Setelah tiga pekan meluncur, masyarakat kini bisa melakukan pemesanan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kedua model ini menyediakan fitur keselamatan canggih yang belum ada di mobil seharga Rp200 jutaan. Kalau disuruh pilih, kami menyarankan untuk pilih Daihatsu Rocky daripada Toyota Raize.
Apa alasannya? Sederhana saja karena Daihatsu pasti jual mobil lebih murah dari Toyota. Memang sih Toyota Raize lebih lengkap fiturnya namun bila dilihat selisih harganya maka terpaut cukup jauh dari Daihatsu Rocky.
Berikut ini perbandingan harga Rocky-Raize versi single tone:
Daihatsu Rocky
Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T - Rp214,2 juta
- Daihatsu Rocky 1.0 R TC M/T ADS - Rp222,2 juta
- Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT - Rp227,4 juta
- Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ADS - Rp235,4 juta
- Daihatsu Rocky 1.0 R TC CV A.S.A - Rp236,1 juta
Toyota Raize
- Toyota Raize 1.0 Turbo G M/T - Rp219,9 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo G CVT - Rp233,1 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT - Rp244,7 juta
- Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS - Rp263,7 juta
Bisa kita lihat perbandingan harga tertinggi dari Toyota Raize dengan TSS lebih mahal dari harga Daihatsu Rocky ASA. Selisihnya mencapai Rp 27,6 juta, karena TSS lebih lengkap. Namun, apakah Daihatsu Rocky ini lebih buruk?
Baca juga:
Akhirnya, Si Kembar Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Resmi Meluncur Pada 30 April!
Resmi Meluncur, Harga Daihatsu Rocky 1.0 Turbo Mulai Dari Rp214 Jutaan
Jangan Bingung! Daihatsu Rocky Hadir dengan 20 Varian, Termasuk Pilihan Kombinasi Warna Spesial
Tidak juga bila kamu memang belum benar-benar membutuhkan fitur canggih ASA. Lagipula, Daihatsu juga memberikan kompensasi pada fitur lain yang tak kalah menarik.
Lantas, apa alasan mengapa Rocky lebih baik dari Raize?
Faktor Inden, Toyota Raize TSS Butuh 9 Bulan
Walaupun Daihatsu ditunjuk sebagai produsen Toyota Raize, namun pemasangan segala macam fitur dan kelengkapan tiap tipe tetaplah tanggung jawab Toyota. Ternyata, pihak Toyota dalam hal ini PT Toyota Astra Motor kesulitan memenuhi inden Raize tipe TSS. Bahkan berhembus kabar kalau inden tipe dengan fitur keselamatan aktif tersebut mencapai sembilan bulan.
Wow, itu waktu sangat lama untuk mobil yang diproduksi secara lokal. Kondisi ini sangat kontras dengan Daihatsu yang tidak perlu inden lama bila memilih Rocky tipe A.S.A.
Berdasarkan penuturan pihak sales Daihatsu, saat ini untuk Rocky tipe A.S.A sudah berjalan proses produksinya. Konsumen yang waktu indennya telah berjalan dua minggu pun telah mendapat alokasi unitnya. Sebagai informasi, proses inden normal mobil Daihatsu berkisar antara dua minggu sampai satu bulanan.
Untuk Daihatsu Rocky ini menurut pihak sales Daihatsu indennya paling tidak selama satu bulan. Artinya, konsumen yang ingin beli tipe tertinggi tidak usah menunggu lama.
Beda Gaya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize, Rocky Lebih Kalem dan Dewasa
Melihat segmentasinya, baik Rocky maupun Raize dihadirkan sebagai mobil kekinian yang sesuai kebutuhan kalangan muda. Namun, Daihatsu berusaha lebih memperluas segmen Rocky supaya bisa memikat kalangan yang lebih dewasa. Caranya yaitu dengan membuat styling Rocky lebih kalem dan modern.
Cukup kontras dengan desain Raize yang sporty dan agresif khas anak muda. Grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut jadi aksen yang stylish. TAM juga merilis varian Gazoo Racing di Raize dengan tambahan body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya.
Bagi kamu yang suka desain simple ala JDM, Rocky lebih kalem di mata. Sisi fascia ditunjukkan dengan aksen trapesium yang sederhana, tanpa aksen krom atau garis-garis body kit yang agesif.
Untuk tipe yang cukup mahal, Daihatsu Rocky memiliki tipe ADS dengan sokongan fitur hiburan yang lebih bagus dan beberapa pernik aksesoris bergaya glamor. Aksesorisnya hanya sebatas ornamen krom di grille, front-rear skid plate, side body moulding, side guard, garnish pintu dan emblem ADS.
Sementara itu GR Sport jadi varian teratas model Toyota Raize menggantikan TRD Sportivo. Dengan style ala balap, Raize dipercantik body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR Sport. Tambahan kesan sporty pada Raize terdapat pada aksen kelir hitam di velg dan over fender.
Daihatsu Rocky Menang Fitur, Toyota Raize Menang Desain Interior
Baik Rocky dan Raize telah dibenamkan layar hiburan 9 inci yang terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone. Panel digitalnya pun sudah memakai layar LCD penuh warna yang memanjakan mata dan bisa diubah dengan empat mode visual.
Hanya saja pada varian paling atas Rocky, ada penambahan active subwoofer 8 inci. Desain joknya tetap sederhana, karena fokusnya untuk memberikan feel berkendara yang full entertainment. Dentuman suara bass sudah pasti lebih nendang dengan subwoofer ini.
Sebagai gantinya, di varian tertinggi Raize yaitu GR Sport, calon konsumen ditawarkan kursi bermaterial fabric dan kulit yang mampu menunjang rasa berkendara. Karena filosofi Gazoo Racing yang merupakan tim balap, maka tersedia paddle shift di balik kemudi Raize, jadi kesan sporty makin kental.
Fitur Keselamatan Aktif A.S.A di Daihatsu Rocky Lebih Sederhana, Bikin Harganya Lebih Murah
Fitur keselamatan aktif yang hadir pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize menjadikannya sebagai SUV compact yang canggih dan value for money. Sebab, belum ada mobil yang memiliki fitur keselamatan aktif di kisaran harga serupa.
Apabila ditelisik lebih jauh, sebenarnya fitur keselamatan aktif A.S.A di Daihatsu Rocky lebih sederhana. Ini salah satu alasan mengapa harganya bisa lebih murah dari Toyota Raize. Selisihnya Rp27 jutaan jelas cukup terasa untuk kelas mobil Rp200 jutaan.
Untuk sistem keamanan yang ditawarkan pada Daihatsu Rocky 2021 di Indonesia, yaitu Advanced Safety Assist (A.S.A) hanya terdiri dari 6 fitur yaitu terdiri dari Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, terakhir Lane Departure Prevention.
Raize GR Sport yang didukung Toyota Safety Sense (TSS) memiliki fitur lebih banyak, antara lain Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Misoperation Control, Pre-collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert plus Blind Spot Monitoring dan Adaptive Cruise Control.
Bahkan, jumlah airbag di Raize berjumlah 6 titik, artinya Raize ini jadi paket komplit bahkan lebih lengkap dari Toyota Yaris. Inilah mengapa harganya jadi cukup mahal.
Kesimpulan
Bila kamu ingin memiliki mobil baru nan canggih di bawah Rp250 juta, maka Rocky jadi pilihan tepat. Namun ingat, konsekuensinya fitur keselamatan aktif A.S.A tidak selengkap TSS di Raize.
Bisa dibilang, fitur A.S.A di Daihatsu Rocky yang ada di Indonesia ini ialah sebagai fitur basic. Cara ini dilakukan Daihatsu karena melihat posisi harga Rocky di bawah Raize. Namun jangan khawatir karena kompensasi fitur hiburan ala ADM juga tidak buruk kok.