Piston jadi salah satu penentu kapasitas mesin nih, penggantian piston dengan diameter lebih besar tentunya jadi satu hal yang banyak dilakukan untuk menambah performa motor.
Namun banyaknya piston aftermarket di pasaran kerap membuat bengkel atau pengguna motor bingung untuk memilih yang terbaik untuk digunakan.
Oleh karena itu MTRN, salah satu produsen piston, menawarkan 2 tipe berbeda yang sesuai kebutuhan.
Cocok buat pengguna Honda Vario 125 atau Yamaha NMax yang mau menambah performa mesin.
Perbedaan pada piston MTRN ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik maupun mekanik, yang pertama ada MTRN-STD yang merupakan piston aftermarket plug and play.
“Piston ini plug and play karena sudah ada coakan klep di kepala piston. Tapi kepala piston lebih tinggi dibanding piston standar sehingga rasio kompresi lebih tinggi, kurang lebih di angka 11,8-12:1.”
Baca juga: Yamaha NMax Turbo Punya Engine Brake, Begini Cara Pakainya
“Selain itu kepala silinder dan dinding piston sudah dilapisi coating Molybdenum Disulfide, ini bikin kepala silinder lebih kuat dan dinding piston lebih minim gesekan,” ujar Amiril Agca Akbar, dari tim MTRN Indonesia.
Produsen piston yang awalnya hadir dengan nama Mitron-X sejak 2018 ini juga memiliki pilihan piston dengan model kepala piston ‘mentah’.
Diberi nama MTRN-X, keunggulan dari piston ‘mentah’ ini tentu saja mekanik lebih leluasa untuk menentukan rasio kompresi yang akan digunakan.
Cocok untuk mereka yang ingin melakukan upgrade performa dengan spesifikasi yang lebih ekstrim.
Baca juga: AHM Dorong Bengkel Binaan Naik Kelas, Hasilkan Omzet Ratusan Juta!
“Model ini lebih fleksibel buat mekanik untuk atur rasio kompresi. Tipe ini pinggir pistonnya juga di-coating, lebih banyak dan merata dibanding merek sebelumnya karena proses celup,” sambungnya.
Dua tipe piston MTRN ini masih dibuat dengan proses casting atau cetak, hasil dari bahan yang dicairkan dan dicetak sesuai dengan bentuk piston yang ingin dibuat.
MTRN sendiri menggunakan istilah super casting pada pistonnya, karena menggunakan bahan aluminium casting yang lebih kuat dibanding piston casting biasa.
Salah satunya menggunakan aluminium AC8A yang merupakan paduan aluminium silikon.
Kandungan silikon yang tinggi pada material aluminium atau piston AC8A berfungsi sebagai isolator untuk mencegah aluminium menyerap panas yang berlebihan, silikon juga dapat meningkatkan kekerasan dan ketahanan aus pada piston.
Baca juga: Ini Jawaban Ahli Soal Waktu yang Tepat Untuk Servis Motor
“Karena memang ada kelebihan dari raw materialnya, jadi dikasih nama super casting karena lebih kuat dari casting biasa. Nantinya akan ada juga model baru MTRN-Max untuk market racing, proses forged pakai bahan aluminium 4032, mungkin keluar akhir tahun 2024,” rinci Agca.
Meski memiliki beberapa keunggulan, piston produksi negeri Tirai Bambu ini ternyata punya harga yang tergolong masih terjangkau.
Karena untuk 2 tipe yang sudah bisa ditemui di marketplace dan reseller MTRN, harga termahalnya tidak sampai Rp 500 ribu.
Tersedia dari ukuran pen 12 mm hingga 15 mm dan diameter piston 50 mm hingga 70 mm.
Rentang harganya dari Rp 210 ribu sampai Rp 360 ribu Saja, ini piston kit jadi sudah lengkap dengan ring piston, pen, dan circlip.
"Kita Memang mau incar market di tengah-tengah, karena kan gak semua orang bisa beli piston kualitas tinggi yang mahal, tapi tetap butuh piston dengan kualitas tinggi,” tutupnya.
Bisa jadi pilihan nih!