Kapasitas oli mesin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia gen 1 sampai gen 2 seringkali ditanyakan pemiliknya setiap kali ingin melakukan perawatan berkala kendaraan tersebut.
Untuk diketahui sebelumnya, Avanza gen 1 hingga gen 2 ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.3L dan 1.5L.
Sedangkan untuk Xenia, pada generasi yang sama memiliki mesin dengan kubikasi lebih kecil yaitu 1.0L dan 1.3L.
Namun untuk Avanza 1.3L maupun Xenia 1.3L menggunakan mesin yang sama persis.
Sebagai informasi, Avanza gen 1 lansiran 2003-2005 menggunakan mesin 1.3L dengan kode K3-DE (non VVT-i).
Di tahun yang sama, Xenia gen 1 dibekali mesin 1.0L EJ-DE EFI (non VVT-i) dan 1.3L K3-DE (non VVT-i).
Avanza gen 1 tahun produksi 2006-2010 dan gen 2 keluaran 2011-2015 menggunakan mesin dengan teknologi VVT-i. Untuk kode mesinnya sendiri berubah menjadi K3-VE pada varian 1.3L dan 3SZ-VE model dengan mesin 1.5L.
Bicara Xenia, generasi 1 lansiran 2006-2010 dan generasi 2 keluaran 2011-2015 juga sudah menggunakan mesin dengan teknologi VVT-i, dimana varian 1.0L-nya memakai mesin EJ-VE dan K3-VE pada varian 1.3L.
Baca juga: Pasaran Harga Bekas Sama, Ini Kelebihan Daihatsu Xenia Xi Sporty Ketimbang Toyota Avanza E 2007
Mesin berkapasitas 1.0L dengan kode EJ-DE (non VVT-i) dan EJ-VE VVT-i yang digunakan Xenia, dan 1.3 K3-DE (non VVT-i) dengan K3-VE VVT-i pada Xenia maupun Avanza untuk dasarnya memiliki kesamaan.
Perbedaan hanya terletak pada teknologi saja yakni VVT-i yang membuatnya lebih irit penggunaan bahan bakar.
Menurut buku pedoman pemilik Toyota, kapasitas oli mesin Toyota Avanza 1.3L baik dengan mesin berkode K3-DE (non VVT-i) maupun K3-VE VVT-i menghabiskan 2,7 liter tanpa mengganti filter oli.
Berbeda apabila penggantian oli mesin juga disertai dengan pemasangan filter oli baru, maka oli yang harus dituangkan ke dalam mesin sebanyak 3 liter.
Kemudian untuk Avanza dengan mesin 3SZ-VE berkapasitas 1.5L, tanpa mengganti filter oli hanya memerlukan 3 liter oli mesin.
Tentunya berbeda ketika melakukan penggantian oli mesin dibarengi dengan pemasangan filter oli baru, oli yang diperlukan sebanyak 3,5 liter.
Pada Xenia 1.0L, baik mesin EJ-DE (non VVT-i) dan EJ-VE VVT-i untuk oli mesin yang dibutuhkan setiap kali melakukan penggantian sebanyak 2,1 liter.
Dengan penggantian filter oli, maka oli yang diperlukan sebanyak 2,3 liter.
Selanjutnya untuk varian 1.3L, oli mesin yang dibutuhkan sama seperti Avanza 1.3L.
Mesin dengan kode K3-DE (non VVT-i) dan K3-VE VVT-i menghabiskan 2,7 liter tanpa penggantian filter oli.
Berikut dengan pemasangan filter oli baru, maka oli mesin yang diperlukan sebanyak 3 liter.
Sebagai informasi tambahan, untuk penggantian oli mesin dilakukan setiap pemakaian 5.000 km atau 6 bulan sekali.
Secara struktur mesin Avanza 1.3L dan 1.5L dengan Xenia 1.0L dan 1.3L gen 1 hingga gen 2 sebenarnya sama.
Menurut pabrikan, standar oli mesin yang digunakan oleh Avanza dan Xenia generasi ini adalah API SL/SN ILSAC GF-5 dengan viskositas SAE 5W-30, 5W-40 atau 10W-40.
Namun untuk usia di atas 10 tahun, ada baiknya menggunakan 10W-40 dengan struktur oli lebih kental.
Penggunaan oli yang lebih kental lantaran mobil dengan usia di atas 10 tahun memiliki kerapatan mesin yang mulai longgar.
Baca juga: 5 Alasan Toyota Avanza G Gen 1 Banyak Diburu Pecinta Mobil Bekas, Apakah Paling Komplit?
Toyota Avanza 1.3L dan 1.5L serta Daihatsu Xenia 1.3L hadir dengan pilihan opsi transmisi matic 4-percepatan torque converter.
Transmisi jenis matic konvensional yang digunakan umumnya menggunakan oli ATF yang berjenis T-IV atau bisa memakai DEXRON III.
Untuk transmisi matic Avanza maupun Xenia dengan tipe ATF ini membutuhkan oli sekitar 4,9 liter setiap kali melakukan penggantian.
Selanjutnya untuk varian manual Avanza dan Xenia, oli transmisi yang dibutuhkan sebanyak 3 liter dengan spesifikasi oli yang digunakan SAE 80W-90 GL4.
Untuk penggantian oli transmisi dilakukan setiap pemakaian 40.000 km.
Avanza dan Xenia gen 1 serta gen 2 masih mengandalkan sistem penggerak roda belakang.
Untuk menggerakan roda belakang dibutuhkan benda yang dinamakan gardan, atau dengan yang juga disebut differential.
Gardan sendiri membutuhkan pelumas yang wajib dilakukan penggantian setiap 40.000 km atau pemakaian 3-4 tahun.
Pada Avanza dan Xenia, oli gardan yang dibutuhkan sebanyak 3 liter.
Selain jarak tempuh dan waktu, ciri oli gardan segera dilakukan penggantian yakni munculnya getaran dan dengungan.
Gejala tersebut biasanya muncul ketika merasakan getaran dari bagian bawah mobil ketika berbelok serta melewati jalan menurun yang dibarengi dengan suara dengungan.
Suara dengungan yang terdengar keras saat melaju kencang juga ciri dari oli gardan diharuskan untuk segera melakukan penggantian.
Baca juga: 5 Keunggulan Daihatsu Xenia 1.000 Cc Gen 1, Mobil Keluarga Murah yang Banyak Diminati di Kota Kecil
Alasan Avanza dan Xenia gen 1 maupun gen 2 hingga kini masih banyak diminati masyarakat Tanah Air lantaran memiliki kaki-kaki yang tangguh serta dapat diandalkan.
Jarang pemilik mobil ini mengeluhkan masalah pada bagian kaki-kaki seperti timbul suara asing ketika melewati jalan berkontur.
Faktor lainnya yang membuat kaki-kaki mobil ini awet berkat penggunaan sistem penggerak roda belakang.
Seperti yang diketahui mobil dengan peggerak RWD pada umumnya akan lebih awet di kaki-kaki karena tidak memiliki banyak peranti di bagian roda depan.
Selain itu penggerak roda belakang juga lebih unggul ketika melewati berbagai jalan yang kontur seperti menanjak dan menurun karena memiliki traksi lebih besar untuk dapat mendorong maju mobil.
Sebagai mobil keluarga yang dapat menampung 7 orang sekaligus, secara perawatan Avanza dan Xenia terbilang sangat mudah.
Menganut teknologi injeksi, untuk menjaga performa agar tetap optimal pemilik hanya cukup mengganti oli mesin, filter oli, filter udara, minyak rem, pelumas transmisi dan gardan secara teratur.
Selain itu, spare part mobil ini juga terbilang murah, contohnya kampas rem bagian depan, di pasaran ditawarkan mulai dari Rp100 ribuan.
Kalian juga tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan suku cadang, pasalnya ketersediaan sparepart mobil ini sangat melimpah di seluruh penjuru nusantara mulai dari yang kw hingga ori.
Oh iya, untuk konsumsi BBM-nya pun terbilang irit yang mana rata-rata pemakaian dalam kotanya di angka 11-13 km/liter, dan 14-16 km liter untuk penggunaan luar kota.
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
{{variantName}}
{{expSellingPriceText}}
{{carMileage}} km
{{registrationYear}} tahun
{{storeState}}