window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Salah, Segini Kapasitas Oli Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1

Enda · 14 Mei, 2024 13:01

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai rekomendasi dan kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1.

Saat pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2013, baik Agya maupun Ayla dibekali mesin 1.0L berkodekan 1KR.

Selanjutnya pada versi improvement yang meluncur pada 2017, Agya dan Ayla gen 1 memperoleh opsi mesin lebih besar yakni 1.2L dengan kode 3NR-VE.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai informasi, generasi pertama Agya dan Ayla facelift untuk varian 1.2L menggunakan mesin yang juga disematkan pada Calya dan Sigra 1.2L sejak 2016.

Perlu diketahui, mesin 1.0L dan 1.2L pada Agya maupun Ayla gen 1 memiliki jumlah oli yang berbeda.

Untuk itu melalui ulasan berikut kami akan menyampaikan berapa jumlah oli mesin keduanya seiap kali melakukan penggantian.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Toyota Agya yang Belum Anda Ketahui

Kapasitas Oli Mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Penggantian oli mesin mobil Toyota

Selain kubikasi, perbedaan mesin yang digunakan Agya dan Ayla gen 1 terletak pada teknologi.

Seperti diketahui varian 1.2L sudah mengusung teknologi Dual VVT-i, sedangkan 1.0L menggunakan teknologi single VVT-i.

Pada varian 1.2L, baik Agya maupun Ayla gen 1 dibekali mesin 3NR-VE 4-silinder segaris Dual VVT-i, 16 valve, DOHC Electronic Fuel Injection 1.197 cc, yang mampu menyemburkan tenaga hingga 88 PS di 6.000 rpm dengan torsi mencapai 107 Nm pada 4.200 rpm.

Selanjutnya Agya dan Ayla gen 1 dengan mesin 1.0L disematkan jantung pacu dengan kode 1KR 3-silinder segaris VVT-i. 12 valve, DOHC Electronic Fuel Injection 998 cc.

Untuk tenaga yang dihasilkan keduanya berada di angka 67 PS pada 6.000 rpm serta torsi mencapai 89 Nm di putaran 4.400 rpm.

Mengenai berapa kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang dibutuhkan setiap kali melakukan penggantian oli mesin, pada varian 1.2L membutuhkan sebanyak 3 liter oli mesin.

Untuk diketahui, penggantian sebanyak 3 liter oli mesin tidak termasuk dengan filter oli.

Apabila penggantian oli mesin dilakukan berikut dengan filter oli, maka oli yang harus dituangkan ke dalam mesin sebanyak 3,5 liter liter.

Khusus varian 1.0L, oli mesin yang dibutuhkan setiap kali melakukan penggantian sebanyak 2,5 liter.

Berikut dengan penggantian filter oli, maka oli yang diperlukan sebanyak 2,7 liter.

Kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 1.0
Tanpa filter oli 2,5 liter
Berikut filter oli 2,7 liter

 

Kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 1.2
Tanpa filter oli 3 liter
Berikut filter oli 3,5 liter

Spesifikasi Oli Mesin untuk Agya dan Ayla Gen 1

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Oli mesin dan transmisi Daihatsu

Spesifikasi oli mesin direkomendasikan oleh pabrikan untuk keduanya yakni, API SL/SN/ILSAC GF-5 dengan viskositas SAE 0W-20, 5W-30 atau 10W-30. 

Namun untuk Agya dan Ayla gen 1keluaran tahun muda ada baiknya menggunakan oli dengan struktur lebih encer, yaitu 0W-20 atau 5W-30.

Berbeda dengan Agya dan Ayla gen 1 dengan usia di atas 5 tahun, pemilik bisa menggunakan oli mesin dengan viskositas 10W-30, yang memiliki tekstur oli lebih kental.

Sebagai informasi tambahan, penggantian oli mesin baik Agya dan Ayla gen 1 dengan kapasitas 1.0L maupun 1.2L sebaiknya dilakukan penggantian setiap 5.000 km atau 6 bulan sekali.

Hal ini dimaksudkan guna menjaga performa serta material di dalam mesin supaya awet dan terjaga.

Baca juga: Rekomendasi Oli Mobil Toyota Terbaik Buat Agya, Avanza Sampai Innova Zenix

Oli Transmisi Agya dan Ayla Gen 1

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Penggantian oli transmisi

Agya dan Ayla gen 1 untuk varian 1.0L maupun 1.2L sama-sama memiliki opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Mengetahui berapa kapasitas oli transmisi yang dibutuhkan untuk Agya dan Ayla varian 1.0L serta 1.2L dengan transmisi manual, keduanya membutuhkan 1,2 liter setiap melakukan penggantian.

Mengenai spesifikasi oli transmisi yang bisa digunakan adalah API GL-4 SAE 75W-90, 80W-90, atau juga 90W-90.

Tidak seperti varian manual, varian matic keduanya baik 1.0L dan 1.2L membutuhkan oli transmisi dengan jumlah lebih banyak setiap kali melakukan penggantian.

Oli transmisi matic yang diperlukan keduanya setiap kali melakukan penggantian sebanyak 5,47 liter.

Perlu diketahui sebelumnya pada transmisi matic disarankan melakukan penggantian setiap 20.000 km, atau 2 tahun sekali.

Sedangkan penggantian oli transmisi manual dilakukan setiap 40.000 km.

Mengetahui kondisi oli transmisi khususnya varian matic, kalian bisa mengeceknya melalui dipstik dengan memeriksa level oli transmisi untuk memastikan ketersediaannya.

Hal ini dilakukan karena jika ditemui volume oli berkurang, maka bisa menyebabkan kerusakan pada bagian komponen lainnya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli?

Beragam Keunggulan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Gen 1

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Tampilan depan Agya gen 1 pre-facelift

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1 merupakan mobil perkotaan dengan harga jual terjangkau.

Masuk dalam kategori kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), mobil ini sangat cocok digunakan mendukung aktifitas sehari-hari untuk berpindah dari poin A ke B.

Bentuk yang sangat kompak, mobil city car ini memiliki beragam keunggulan yang membuatnya cocok digunakan sehari-hari.

Seperti halnya dimensi, mempunyai desain mungil, Agya maupun Ayla gen 1 sangat ringkas dan praktis ketika digunakan dalam menembus kemacetan di kota-kota besar.

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Interior Agya gen 1 pre-facelift

Dari segi fitur unggulan, mobil ini sudah dilengkapi AC, sistem hiburan single din dan double din.

Untuk setirnya sendiri didukung dengan eknologi Electronic Power Steering (EPS).

Dengan teknologi EPS, maka pengemudi tidak perlu melakukan perawatan secara berkala untuk sistem kemudi.

Berbeda dengan mobil yang masih menggunakan power steering konvensional, pemilik diharuskan mengganti dan mengecek ketersedian oli power steering sekaligus memastikan tidak adanya kebocoran.

Tak hanya itu, fitur unggulan yang dimiliki di beberapa varian baik Agya maupun Ayla gen 1 yaitu power window di semua pintu, spion samping yang sudah mendukung fitur power window bahkan retractable.

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Bagasi Agya-Ayla gen 1

Untuk bagasinya mobil ini memiliki ruang cukup luas sekaligus ergonomis, yang membuat penggunanya terasa dimudahkan ketika sedang membawa sejumlah barang.

Dari segi keselamatan berkendara, beberapa tipe untuk kedua mobil juga sudah dibekali dua buah airbags di depan.

Seperti diketahui fungsi dari airbags sendiri dapat melindungi serta meminimalisir cedera serius bagi pengemudi dan penumpang depan ketika mengalami tumbukan keras dari depan.

Selain airbags, di beberapa tipe juga dilengkapi Anti lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) pada sistem pengeremannya.

Fungsi dari fitur ini mampu mencegah tergelincirnya mobil ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak.

Selain itu joknya berhasil dilengkapi dengan ISOFIX yang bisa digunakan untuk mengaitkan car seat.

Ada pula side impact beam, GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, kamera parkir serta sensor parkir di belakang.

Dari segi keamanan sendiri berhasil dibekali alarm system, dan untuk tahun mudanya dilengkapi immobilizer serta keyless entry, yang memudahkan pengguna ketika ingin membuka/mengunci pintu maupun menghidupkan/mematikan mesin.

Keunggulan lain dari Agya dan Ayla gen 1 terletak pada konsumsi bahan bakarnya.

Seperti yang disebutkan dari beberapa sumber, untuk penggunaan bahan bakar pada varian 1.0L di angka 15-17 km/liter dengan pemakaian dalam kota.

kapasitas oli mesin Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gen 1

Mesin 998 cc 1KR

Sedangkan penggunaan luar kota bisa tembus 20-21 km/liter.

Selanjutnya untuk varian 1.2L di kisaran angka 14-16 km/liter rute dalam kota, dan 18-20 km/liter ketika mobil digunakan berpergian ke luar kota.

@garasi.autofun Pilah-pilih mobil untuk jadi taksi online! #tipsmobil #tipsmobilbekas #reviewmobil #reviewmobilbekas #mobilseken #bekasberkualitas #mobilbekas #carsome ♬ Classic Jazz Piano - Relaxed and bright(1016589) - Ponetto

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Agya E MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil