Tes Dyno Knalpot SKR LS24, Tampil Necis dan Bertenaga!

Knalpot SKR Racing Exhaust LS24.
  • Tersedia untuk Maxi Yamaha Series dan Honda matic series.
  • Terdapat pilihan karakter suara soft dan hard.

Penggantian knalpot tidak hanya bertujuan untuk menguatkan tampilan atau aura racy pada sepeda motor saja, tapi tentu juga untuk meningkatkan performa mesin.

Hal ini lah yang ditawarkan oleh produsen knalpot SKR Racing Exhaust melalui produk terbarunya yang diberi nama LS24.

Meskipun SKR Racing Exhaust sudah ada sejak tahun 2000-an dan terkenal di ajang balap road race dan drag race karena mengutamakan performa.

Misjaya, pemilik SKR Racing Exhaust mengakui bahwa kini banyak pengguna motor yang suka membuat konten motornya. Oleh karena itu, desain knalpot yang bagus juga menjadi penting. 

“Gak bisa dipungkiri kalau sekarang ini banyak dari pengguna motor suka bikin konten motornya, jadi perlu desain knalpot yang bagus juga,” bukanya.

Baca juga: SKR Racing Rilis Knalpot Desibel Rendah, Tampilan Kece!

Menggunakan bahan stainless steel dengan finishing sandblast.

Dibuat untuk menyangsa pasar premium, membuat LS24 memiliki harga yang cukup tinggi dibanding SKR tipe lain, menyentuh angka Rp 1,350 juta.

Tipe Soft dan Hard

Knalpot LS24 ini memiliki suara yang ramah di telinga dan aman digunakan di jalan raya karena tingkat kebisingannya yang rendah. 

Terbuat dari bahan stainless steel dengan finishing sandblast dan aksen biru untuk kesan sporty. 

Proses pembuatannya memakan waktu riset sejak Agustus 2024 dan kini tersedia untuk beberapa motor matic seperti Vario series, Maxi series, Honda 110 series, dan Yamaha 115 series.

Baca juga: Kerap Dirazia dan Terancam Bangkrut, Pengusaha Knalpot Curhat ke Pemerintah

Diameter pipa beragam menyesuaikan tipe motor.

Nama LS ini dari Legal Street dan 24 merupakan risetan di tahun 2024. Suaranya lumayan soft, saat dites kondisi idle tak sampai 80 dB.

"Hanya sekitar 75 dB makanya aman dipakai sehari-hari. Tapi ada juga versi hard buat yang mau agak berisik," sambung Gondronk sapaan akrabnya.

Diameter pipa bervariasi tergantung tiap mode motor, punya ketebalan 1,2 mm untuk pipa leher dan silencer 1 mm. 

Bracket pegangan knalpot memiliki ketebalan 3 mm untuk mencegah kerusakan atau patah yang cukup berbahaya saat dalam perjalanan.

Selain performa, tampilan juga diperhatikan dengan adanya cover knalpot dan end cap berbahan plastik dengan aksen carbon fiber, cover ini aman saat terkena anggota tubuh karena tidak menghantarkan panas.

Uji Dyno Knalpot SKR

Untuk melihat perbedaan tenaganya, pengujian pun dilakukan di atas mesin dyno menggunakan sebuah Yamaha Lexy 125 dengan kondisi mesin standar.

Baca juga: Honda Stylo 160 Makin Bertenaga, Modal Filter Udara Sama Knalpot Ini!

Melihat kenaikan tenaga di atas mesin dyno BRT milik Motori Rumahnya Biker.

Pengujian dilakukan di mesin dyno BRT milik Motori Rumahnya Biker yang ada di Jl. Sultan Iskandar Muda No.88D, Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan.

Running dilakukan selama beberapa kali dimulai untuk mendapatkan hasil terbaik dari knalpot standar, knalpot SKR LS24 versi soft, dan knalpot SKR LS24 versi hard.

Dalam kondisi standar tercatat tenaga maksilnya 9,85 hp di 7.392 rpm dengan torsi 9,86 Nm pada 5.798 rpm.

Lalu untuk LS24 versi soft menghasilkan tenaga maksimal 9,68 hp di 7.304 rpm dan torsi maksimal 10,33 Nm pada 5.859 rpm.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-4RR Makin Enak Untuk Harian, Ganti Knalpot Ini Tembus 68,13 Hp!

LS24 hard punya karakter tenaga paling kuat hingga putaran tinggi.

Pada tipe ini ternyata tenaganya agak sedikit lebih rendah dari knalpot standar, tepatnya lebih rendah 0,17 hp namun ada kenaikan torsi yang cukup lumayan di angka 0,47 Nm.

Artinya dengan suara yang kalem ini, karakter mesin akan lebih enak pada putaran rendah yang cocok digunakan sehari-hari, terutama pada kondisi perkotaan yang kerap menemu kondisi jalan stop and go.

Kemudian pada tipe LS24 hard tenaga maksimal menjadi 10,38 hp di 7.478 rpm dan torsi maksimal 10,35 Nm pada 6.138 rpm, kalau dibandingkan standar ada kenaikan tenaga 0,53 hp dan kenaikan torsi 0,49 Nm.

Jika melihat grafiknya, karakter LS24 hard ini punya karakter tenaga yang paling kuat, bahkan menjelang limiter grafik tenaganya justru semakin naik.

Yang artinya semakin tinggi putaran mesin maka tenaga yang dihasilkan akan semakin kuat. Mantab!

SKR Racing Exhaust: 081513943798

Ikuti media sosial kita:
Fariz

Senior Writer

Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jad...

Video Pendek Terkait

Kenalkan website resmi. Buka toko apparel bikers. Lakukan pemilihan pengurus baru. Hogers Indonesia sebagai salah satu komunitas pengguna Harley Davidson bisa dikatakan membuat terobosan baru. Pasalnya komunitas yang telah berdiri sejak tahun 1998 itu mengenalkan website resminya. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir tumbuhnya generasi muda, serta agar komunitas tersebut semakin relevan dengan perkembangan digital. Rama Pratama, Secretary General Hogers Indonesia mengatakan lewat website ini, pi
Pakai mesin 233 cc. Tampang retro kental. Di Thailand dijual Rp 81 jutaan. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan kembali menghadirkan motor barunya bulan ini bergenre sport retro modern yakni Meguro. Yup, hal ini terkuak dari teaser yang ditampilkannya lewat akun Instagram mereka. "Ada yang baru di IIMS 2025 tanggal 20 Februari 2025. Ditunggu kedatangannya bro/sis," tulis akun tersebut. Kenapa kami menebak motor tersebut, karena sudah beredar kabar sejak beberapa waktu lalu terkait akan kehadir
Diawali dengan touring dari Jakarta dan Bandung. Bisa foto bersama pembalap MotoGP. Luca Marini dan Joan Mir kunjungi pabrik. Sebanyak 500 pengguna Honda PCX berkesempatan bertemu dengan pembalap MotoGP Honda yakni Luca Marini dan Joan Mir. Yup, ratusan bikers pengguna motor matic premium Honda itu juga berkesempatan untuk foto bareng pada akhir pekan lalu (1/2/2025) di Deltamas, Cikarang. Ratusan bikers tersebut berasal dari 25 paguyuban Honda PCX yang berasal dari Jakarta dan Jawa Barat hadir
Pemasangan plug and play. Ada fitur alarm agar lebih aman. Di era yang semakin modern ini membuat penggunaan sistem kunci keyless atau smart key system makin marak digunakan pada sepeda motor terbaru, termasuk motor matic. Tapi ternyata untuk Suzuki ini tidak berlaku karena tercatat motor maticnya hingga saat ini belum ada yang menggunakan keyless. Suzuki Address contohnya yang sudah hadir sejak tahun 2014 sampai sekarang masih pakai kunci konvensional. Padahal fitur ini bisa dibilang membuat pe
Tes lengkap Honda PCX 160 RoadSync. Update harga motor bebek Honda. Yamaha XSR 155 warna baru. Menjelang akhir tahun 2024 lalu banyak motor baru bermunculan, salah satunya Honda PCX 160 RoadSync. Yang mana menjadi motor matic premium Honda kelas 150-160 cc dengan teknologi tercanggih. Harganya pun sudah melewati angka Rp 40 juta, tapi masih ada tipe ABS dan CBS dengan harga lebih terjangkau. Kami pun mencoba motor ini untuk tes lengkap, sehingga bisa lebih tahu seperti apa rasa berkendaranya. Da

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor