Chevrolet Trax Bekas Lebih Menarik Sebagai SUV Compact Turbo Dibanding Raize-Rocky
Prasetyo · 1 Sep, 2021 09:32
0
0
Chevrolet Trax bekas merupakan SUV compact yang sempat dipasarkan di Indonesia. Kehadirannya pertama kali di 2015 setelah melakukan debut global dua tahun sebelumnya pada ajang North American International Auto Show (NAIAS).
Meskipun diproduksi oleh GM (General Motors) Korea, namun Trax sejatinya adalah model global. Bahkan SUV compact ini juga dipasarkan di Amerika Serikat (AS), Meksiko, dan Kanada. Kesuksesan Trax pun merambah sampai ke Indonesia walaupun akhirnya Chevrolet memutuskan angkat kaki dari negara ini.
Dan saat di Tanah Air, Trax berhadapan dengan pemain Jepang yang lebih tenar, seperti Honda HR-V. Tapi Trax memecut banyak perhatian masyarakat. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki mobil ini sehingga dirasa layak untuk dipinang.
Tidak bsia dipungkiri, satu kelebihan Chevrolet Trax adalah dari penampilannya. Sosoknya masih punya citarasa Chevrolet yang kuat sebagai mobil Amerika. Apalagi untuk Chevrolet Trax facelift 2017 yang sudah berganti gril, lampu depan, dan bemper depan.
Signature Dual-Port Grille sebagai bahasa desain baru Chevrolet menjadkan mobil ini kendaraan keren untuk diajak gaul di kota-kota besar seprti Jakarta. Lampu depannya juga sudah model projector yang dipadukan Daytime Running Light (DRL).
Sementara itu meskipun dari samping masih sepadan dengan gaya model sebelumnya, namun di versi facelift ini sudah menggunakan velg 18 inci untuk varian Premier dan 16 inci untuk yang tipe LT. Lalu lampu belakangnya juga sudah full LED yang membuatnya masih layak disejajarkan dengan mobil-mobil terbaru saat ini.
Kesan solid di bagian luar akan Anda rasakan pula pada saat duduk di interior Chevrolet Trax. Walaupun kini berstatus mobil bekas lantaran sudah tak ditemukan lagi unit barunya, tapi Trax menyajikan kabin yang mewah untuk SUV kelas medium.
Layout dasrbor lebar dnegan kombinasi material plastik keras dan soft touch dengan pelapis kulit. Jauh lebih baik dibanding SUV kompetitornya dari Jepang yang mayoritas hanya pakai material plastik keras. Lingkar kemudinya juga nyaman digenggam.
Di tengah dasbor ada monitor 7 inci yang bisa terintergasi dengan ponsel Anda dan melakukan Screen Mirroring. Dari monitor ini juga sudah tersedia kamera mundur. Sementara di sisi pengemudi ada meter cluster yang sudah dilengkapi MID serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS).
Joknya sudah dilapis juga dengan kulit serta modelnya yang semi bucket membuat posisi tubuh terasa nyaman walau berkendara cukup lama. Beberapa fitur penting lainnya yang ada di ruang kabin adalah ketersediaan slot Quick Charging USB Port 2.1A dan electric sunroof.
Untuk mesinnya, baik Chevrolet Trax 2015 ataupun yang versi facelift menggunakan mesin Ecotec 1.4L 4 silinder segaris dengan bantuan Turbocharged. Sistem ini membuat daya puncak Trax tercatat 140 PS di rentang 4.900-6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya ada di 200 Nm pada 1.850-4.900 rpm.
Beberapa fitur penunjang lain untuk berkendara yang juaga da di Trax adalah 6 buah Airbags, ISOFIX with Top Tether, Stabilitrax Electronic Stability, ABS, EBD, Predictive Brake Assist (PBA) dan Hill Start Assist.
Harganya Lebih Murah dari Raize Rocky
Perbandingan Harga
Chevrolet Trax Bekas
Toyota Raize 2021
Daihatsu Rocky 2021
Trax 2015 - 2016
Rp135 jutaan - Rp160 jutaan
Raize 1.0 G MT
Rp219,9 juta - Rp222,2 juta
Rocky 1.0 R MT
Rp215,7 juta - Rp217,7 juta
Trax 2017 - 2018
Rp175 jutaan - Rp205 jutaan
Raize 1.0 G CVT
Rp233,1 juta - Rp235,4 juta
Rocky 1.0 R MT ADS
Rp223,7 juta - Rp225,7 juta
Raize 1.0 GR CVT
Rp244,7 juta - Rp247 juta
Rocky 1.0 R CVT
Rp228,9 juta - Rp230,9 juta
Raize 1.0 GR CVT TSS
Rp263,7 juta - Rp265,9 juta
Rocky 1.0 R CVT ADS
Rp236,9 juta - Rp238,9 juta
Rocky 1.0 R CVT ASA
Rp237,6 juta - Rp239,6 juta
Chevrolet Trax bekas saat ini mulai dari Rp135 jutaan hingga Rp160 jutaan untuk yang tahun 2015-2016. Sementara yang produksi 2017-2018 harganay di rentang Rp175 jutaan hingga Rp205 jutaan.
Banderol ini tentu sangat menarik dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Harga ini juga jauh lebih murah ketimbang SUV compact Turbo yang saat ini sedang viral, yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.