Dilepas Rp 11 Jutaan, Ini yang Bikin Alva N3 Bisa Murah

ALVA N3 jadi varian paling terjangkau dari ALVA
  • Menggunakan baterai yang sama dengan Cervo Q.
  • Flat deck bikin N3 lebih fungsional.

Motor listrik murah dari Alva resmi diperkenalkan di GIIAS (GAIKINDO International Indonesia Auto Show) 2024 kemarin.

Diberi nama Alva N3 dengan harga jual setelah subsidi Rp 11,5 juta OTR Jakarta dan harga non subsidi Rp 18,5 juta OTR Jakarta.

Namun yang perlu diperhatikan adalah harga di atas merupakan harga motor saja tanpa baterai.

Alva mengatakan kalau hal tersebut dilakukan karena banyak konsumen yang bertanya-tanya berapa harga motornya saja.

Nah untuk 1 baterai N3 sendiri dibanderol Rp 10 juta, kalau beli 2 baterai mendapat potongan Rp 3 juta sehingga hanya menjadi Rp 17 juta.

Baca juga: Begini Jawaban Alva Terkait Harga N3 Belum Termasuk Baterai

Artinya Alva N3 dengan 1 baterai akan seharga Rp 28,500 juta dan Rp 35,500 juta untuk pembelian dengan 2 baterai.

Harga subsidi tentu lebih murah, pembelian dengan 1 baterai menjadi Rp 21,500 juta dan dengan 2 baterai menjadi Rp 28,500 juta, semua harga tersebut merupakan OTR Jabodetabek.

Sharing Platform

Dengan pemilihan harga tersebut, membuat motor ini jadi varian paling murah dari line up lainnya yang sudah beredar seperti One, One XP, Cervo, Cervo Boost Charge, dan Cervo Q.

Salah satu penyebab yang membuat harga jualnya menjadi lebih terjangkau adalah karena N3 menggunakan beberapa komponen yang sama dengan saudara-saudaranya.

Menggunakan baterai yang sama seperti pada Cervo Q

Baca juga: Alva Kembangkan Sistem Charger Pintar, Bisa Atur Kapan Baterai Penuh!

“Banyak ilmu yang bisa dikembangkan dari beberapa model sebelumnya, sehingga bisa develop dengan harga yg lebih terjangkau.”

Seperti baterai yang digunakan ini sama seperti pada Cervo Q, BMS (Battery Management System) dan controller juga sama, ibaratnya seperti copy paste,” jelas Putu Swaditya Yudha selaku Chief Marketing Officer (CMO) Alva.

Untuk mesin penggeraknya mengandalkan model hub drive, beda dengan Cervo yang menggunakan model mid drive dengan belt untuk meneruskan tenaga ke roda belakang.

“Tapi BLDC model ini yang terbaik untuk segmen N3. Dari semua itu bisa kita posisikan harga jualnya di bawah Rp 30 juta,” tambah Adit.

Kombinasi One dan Cervo

Alva N3 sendiri memiliki arti number 3 yang merupakan produk ketiga, tapi juga bisa diartikan menjadi entry sehingga menyangsa pasar motor listrik di kelas entry level atau bagi pengguna baru.

Baca juga: Alva Sebar Boost Charge, Bisa Isi Baterai Kurang Dari 30 Menit!

Desain BLDC baru pada N3, beda dengan Cevo dan One

Untuk itu secara garis desain mengaplikasikan dari kakak-kakaknya yang lebih dulu hadir, ada garis desain dari Alva Cervo dan juga Alva One.

“Tipe yang ketiga ini kita rundingkan supaya konsumen sendiri gak kaget. Kedua secara bisnis, mau orang yang belum pakai jadi ingin beli.”

“Jadi satu, harus ada unsur Cervo dan juga One. Tapi kita mengarahnya memang lebih banyak ke Cervo secara garis desain, supaya DNA desain Alva kelihatan,” rincinya.

Alva N3 Racikan Indonesia

Karena dibuat di Indonesia, akhirnya Alva sendiri lebih leluasa dalam mengembangkan produk-produknya sesuai dengan keinginan atau permintaan dari konsumen di Indonesia.

baca juga: Begini Sosok Alva N3, Motor Listrik yang Cuma Rp 11 Jutaan!

Pijakan kaki rata memungkinkan N3 membawa galon atau tabung gas

Ditujukan untuk penggunaan sehari-hari, membuat N3 ini memiliki sisi utilitas yang baik. Paling terlihat tentu saja penggunaan dek rata yang berbeda dari Cervo juga One.

“Karena untuk penggunaan dalam kota, penggunaannya paling ke kantor, rumah, beli air galon, dan gas melon seperti itu kan. Kalau Bentuk Cervo gak bisa buat bawa galon, oke jadi dirubah lah dengan mengubah posisi baterai depan ke tengah dan jadi flat deck.”

“Flat deck ini duduknya tetap gak jongkok, ini yang penting karena kalau yang lain baterai di bawah dek bikin posisinya jadi tinggi walaupun flat deck, posisi kaki jadi jongkok,” jelas pria murah senyum ini.

Tentu saja penggunaan dek rata ini membuat N3 bisa membawa air mineral galon 2 buah kanan dan kiri, dari segi pengendalian dan posisi berkendara juga lebih bersahabat untuk pengendara perempuan.

Jadi gak sabar buat coba nih!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Pembeli NMax Turbo Tech Max Ultimate mendapatkan unit lebih dulu Pihak Yamaha mengundang 50 konsumen pembeli NMax Turbo Tech Max Ultimate untuk melakukan seremoni penyerahan unit Ada aksesoris baru yang diberikan terhadap varian NMax Turbo tertinggi ini Walau dibanderol paling mahal, pembeli Yamaha NMax Turbo Tech Max Ultimate mendapatkan prioritas lantaran menerima unit motornya lebih dulu ketimbang varian NMax lain. Pada acara serah terima unit NMax Turbo Tech Max Ultimate pertama hari ini (3/
Menggunakan baterai yang sama dengan Cervo Q. Flat deck bikin N3 lebih fungsional. Motor listrik murah dari Alva resmi diperkenalkan di GIIAS (GAIKINDO International Indonesia Auto Show) 2024 kemarin. Diberi nama Alva N3 dengan harga jual setelah subsidi Rp 11,5 juta OTR Jakarta dan harga non subsidi Rp 18,5 juta OTR Jakarta. Namun yang perlu diperhatikan adalah harga di atas merupakan harga motor saja tanpa baterai. Alva mengatakan kalau hal tersebut dilakukan karena banyak konsumen yang bertan
Meriahkan gelaran Art of Speed (AoS) Malaysia. Berskala internasional. Builder dan produk lokal berjaya. Satu lagi produk Indonesia kembali menjadi sorotan di luar negeri, bertepat di event modifikasi Art of Speed (AoS) Malaysia, yang berlangsung di Maeps Serdang, pada 27-28 Juli 2024. Ya, di hajatan anak motor berskala internasional yang menjadi lokasi berkumpulnya para penggiat motor custom dan modifikasi. Dua kustom builder ternama asal negeri Jiran, yaitu Pa’din Musa, serta motovlogger Naim
Limiter hanya 16.000 rpm. Jadi yang paling berat di kelasnya. Mulai tahun 2024 ini tim Motul Sniper Kawasaki Manual-Tech menggunakan Kawasaki Ninja ZX-25RR untuk berlaga di balap Asia, yakni Asia Road Racing Championship (ARRC). Motor tersebut dipakai pada kelas Asia Production 250 atau AP250, bersaing dengan Honda CBR250RR dan Yamaha R3. Sudah menggunakan mesin 250 cc 4 silinder, ternyata tidak semena-mena membuat motor satu ini unggul. Karena namanya balap roadrace ini tidak hanya bergantung p
Busi motor kerap luput dari perhatian. Ada 3 sebab utama busi kerap mati. Busi baiknya rutin diganti. Biar ukurannya kecil, busi pada mesin motor punya peran vital dalam pengapian mesin, termasuk pada motor Honda Vario 125. Dan karena ukurannya serta lokasinya yang tidak terlihat, banyak pengguna motor cuek untuk memeriksa kondisinya. Sehingga, tidak jarang sepeda motor alami mati mesin yang diakibatkan karena busi bermasalah. Baca juga : NGK Siap Pidanakan Penjual Busi Palsu! Ini Dampaknya Pada

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor