Renault Kiger vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, Harga Lebih Mahal Hampir Rp40 Juta Fiturnya Kalah Telak
Prasetyo · 8 Jul, 2021 14:00
0
0
Renault Kiger sudah dipastikan akan melantai di pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan keran pemesanan untuk SUV Compact ini sudah dibuka melalui jaringan dealer Maxindo Renault.
Masuk di kelas mobil perkotaan berjenis kendaraan adventure, maka lawan terberat Kiger datang dari duet Toyota Raize serta Daihatsu Rocky. Apalagi jika dilihat spesifikasi teknis, ketiganya sama-sama pakai mesin yang identik.
Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan Renault Kiger vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky? Kini kita akan kulik lebih dalam mana yang paling layak dibeli.
Berdasarkan sumber dari pihak Maxindo Renault melalui unggahan di media sosial Instagram, Renault Kiger hanya akan datang dalam satu varian. Yaitu Kiger RXZ CVT Turbo yang dibanderol Rp275.900.000.
Bahkan menurut Davi J Tuilan, Chief Operating Officer PT Maxindo Renault Indonesia, harga tersebut berlaku untuk pembelian Juli hingga Agustus 2021. Jadi mungkin saja setelah itu banderolnya akan mengalami penyesuaian lagi.
Kalau membandingkan Renault Kiger vs Toyota Raize vs Daihatsu Rocky dari sisi harga, jelas Renault yang paling mahal. Bahkan dibanding Toyota Raize GR sport TSS yang sama-sama sebagai tipe tertinggi pun masih selisih Rp12 jutaan. Sementara dari Daihatsu Rocky ASA, harganya lebih mahal hampir Rp40 juta.
Mesin Sama Tapi yang Mana Paling Kuat?
Perbandingan Spesifikasi Teknis Renault Kiger
Spesifikasi
Renault Kiger
Toyota Raize 1.0
Daihatsu Rocky 1.0
Tipe mesin
1.0L Turbo
1.0L 1KR-VET Turbo DOHC VVTi
1.0L 1KR-VET Turbo DOHC VVTi
Jumlah silinder
3
3
3
Isi silinder
999 cc
998 cc
998 cc
Tenaga maksimum
100 PS @5.000 rpm
98 PS @6.000 rpm
98 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum
160 Nm @2.800-3.600 rpm
140 Nm @2.400-4.000 rpm
140 Nm @2.400-4.000 rpm
Transmisi
X-Tronic CVT
5-speed manual / CVT
5-speed manual / CVT
Kiger yang akan masuk ke Indonesia merupakan unit yang diimpor dari India. Sebenarnya di Negeri Bollywood itu ada empat varian Kiger, yakni tipe RXE, RXL, RXT, dan RXZ. Tipe RXE dan RXL hadir dengan transmisi manual 5 percepatan, sementara tipe RXT dan RXZ hadir juga dengan opsi transmisi X-Tronic CVT.
Untuk mesinnya, semua tipe Renault Kiger menggunakan mesin 1.0-liter 3 silinder, tetapi cuma tipe RXE yang tidak dilengkapi turbo. Sementara baik Toyota Raize1.0T maupun Daihatsu Rocky 1.0, semua variannya memakai mesin 1.0-liter 1KR-VET 3 silinder Turbocharger dengan Dual VVT-i.
Itu berarti kekuatan mesin antara Toyota Raize 1.0T dengan Daihatsu Rocky 1.0 Turbo setara. Sementara di atas kertas, Renault bisa berbangga hati lantaran Kiger tenaganya lebih besar 2 hp dengan torsi 20 Nm yang juga lebih tinggi dari Raize-Rocky.
Sekarang kita membandingkan mengenai dimensinya. Kiger punya panjang 3,99 meter (m), lebar 1,75 m, dan tinggi 1,6 m. Dibanding duet Astra tersebut, Kiger lebih pendek 39 mm dan tingginya juga lebih pipih 30 mm dibanding Toyota Raize. Namun Kiger lebih lebar 40 mm, serta punya ground clearance 5 mm lebih tinggi dari Raize dan Rocky.
Kemudian Kiger juga punya jarak ruang kaki (leg room) 222 mm. Lalu ruang bagasinya pun berkapasitas 405 liter. Mirip-miriplah dengan yang ada di Raize serta Rocky.
Mampukah Fitur Renault Kiger Lebih Smart dari TSS dan A.S.A?
Sadar jika yang dilawan adalah Toyota dan Daihatsu yang telah membekali fitur canggih, maka Kiger pun dijejalkan serentetan teknologi terkini.
Dari sisi luar misalnya, mobil ini sudah menggunakan lampu depan dan belakang LED. Lalu kuncinya juga sudah berupa Smart Access Card. Serta di bagian atap sudah ada roof rail dan spoiler dengan tambahan mount stop lamp.
Di dalam, Kiger telah dipasang monitor 8 inci dengan Apple CarPay dan Android Auto. Headunit ini juga tersambung dengan 4 speakers dan 4 tweeters 3D sound dari Arkamys.
Dari sisi pengemudi, meter cluster sudah berbentuk TFT monitor 7 inci full digital. Bahkan warnanya bisa diubah sesuai mode berkendara yang disediakan Renault. Yakni hijau jika dipilih mode Eco, berubah jadi biru kalau pakai mode Normal, dan kemudian bisa menjadi merah kalau pakai Sport mode.
Fitur lainnya adalah keberadaan 4 airbags, ABS dengan EBD, Eleectronic Stability Control, dan Vehicle Dynamic Control, Hill Start Assist, Traction Control, serta rear camera. Yang mernaik adalah, sistem AC Renault Kiger sudah dilengkapi juga dengan sistem clean air filter yang sanggup menyaring partikel hingga sebesar 2,5 mikron. Sehingga setiap udara yang keluar ke kabin bisa lebih bersih. Kemudian untuk penumpang belakang juga sudah ada rear AC vent.
Bagaimana dengan Raize dan Rocky?. Seperti kita semua sudah tahu, Raize tipe tertinggi dibekali Toyota dengan perangkat Toyota Safety Sense (TSS). Sedangkan Daihatsu menamainya Advance Safety Assist (A.S.A). Fitur-fitur yang ada pada Kiger sebenarnya juga sudah ada di Raize atau Rocky, bahkan di semua varian. Jadi rasanya Kiger harus mengakui kelengkapan fitur kedua mobil Jepang ini.
Kesimpulan
Dengan harga terpaut hampir Rp40 juta lebih mahal dari Daihatsu Rocky, nyatanya Renault Kiger tak bisa berkutik ketika harus menghadapi kelengkapan fitur dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ini mengingat Kiger yang masuk ke Indonesia adalah varian tertinggi, maka sangat adil untuk membandingkannya dengan Raize GR Sport TSS dan juga Rocky 1.0 ASA.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.