Kapasitas Oli Mesin Toyota Rush - Daihatsu Terios Lama dan Baru, Ingat Jangan Sampai Kelebihan!

Di Indonesia, Rush dan Terios saat ini berada sampai dengan generasi kedua, keduanya mencuat setelah kemunculannya pertama kali pada 2006.

Mobil keluarga jenis LSUV 7-seater ini masih dijual hingga sekarang.

Untuk generasi pertamanya dengan sebutan Rush/Terios konde dijual hingga 2016, sedangkan generasi keduanya meluncur pertama kali pada 2017.

Pada generasi keduanya, secara penampilan mobil ini berubah total dibandingkan model sebelumnya termasuk juga penggunaan fitur serta jantung pacu.

Bicara generasi pertamanya, Rush-Terios dibekali mesin 3SZ-VE DOHC berkapasitas 1.495 cc VVT-i Electronic Fuel Injection (EFI) 4-silinder segaris.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 109 PS  pada 6.000 rpm dan torsi maksimal di angka 145 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Kemudian pada generasi keduanya, mobil ini dipersenjatai mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc 4-silinder segaris, 16 Valves, DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. 

Performa yang dihasilkan jantung pacunya tersebut sanggup memeras tenaga hingga 104 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Nah bagi kalian yang belum mengetahui berapa besaran oli mesin Toyota Rush dan Daihatsu Terios, simak ulasan berikut.

Baca juga: Toyota Rush GR Sport Improvement 2024 Resmi Meluncur, Ini Daftar Harganya

Kapasitas Oli Mesin Toyota Rush dan Daihatsu Terios Gen 1 Sampai Gen 2

Mesin 3SZ-VE Rush-Terios gen 1

Seperti yang disebutkan sebelumnya baik Rush maupun Terios menggunakan mesin yang sama persis, untuk generasi pertama maupun kedua.

Di generasi pertamanya, dengan mesin berkodekan 3SZ-VE setiap kali melakukan pergantian oli mesin memerlukan 3 liter.

Beda halnya apabila penggantian oli dibarengi dengan filter oli, maka oli yang dibutuhkan sebanyak 3,3 liter.

Selanjutnya untuk mesin 2NR-VE kapasitas oli yang dibutuhkan untuk mesin tersebut sebanyak 3,3 liter, dan 3,5 liter ketika melakukan pergantian berikut filter olinya.

Fungsi dari oli mesin sendiri bertugas melindungi komponen mesin yang saling bergesekan saat mesin tersebut bekerja, supaya tidak cepat aus, tahan lama, dan tidak turun performanya. 

Kondisi saling bergesekan antar komponen mesin tidak dapat dihindarkan sehingga oli mesin memegang peran sangat krusial untuk melindunginya.

Kemudian sembari melumasi komponen mesin, oli juga bekerja membawa kotoran yang larut dari dalam mesin menuju filter oli untuk disaring.

Kotoran tidak dapat dihindarkan karena adanya serpihan logam hasil gesekan antar komponen mesin ditambah debu yang masuk lewat celah seal atau terbawa ke ruang bakar melalui filter udara.

Kemudian fungsi lain dari oli mesin adalah membantu menjaga suhu dari setiap komponen di ruang mesin itu tetap ideal.

Karena pada saat mesin bekerja, gesekan antar komponen di ruang mesin pasti menimbulkan panas yang cukup tinggi.

Hawa panas inilah yang kemudian diteruskan oleh oli ke dinding blok mesin dan selanjutnya turut dilepaskan keluar.

Oh iya, oli mesin juga memiliki formula yang mencegah timbulnya karat pada komponen dalam mesin supaya tetap sehat. 

Sehingga usia komponen mesin akan semakin panjang dan tahan lama karena kondisinya selalu prima.

Informasi tambahan, untuk penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan setiap kali pemakaian 5.000 km atau 6 bulan sekali.

Untuk spesifikasi oli mesin yang digunakan Rush-Terios gen 1 dan gen 2 yakni standar API SL/SN dan ILSAC dengan kekentalan SAE 5W-30 dan 10W-40.

Kapasitas Oli Transmisi Rush dan Terios

Tuas transmisi matic Rush-Terios

Rush-Terios baik generasi pertama maupun keduanya ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Transmisi jenis matic konvensional yang digunakan umumnya menggunakan oli ATF yang berjenis T-IV atau bisa memakai DEXRON III.

Bicara mengenai kapasitas oli yang dibutuhkan setiap kali melakukan pergantian, tipe ATF ini membutuhkan oli sekitar 4,9 liter.

Sedangkan untuk transmisi manualnya membutuhkan sebanyak 3 liter dengan spesifikasi oli yang digunakan yakni SAE 80W-90 GL4.

Sebagai catatan, untuk penggantian oli transmisi dilakukan setiap pemakaian 40.000 km.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Isi, Segini Kapasitas Oli Mesin Toyota Avanza Hingga Innova

Volume Oli Gardan Cukup 3 Liter

Penggantian oli gardan Rush-Terios

Untuk menggerakan mobil, Rush-Terios mengandalkan sistem penggerak roda belakang atau yang disebut dengan Rear-Wheel Drive (RWD).

Penggerak roda belakang sendiri membutuhkan benda yang dinamakan gardan/differential.

Gardan atau differential sendiri membutuhkan pelumas yang berfungsi untuk melindungi gear agar terhindar dari keausan.

Seperti oli transmisi, oli gardan wajib dilakukan penggantian setiap pemakaian 40.000 km.

Untuk Rush-Terios sendiri membutuhkan oli gardan sebanyak sebanyak 3 liter setiap kali melakukan penggantian, dengan menggunakan spesifikasi oli yang sama seperti transmisi.

Jangan sampai telat mengganti oli gardan, lantaran penggantian yang telat dapat menimbulkan getaran dan suara mendengung.

Suara dengungan yang terdengar keras saat melaju kencang juga ciri dari oli gardan diharuskan untuk segera melakukan penggantian.

Apabila sudah timbul suara dengungan, sebaiknya gunakan oli dengan tekstur yang lebih kental.

Rush-Terios Disukai Karena Ketangguhan dan Mudah dari Segi Perawatan

Daihatsu Terios gen 2

Seperti Avanza-Xenia, Rush-Terios ditopang menggunakan sasis berjeniskan unibody.

Penggunaan platform model semi monokok pada mobil ini ditujukan supaya mobil tetap tangguh di berbagai jenis jalan di Tanah Air namun irit bahan bakar lantaran bobot yang lebih ringan dibandingkan sasis ladder frame.

Mobil yang handal digunakan untuk off road ringan ini memiliki ground clearance cukup tinggi mencapai 200 mm.

Dengan ketangguhan yang dimiliki tak heran apabila mobil ini mayoritas disukai masyarakat daerah yang tinggal, atau sering melewati jalan menanjak dan menurun dengan kontur berbatu.

Bukan cuma itu, mesin 3SZ pada generasi pertama dan 2NR di generas keduanya memiliki durabilitas yang tinggi dan cukup irit dari segi penggunaan bahan bakar.

Rush-Terios merupakan salah satu LSUV 7-seater yang cukup irit dari segi penggunaan bahan baka.

Rata-rata konsumsi BBM untuk penggunaan dalam kotanya keduanya sanggup menempuh jarak hingga 11-13 km/liter.

Berbeda ketika melakukan perjalanan ke luar kota yang notabene sering dipacu dalam kecepatan konstan, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 14-15 km/liter.

Toyota Rush gen 2

Hal lainnya yang membuat Rush-Terios gen 1 dan gen 2 disukai masyarakat Tanah Air lantaran spare part yang terjangkau serta perawatan mudah.

Sebagai contoh untuk kopling set-nya tidak lebih dari Rp1 juta dan sangat mudah dijumpai di seluruh penjuru.

Mengenai perawatannya mobil terbilang sangat mudah. Dimana pemilik cukup melakukan tune up, penggantian pelumas, filter udara dan pengecekan lainnya secara berkala.

Berbeda dengan model-model sebelumnya, kini Rush-Terios memiliki fitur keselamatan yang terbilang canggih dan lengkap.

Seperti diketahui kedua mobil ini berhasil tersematkan fitur keselamatan berupa 6 airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter serta sensor parkir di depan dan belakang.

Bukan cuma itu saja, mobil ini mendapatkan seatbelt warnilng lamp & buzzer, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), serta Eco Idle yang dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Untuk fitur keamanan, memperoleh key free entry yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka atau mengunci mobil, serta alarm system.

Baca juga: 5 Alasan Toyota Rush Gen 1 Layak Diburu Kondisi Bekasnya, SUV Tahun Muda Mulai Rp90 Jutaan

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Lima Alasan Toyota Rush Masih Laku-laku Aja | Review Lengkap

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Jelajah Tujuh Destinasi Liburan di Lombok Bersama Daihatsu Terios 7 Wonders

Nyari LMPV & LSUV Keluarga Paling Bertenaga Daihatsu Terios

Menerka Kekuatan Honda N7X, Rival baru Rush Terios | First Impression

Mitsubishi Kuda diesel di akhir era 1990-an sampai awal dekade 2000-an menjadi opsi menarik mobil keluarga selain Toyota Kijang Kapsul dan Isuzu Panther. Untuk ukuran mobil bekas, Mitsubishi Kuda diesel ini cocok untuk angkutan keluarga besar yang murah meriah. Apa sih kelebihan dan kelemahan Mitsubishi Kuda diesel sebagai sebuah motuba? Tidak seperti para pesaingnya, masa kejayaan Kuda di Tanah Air hanya bertahan enam tahun saja. Kalau kita membahas mengenai asal usulnya, Kuda merupakan sebuah
Proton Exora bekas merupakan alternatif mobil tipe MPV dengan harga yang cukup terjangkau dibanding produk Jepangan. Nama Proton pun memang sempat naik daun di Indonesia pada awal tahun 2000-an di bawah naungan PT Proton Edar Indonesia (PEI). Salah satu produk Proton yang cukup menyita perhatian ialah Proton Exora, MPV medium yang diklaim memiliki kenyamanan tak kalah dengan Toyota Kijang Innova. Menilik sejarah Exora, sejatinya mobil yang lahir di Malaysia pada April 2009 tersebut adalah model
Mobil listrik GAC Aion Y Plus memang sudah direncanakan untuk masuk ke Indonesia. Bahkan mobil pertama untuk pasar Indonesia dari GAC ini akan diperkenalkan perdana kepada publik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, di ICE BSD City, Tangerang. Namun jelang debutnya di dalam negeri, GAC Aion Y Plus rupanya sudah melakukan uji jalan (road test) di beberapa jalan sepanjang Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi). "Kami antusias membawa Aion Y Plus ke pasar Indone
Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick merupakan salah satu andalah bagi mereka yang mencari kendaraan tangguh bertubuh jangkung dan sanggup "bermain" di medan off road. Biasanya peminat mobil ini adalah golongan yang mau upgrade dari Suzuki Jimny yang punya dimensi lebih compact namun juga offroader sejati. Pada dekade 1990-an, Suzuki memang menjadi salah satu pabrikan Jepang yang populer dengan lini SUV mereka. Tak cuma memiliki Jimny atau Katana, Suzuki juga memasarkan SUV long wheelbase dalam ke
Mitsubishi Canter FE 74 HD vs Isuzu ELF NMR 71 merupakan dua light truck yang cukup menguasai pangsa pasarnya di Indonesia. Nama Mitsubishi Canter FE 74 HD dan Isuzu ELF NMR 71 memang sudah tidak asing di telinga para pelaku pengusaha angkutan barang untuk segmen truk Light-Duty 6 roda. Keduanya kerap kali dipertimbangkan karena memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari. Bicara mengenai harga baru, keduanya memiliki perbedaan harga yang lumayan,

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
HAVAL

HAVAL H6

Rp 595,80 Juta

Lihat Mobil
TANK

TANK 500

Rp 1,20 Milyar

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta V II

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Kia

KIA EV9

Rp 1,99 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Honda WR-V
    Rp 271,90 Juta
    Rush vs WR-V
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rush vs XL7
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rush vs Raize
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Wuling Alvez
    Rp 209,00 Juta
    Rush vs Alvez
  • Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rush vs Terios
Toyota Rush
Lihat