Honda Vario 160 bekas sudah ada di pasaran? Yup, motor ini memang menjadi incaran banyak orang, terutama anak-anak muda dan mereka yang mau motor matic bergaya sporty. Namun tanpa menghilangkan kepraktisan untuk sehari-hari karena memiliki dek rata yang bisa dipakai membawa barang.
Motor yang dikenalkan awal tahun 2022 itu menjadi suksesor dari Honda Vario 150. Beragam perubahan disematkan dari desain bodi, teknologi hingga jantung pacu yang diusungnya.
Dimensinya membesar, panjangnya naik dari awalnya 1.919 mm ke 1.929 mm, lebar tetap 679 mm, adapun tinggi dari 1.062 mm menjadi 1.088 mm. Sumbu roda yang 1.277 mm membuat tugas pengendara untuk membelokkan motor terasa mudah.
Apalagi bobotnya cuma 115 kg (CBS) dan 117 kg (ABS). Paling ringan di kelasnya saat ini. Jadi memang motor ini sangat pas untuk andalan di perkotaan yang lalu lintasnya cenderung padat.
Mesinnya responsif, dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup eSP+, berkapasitas 156,9 cc. Tenaga maksimal 15,4 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm terasa nendang.
Baca juga : Cek Plus-Minus Honda Vario 160 2022, Seberapa Memuaskan Dipakai Harian?
Belum lagi konsumsi bahan bakar yang irit. Klaim pabrikan mencapai 46,9 km/liter, sedangkan hasil pengetesan internal Autofun.co.id tercatat 47,4 km/liter dan angka pada MID diangka 48,4 km/liter. Iritkan?
PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan dengan dua varian yakni ABS (Anti-lock Braking System) dan CBS (Combi Brake System). Harganya dari Rp 26,539 juta hingga Rp 29,264 juta, on the road Jakarta.
Terhitung motor tahun muda, namun unit bekasnya sudah banyak ditawarkan di pasaran. Tentu semuanya menjual rakitan tahun 2022. Terhitung masih segar, apakah layak untuk membeli unit bekasnya?
Baca juga : Harga Honda Vario 160 2022 Menggila, Tembus Rp 50 Juta di Vietnam!
Tentunya ada banyak pertimbangan kenapa membeli unit bekas, pertama tentu harga jual yang lebih rendah. Dan melihat harga pasaran, sebetulnya tak berbeda signifikan dibandingkan harga barunya.
Untuk tipe ABS misalnya, rata-rata masih dibanderol diangka Rp 28,5 jutaan. Hanya selisih sekitar Rp 700 ribuan saja dari harga barunya.
Kemudian untuk tipe CBS malah ada yang melepas Rp 26,3 juta tuh, cuma selisih seratus dua ratus ribu lebih murah. Ya walau ada juga yang menjual lebih murah sih, Rp 25 juta tapi khusus pembelian kredit.
Baca juga : Pakai Mesin Sama, Begini Perbandingan Performa Honda PCX 160 dan Honda Vario 160
Menimbang selisih harga bekas dengan barunya yang tak sampai sejuta, rasanya mending beli unit baru ya. Toh bisa dapat unit yang benar-benar fresh, STNK-BPKB langsung nama sendiri.
Kalau tetap memaksa beli unit bekas, jangan lupa disiapkan juga biaya untuk servis dan penggantian spare part. Belum lagi harus selektif mencari unit yang sesuai keinginan.
Dan jangan lupa, biaya balik nama kendaraan juga lumayan, tembus jutaan tuh. Karena biasanya pemilik sebelumnya langsung memblokir data kendaraan yang telah dijualnya.
Jadi mending bekas atau baru nih?
Spesifikasi Honda Vario 160 2022 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.929 x 679 x 1.088 mm | ||
Sumbu Roda | 1.277 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 778 mm | ||
Jarak Terendah | 140 mm | ||
Berat Kosong | 115 kg (CBS) 117 kg (ABS) | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | ||
Kapasitas | 156,9 cc | ||
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | ||
Transmisi | Otomatis, CVT | ||
Rasio Kompresi | 12 : 1 | ||
Tenaga Maksimal | 15,4 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 100/80-14 | ||
Ban Belakang | 120/80-14 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Tromol (CBS) Cakram (ABS) |