Ini Yamaha R9, Motor yang Akan Dipakai Aldi Satya Balap World Supersport 2025

Jadi supersport terbaru Yamaha.
  • Pakai mesin 3 silinder segaris.
  • Berbasis Yamaha MT-09.
  • Gantikan R6 untuk balap tahun depan.

Beberapa waktu lalu Yamaha resmi mengenalkan R9 sebagai supersport terbarunya.

Motor yang diluncurkan di Eropa itu menggunakan basis mesin Yamaha MT-09, dengan 3 silinder segaris.

Kehadirannya mengikuti tren pasar yang mana menghadirkan motor supersport yang lebih ramah lingkungan.

Motor ini pun akan menjadi andalan Yamaha Racing tahun depan untuk balap World Supersport (WorldSSP) menggantikan R6.

Dan siapa sangka, motor ini juga akan dipacu Aldi Satya Mahendra, pembalap Indonesia yang juara dunia balap World Supersport 300.

"Terima kasih utuk keluarga, penggemar dan juga tim BrCorse. Terima kasih untuk Yamaha Racing untu kepercayaanya saya melangkah balap WorldSSP tahun depan dengan R9," kata Aldi usai balap.

Lantas seperti apa detail dari motor Yamaha R9 ini?

Yamaha R9 hadir namun bukan sebagai pengganti R6, karena motor ini masih mempertimbangkan untuk penggunaan jalan raya.

Baca juga : Yamaha Kenalkan Varian Baru Fazzio, Harga Jadi Rp 21 Jutaan

Tawarkan performa dengan kesenangan berkendara.

Secara bentuk, Yamaha R9 tampil dengan bahasa desain R Series terkini, dengan penerapan winglet serta lampu depan tunggal.

Winglet pada motor ini pun terintegrasi dengan fairing, sehingga tidak terlalu lebar.

Paket aerodinamika ini mampu membantu pengendalian motor, terutama pada trek lurus kecepatan tinggi.

Bentuk tangkinya mirip dengan R1, Sedangkan buntutnya mirip dengan R7 bahkan R15 terbaru.

Mesin Crossplane Yamaha R9

Mesin Yamaha MT-09.

Dalam kondisi standar, Yamaha R9 dibekali dengan mesin 3 silinder segaris, Crossplane atau biasa disebut CP3.

Berkubikasi 890 cc, tidak ada yang berubah dari spesifikasi MT-09. Perbedaan ada pada mapping bahan bakar.

Kemudian ukuran gir belakang turun 2 gigi dari 45 menjadi 43, sehingga kecepatan bisa lebih tinggi.

Keluaran standar mesin ini pada Yamaha MT-09 yakni sekitar 120 PS dengan torsi menyentuh 85,4 Nm.

Punya setingan berbeda.

Mesinnya ini dirancang dengan menggabungkan performa trek balap dengan kemudahan motor jalan raya.

Transfer tenaga halus, dengan handling yang ringan dipadu perlengkapan elektronik berupa rider assistance canggih.

Baca juga : 1.000 Bikers Sambangi Maxi Yamaha Day di 3 Kota

Beragam Perangkat Elektronik

Mulai dari 6-axis IMU, Power Delivery Mode, Lean-sensitive Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System (LIF).

Brake Control System, ABS Rear ABS off, Engine Brake Management, Back Slip Regulator, Launch Control.

Punya beragam komponen elektronik canggih.

Kemudian ada Yamaha Ride Control, preset and customizable settings Yamaha Variable Speed Limited, Cruise Control dan Smartphone connectivity.

Tentunya semua kelengkapan tadi akan ada seting ulang yang dilakukan oleh Yamaha Racing, untuk balap World Supersport.

Sasis dan Kaki-Kaki Yamaha R9

Spek balap dengan Ohlins dan Brembo.

Kalau banyak yang beranggapan motor ini adalah MT-09 yang dikasih baju, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Rangka aluminiumnya dibuat dengan teknik berbeda, sehngga menghasilkan bobot yang ringan.

Suspensi dipasok KYB dengan tipe upside down dei depan dengan setelan high compression dan low compression.

Punya winglet, yang bantu aerodinamika di trek lurus.

Suspensi belakang mengandalkan monosok dengan setelan preload. Pengeremannya dimodali Brembo Stylema 4 piston ditiap sisi.

Ukuran cakram pun lebih besar, 320 mm berbanding 298 mm dari MT-09, lengkap dengan fitur ABS.

Tentunya akan ada sejumlah penyesuaian dan upgrade untuk Yamaha R9 yang dipakai balap World Supersport.

Baca juga : Jelajah Nusantara, Jadi Cara Yamaha Buktikan Ketangguhan NMax Turbo

Knalpot Akrapovic jadi andalan.

Yamaha Motor Europe Motorsport Research & Development telah mengembangkan Yamaha R9 sebagai paket balap.

Motor yang dipersiapkan selama setahun terakhir di markas mereka di Italia itu, dikembangkan dengan masukkan dan support dari Jepang.

Nantinya motor ini akan bertarung dengan Ducati Panigale V2, MV Agusta F3 hingga Triumph Street Triple, Kawasaki ZX-6R bahkan Honda CBR600RR.
 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Lap chamois atau kanebo masih banyak digunakan untuk membersihkan bodi. Kotoran dan debu halus akan terperangkap pada lap microfiber. Ternyata masih banyak yang salah dan menyepelekan nih soal proses pengeringan sepeda motor setelah dicuci, karena kerap menggunakan lap Kanebo atau chamois. Karena ketika salah menggunakan kanebo saat pengeringan motor, efeknya akan membuat bodi utama menjadi baret halus. Sayang banget! Apalagi untuk motor yang punya bidang bodi luas juga lebar seperti Honda PCX a
Datangkan part langsung dari Thailand. Motif Pedrosa Shogun pada helm Arai jadi inspirasi. Seperti yang kita tahu kalau kehadiran Honda Giorno+ sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta sepeda motor di Indonesia. Tapi ternyata di bulan Februari 2024 PT Astra Honda Motor (AHM) justru meluncurkan Honda Stylo 160, hal tersebut membuat angan-angan kehadiran Honda Giorno+ pun sirna. Tidak terkecuali Mr. Zam yang malah sudah mempersiapkan konsep modifikasi untuk motor tersebut jauh-jauh hari sebelum pengumu
Kekayaan mencapai Rp 79.841.692.348. Punya 3 motor Honda. Tidak ada mobil. Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan periode 2024-2029. Ini Menjadikannya sebagai Menkeu di 3 presiden berbeda secara berturut-turut. Ya, jika dilihat beberapa tahun ke belakang, wanita kelahiran Lampung, 26 Agustus 1962 ini pertama kali menjabat sebagai Menkeu di era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu dilantik pada tahun 2005. Jabatan sebagai Menkeu kembali di
Apache RTR 310 pakai mesin kolaborasi dengan BMW. TVS X jadi motor listrik yang lebih canggih. Bakal meluncur di IMOS 2024. PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI) bersiap menggebrak pameran IMOS atau Indonesia Motorcycle Show 2024. Pada pameran yang akan berlangsung akhir bulan ini, pabrikan India itu akan menghadirkan 2 produk baru sekaligus! Hebatnya bukan motor matic, yang notabene adalah pasar terbesar di Indonesia saat ini, melainkan tipe sport dan listrik. Lantas motor apa yang dimaksud?
Bagasi ICON e: mencapai 26 liter muat sebuah helm. EM1 e: pakai sistem swap battery. PT Astra Honda Motor (AHM) tampak serius untuk bermain di segmen EV atau Electric Vehicle, terbukti dengan meluncurkan motor listrik ketiganya yang diberi nama Honda ICON e:. Honda ICON e: belum ada harga resminya, tapi AHM memberikan kisaran harga jualnya yang berada di rentang Rp 28-32 juta on the road DKI Jakarta. Kalau melihat sekilas, sebenarnya secara fisik motor ini cukup identik dengan motor listrik pert

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor