window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha NMax "Turbo" Dominasi Penjualan di Jakarta Fair 2024

Harry · 9 Jul, 2024 17:00

Yamaha NMax

Yamaha NMax Turbo laris manis.
  • Dominasi penjualan Yamaha di Jakarta Fair Kemayoran 2024.
  • Konsumen banyak yang beli cash.
  • Harga mulai Rp 32,7 juta.

Sejak dikenalkan 12 Juni 2024 lalu, Yamaha NMax "Turbo" langsung debut public di event Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024.

Motor matic 155 cc itu pun mendapatkan respon positif dari konsumen dan pengunjung JFK 2024.

Hal ini disampaikan oleh Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM disela peresmian premium dealer Yamaha di Jakarta (8/7/2024).

Menurutnya banyak konsumen yang sengaja datang ke JFK 2024 untuk melihat dan membeli motor tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bahkan motor matic yang masuk kategori premium itu, mendominasi pemesanan selama pameran.

"Yamaha Nmax "Turbo" mendominasi penjualan di sana sampai 78 persen lho,dan rata-rata beli cash," katanya.

Dyon juga menambahkan jika distribusi dan produksi motor tersebut sudah dilakukan, untuk memenuhi animo konsumen.

Baca juga : Telisik Spesifikasi Yamaha NMax 2025, Tampang Predator Mesin Lebih Gacor!

Namun akibat tingginya minat konsumen, Dyon juga mengakui konsumen harus bersabar karena ada inden paling lama sekitar 2 bulan.

"Tidak ada, bisa cash tidak harus kredit untuk beli Yamaha NMax "Turbo". Kalau ada tambahan biaya hubungi call center kita," tegasnya.

Yamaha NMax

Peluncuran Yamaha NMax "Turbo".

Selain melalui penjualan off line, YIMM juga melakukan penjualan secara online lewat Blibli.com.

Namun kuota unit yang disiapkan untuk pembelian online ini sangat terbatas, dan sudah terpesan habis tak lama usai peluncuran.

Sekilas Yamaha NMax "Turbo"

Secara ukuran, motor ini nampak lebih padat dengan panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.200 mm.

Sumbu rodanya 1.340 mm, dengan jarak terendah ke tanah 135 mm. Tangki bensin sendiri tetap 7,1 liter.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, model baru ini hanya lebih rendah 40 mm saja.

Yamaha NMax

Mesin teknologi YECVT.

Kemudian jarak terendah ke tanah justru naik dari sebelumnya 124 mm, jadi lebih aman dari benturan pada kolong mesin nih!

Jantung pacu motor ini mengandalkan mesin berspesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup, VVA dengan pendingin cairan.

Dengan kapasitas murni 155,09 cc dan ukuran piston 58 mm dengan langkah piston 58,7 mm, rasio kompresi 11,6 : 1.

Baca juga : Beda Harga Yamaha NMax Baru VS Lama

Tenaga maksimalnya 15,3 PS di 8.000 rpm, sama dengan generasi sebelumnya, namun torsi maksimal naik 0,3 Nm menjadi 14,2 Nm di 6.500 rpm.

Bedanya pada Yamaha NMax "Turbo" terdapat fitur Yamaha Electronic Continuous Variable Transmission (YECVT).

Fitur ini mengatur gerak pulley depan (Primary Sheave) secara otomatis, dengan adanya motor penggerak.

Yamaha NMax

Tombol Y-Shift.

Motor penggerak ini akan mengatur sudut pulley depan dengan perintah dari Transmission Control Unit (TCU).

Tidak hanya pada Primary Sheave, sensor speed juga terpasang pada pulley belakang (Secondary Sheave), yang mengirim data ke TCU.

Karena pengaturan sudut pulley sudah otomatis, makan tak ada roller lagi pada Nmax "Turbo".

Dengan fitur ini pula, memungkinkan pengendara melakukan perpindahan gigi rasio CVT saat dibutuhkan.

Ada tombol Swift pada setang kiri, yang bisa dipilih dengan 3 tingkatan berbeda.

Shift 1 baru bisa dipakai saat putaran mesin sekitar 3.500 rpm karena harus nunggu kampas ngembang, agar torsi lebih dapat.

Shift 2 sekitar 5.000 rpm, karena pengendara butuh torsi tambahan, jadi rasio turun maka rpm makin tinggi.

Yamaha NMax

Mesin baru punya torsi lebih kuat.

"Shift 3 di 8.000 rpm ke atas, inilah rasio paling ringan dan rpm paling tinggi,” ujar Ferry Nurul Fajar dari tim Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Sementara itu untuk tipe non "Turbo" maka komponen CVT masih seperti motor matic pada umumnya, dengan roller.

Kemudian basis mesin yang dipakai sudah mirip dengan Yamaha Lexi LX 155, yang disebut generasi ketiga 155 cc Blue Core.

Meski output tenaga dan torsi sama antara tipe Turbo" dan non Turbo", namun akselerasi lebih cepat tipe Turbo".

Baca juga : Beda Rp 900 Ribuan, Mending Honda PCX 160 ABS Atau Yamaha NMax Turbo?

Harga

YIMM melepas Yamaha NMax 2025 terbaru ini dengan total 5 tipe, yakni Neo, Neo S sebagai varian tanpa "Turbo".

Yamaha NMax

Dominasi penjualan hingga 78 persen.

Kemudian ada tipe Turbo" biasa, Turbo" Tech Max dan Turbo" Tech Max Ultimate.

Harganya pun bervariasi dari Rp 32,7 juta hingga termahal menyentuh Rp 45,250 juta on the road Jakarta.

Harga Yamaha NMax 2025
Yamaha NMax Neo Rp 32,700 juta
Yamaha NMax Neo S Rp 33,700 juta
Yamaha NMax 'Turbo' Rp 37,750 juta
Yamaha NMax 'Turbo' Tech Max Rp 43,250 juta
Yamaha NMax 'Turbo' Tech Max Ultimate Rp 45,250 juta
*harga on the road Jakarta
Spesifikasi Yamaha NMax 2025
  Neo & Neo S Turbo, Tech Max, Ultimate
Dimensi 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm (PxLxT)
Sumbu Roda 1.340 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Jok 770
Berat Isi 130 kg 133 kg (Turbo) 135 kg (Tech Max)
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Tipe Mesin 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Isi Silinder 155,09 cc
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimal 15,3 PS / 8.000 rpm
Torsi Maksimal 14,2 Nm / 6.500 rpm
Volume Oli 900 ml 1 liter
Suspensi Teleskopik & Ganda
Ban  110/70-13 & 130/70-13
Rem Cakram kaliper 1 piston

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });