window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana?

Adit · 20 Sep, 2024 20:01

toyota agya matic

Toyota Agya matic sejak pertama kali diperkenalkan sudah menjadi opsi selain Agya bertransmisi manual. Demikian pula dengan Daihatsu Ayla sebagai kembarannya yang hadir dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan atau matik 4 percepatan.

Tentunya kehadiran tipe transmisi manual maupun otomatis ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari kepraktisan. Mengingat bagik Agya maupun Ayla merupakan dua kendaraan berjenis Low Cost Green Car (LCGC) yang ditujukan buat mobilitas harian para penggunanya.

Bagi mereka yang tiap harinya kerap berjibaku di tengah kemacetan kota-kota besar seperti Jakarta, tentunya memilih Toyota Agya matic akan lebih praktis daripada yang transmisi manual. Namun untuk konsumen yang secara geografis kondisi rute yang dilaluinya banyak turunan atau tanjakan, maka transmisi manual akan lebih tepat dipilih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun buat kalian yang menggunakan Toyota Agya matik, ada beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang tipe transmisi di mobil ini. Supaya pengalaman berkendara dengan mobil mungil tersebut tetap nikmat.

Baca juga: Bukan Cuma Agya, Ini Daftar Mobil Baru Toyota Paling Murah

Toyota Agya Gen 2 dan Gen 2 Beda Spesifikasi

toyota agya matic

Toyota Agya saat pertama kali diluncurkan pada 2012

Sebelum fokus membahas mengenai transmisi pada Toyota Agya, ada baiknya kita jabarkan dulu mengenai spesifikasi teknis mobil ini. 

Sebagai pelopor LCGC di Tanah Air, Agya hadir berbagi platform dan desain dengan Ayla dari Daihatsu. Pabrik perakitan Agya pun bukan dilakukan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), melainkan di pabriknya Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Pertama kali mobil kembar ini lahir di 2012 bertepatan dengan berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS). Namun baru setahun berikutnya Agya dan Ayla mulai diproduksi dan dijual ke masyarakat.

Pada awalnya Toyota Agya hadir dalam dua varian mesin, yakni mesin bensin 1.000 cc berkode 1KR-VE 3 silinder, serta mesin 1.200 cc 3NR-VE 4 silinder. Kedua mesin ini hadir dengan tipe transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4-speed. Transmisi otomatisnya pun masih konvensional belum CVT.

toyota agya matic

Toyota Agya GR Sport

Pada 2017, Agya mengalami facelift dengan beberapa perubahan pada bagian grill depan dan bemper belakang. Sementara untuk mesinnya masih tersedia varian 1.000 cc dan juga 1.200 cc. Tapi di tipe 1.200 cc sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i seperti yang sama dengan Toyota Calya.

Selanjutnya di Maret 2020, Agya kembali alami facelift juga dengan revisi antara lain di bagian bemper depan, velg 14 inci berdesain baru, serta lampu belakang yang pakai teknologi LED. Adapun spesifikasi mesin dan transmisinya tetap dipertahankan.

Berlanjut setahun berikutnya, Agya TRD S diubah penamaannya menjadi Agya GR Sport, dengan beberapa perubahan ornamen. Lantas mulai Oktober 2022, Agya bermesin 1.000 cc dihentikan penjualannya, sehingga yang tersisa hanya Agya 1.2L.

Setelah mengalami beberapa kali facelift, di Februari 2023, Toyota Agya generasi kedua diperkenalkan. Selain eksterior dan interior yang berubah total, model ini juga pakai platform baru DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

toyota agya matic

Toyota Agya Gen 2

Ada tiga tipe yang ditawarkan yakti E, G dan GR Sport. Semuanya menggunakan mesin baru berkode WA-VE 1.200 cc 3 silinder. Mesin ini hadir dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT (Continuously Variable Transmission).

Untuk Agya tipe E hanya tersedia dengan transmisi manual (M/T) sementara tipe G dan GR Sport punya dua pilihan transmisi. Namun khusus Agya GR Sport tak lagi dikategorikan LCGC melainkan Small City Car, bersama dengan Honda Brio RS.

Perbedaan Spesifikasi Toyota Agya Gen 1 dan Gen 2
  Toyota Agya Gen 1 Toyota Agya Gen 2
  1.0L 1.2L 1.2L
Dimensi
Panjang 3.660 mm 3.660 mm 3.760 mm
Lebar 1.600 mm 1.600 mm 1.665 mm
Tinggi 1.520 mm 1.520 mm 1.505 mm
Jarak sumbu roda 2.450 mm 2.450 mm 2.525 mm
Jarak ke tanah 180 mm 180 mm 180 mm
Ukuran roda 155/80 R13 175/65 R14 175 / 65 R14
Kapasitas tangki BBM 33 liter 33 liter 33 liter
Mesin
Tipe mesin 1KR-VE DOHC 3NR-VE DOHC Dual VVT-i WA-VE Dual VVT-i
Kapasitas silinder 998 cc 1.197 cc 1.198 cc
Jumlah silinder 3 4 3
Daya maksimum 65 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 86 Nm @3.600 rpm 108 Nm @4.200 rpm 113 Nm @4.500 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan
  Otomatis 4-percepatan Otomatis 4-percepatan Otomatis CVT
Sasis
Suspensi depan MacPherson Struts MacPherson Struts MacPherson Strut
Suspensi belakang Semi independent torsion axle beam Semi independent torsion axle beam Torsion Beam
Rem depan Ventilated Disc Ventilated Disc Ventilated Disc
Rem belakang Drum Drum Drum

Baca juga: Harga Sama, Toyota Agya 1.2 E MT vs Daihatsu Ayla 1.0 X CVT Mana yang Lebih Rasional untuk Dibeli?

Transmisi Matic di Toyota Agya Cukup Unik

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 04

Transmisi matic Daihatsu Sigra dan Toyota Calya juga serupa, tanpa L

Buat yang belum tahu, transmisi matic mobil LCGC seperti Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya rupanya tanpa dilengkapi posisi L. Model ini juga diterapkan di Toyota Calya juga Daihatsu Sigra

Tengok saja langkah transmisinya dimulai dari 2 bukan L atau Low seperti yang ada di Toyota Avanza sebelum generasi ketiganya lahir. Maka dari itu, ketika menanjak tak ada cara lagi selain hanya mengandalkan posisi terendah di 2.

Kemudian bagaimana keadaannya apabila menemukan tanjakan curam, yang sepatutnya hanya bisa dilibas transmisi matic konvensional di posisi L? Kalau diposisikan di 2, dari L secara otomatis bisa pindah ke 2 ketika putaran mesin tinggi, yang bisa mengakibatkan mobil kehilangan momentum menanjak

Namun sebelum menjawab ini, teknisi ahli yang juga pemilik bengkel spesialis Worner Matic, Hermas Prabowo mengatakan, langkah transmisi yang ringkas tak terlepas dari kegunaan mobil, yang fokusnya di perkotaan. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 05

Transmisi matic Toyota Avanza lengkap dengan low gear (L)

"Memang enggak dikasi (gigi L) karena dari desain awalnya, LCGC identik dengan mobil perkotaan. Sedangkan di perkotaan tidak banyak tanjakan atau turunan terjal yang butuh low gear atau L," terangnya. 

Jadi berbeda dengan matik AT Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia yang punya L, karena peruntukkannya bukan cuma di perkotaan. Banyak pengguna yang mengandalkannya juga di pedalaman, yang tentunya memiliki ragam kontur jalan, bukan cuma tanjakan curam. 

"Bedanya dengan Avanza atau Xenia (yang lama) memang bisa untuk dibawa keluar kota karena mobil ini didesain sebagai mobil multiguna atau MPV," pungkasnya. 

Baca Juga: Toyota Agya Kalah Irit Bensin Dibandingkan Honda Brio

Trik Bisa Nanjak dengan Toyota Agya Matic

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 06

Transmisi matic di Toyota Agya tanpa low gear, oleh karena itu tidak ideal untuk menanjak yang curam

Sederhananya ujar Hermas, mobil LCGC kurang begitu cocok diajak keluar kota apalagai sampai melewati jalur perbukitan hingga pegunungan, khawatir karena keterbatasan ini tidak kuat menanjak. 

Terlebih misalnya mobil diisi penuh penumpang dan barang. Saat menanjak, traksi roda penggerak depan akan berkurang. Yang terjadi selanjutnya ban akan melintir atau berputar di tempat. 

Transmisi Matic Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Kok Gak Ada L, Kalau Mau Nanjak Gimana? 07

Toyota Agya 2022, kini hadir dengan opsi GR Sport

Menambahkan penjelasan Hermas, Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi menyatakan, transmisi matic Agya dan saudaranya tanpa posisi L sengaja agar lebih efisien ketika diproduksi.

"Secara konstruksi lebih efisien dibanding Avanza yang punya pilihan L. Makanya secara harga juga lebih murah. Tapi dengan hanya gigi rendah 2 yang dimiliki, sebenarnya sudah cukup untuk menanjak yang tidak terlalu terjal," ungkapnya.  

Baca Juga: Benarkah Biaya Servis Toyota Agya Lebih Mahal Dari Suzuki Wagon R?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Agya E MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil