi | 9.1:1 | |
Tenaga Maksimum | 13 PS @7,500 rpm | |
Torsi Maksimum | 13.2 Nm @6,000 rpm | |
Volume Silinder | 177 cc | |
Tipe Transmisi | Manual, 5 percepatan | |
Sistem Penagbutan bahan bakar | Karburator Mikuni VM24 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1.930 x 765 x 1.030 mm / 1.950 x 805 x 1.085 mm (TR) | |
Jarak Poros Roda | 1.275 mm / 1.285 (TR) | |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm / 195 mm (TR) | |
Berat | 126 kg / 121 kg (TR) | |
Suspensi Depan | Telescopic Form ( Inverted ) | |
Suspensi Belakang | Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability | |
Ban Depan | 80/100-17M/C 46P | |
Ban Belakang | 100/90-17M/C 55P | |
Rem Depan | Single 220 mm disc | |
Rem Belakang | Drum, 110 mm |