window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Intip Setelan 'Kirian' Yamaha NMax Turbo

Ary · 24 Jun, 2024 20:00

CVT Yamaha NMax Turbo

Bagian dalam CVT Yamaha NMax Turbo
  • Komponen pada CVT NMax Turbo berbeda dengan NMax standar
  • Sehingga membuat belt reduction ratio keduanya juga tak sama 

Peningkatan performa Yamaha NMax Turbo tak lepas dari setelan CVT (Continuously Variable Transmission) atau 'kirian' yang berbeda dibanding versi terdahulu. 

Sebagaimana diketahui, Yamaha NMax Turbo kini dilengkapi teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission), di mana mekanisme pergerakan primary pulley tidak lagi mengandalkan roller. 

Komponen Utama YECVT NMax Turbo

Kali ini, gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh v-belt pada CVT NMax Turbo berasal dari komponen-komponen YECVT. Terdiri dari ECVT Motor, Fixed Screw Assy, Gear Reduction. Sliding Screw Assy dan Primary Sheave Assy.

Kunci utamanya tentu saja pada ECVT Motor yang bertugas menggantikan peran roller. Bahkan, berkat ECVT Motor yang terhubung dengan TCU (Transmission Control Unit), rasio pulley dapat diatur manual via tombol Shift di area setang sebelah kiri pada NMax Turbo. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Faktanya pula, beberapa komponen 'kirian' pada Yamaha NMax Turbo didesain berbeda dengan NMax biasa, misalnya saja Primary Sliding Sheave. 

Berbeda dengan kepunyaan NMax sebelumnya atau NMax Neo maupun Neo S Version sekarang, komponen milik NMax Turbo memiliki bilah-bilah lebih datar. Tentu saja tak ada ceruk untuk tempat roller.

Pulley NMax Turbo

Pulley NMax Turbo lebih lebar 0.8 mm dibanding versi standar

Baca juga: Buka-bukaan Mesin Yamaha NMax Turbo, Ini 5 Daftar Perubahannya!

"Untuk diameternya juga lebih besar menjadi 139,5 mm atau hampir 10 mm dari NMax Neo," buka Ferry Nurul Iman dari Technical Information Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pafa sesi workshop Yamaha NMax Turbo di Yamaha Mekar Motor Cibinong, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

Ukuran Per CVT NMax Turbo

Lebih lanjut, pembeda komponen CVT NMax Turbo juga terdapat pada Spring Secondary. Dari pemaparan Ferry diungkap jika per CVT Yamaha NMax Turbo punya ukuran lebih panjang yaitu 161,5 mm, sementara NMax Neo atau varian standar berukuran 112,8 mm. 

Per CVT NMax Turbo

Perbandingan per CVT NMax Turbo dan NMax Standar (kiri-kanan)

Baca juga: Ini Yang Terjadi Ketika YECVT Yamaha NMax "Turbo" Rusak

Hal ini berpengaruh kepada daya tekan maksimal yang dihasilkan yaitu 447 N pada NMax Turbo dan 284 N untuk NMax versi standar. 

Diferensiasi pun terlihat pada lebar v-belt. Jika pada NMax standar atau Neo dan Neo S, lebar dari komponen tersebut adalah 24,1 mm. Sementara v-belt NMax Turbo memiliki lebar 24,9 mm. 

Perbedaan ini pula yang mendorong penyetelan kirian pada NMax Turbo berbeda dengan NMax non YECVT pada varian NMax Neo dan NMax Neo S Version. 

Intip Setelan 'Kirian' Yamaha NMax Turbo 03


 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });