"Kami terus berusaha untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan kami untuk membantu mengurangi biaya berkelanjutan bagi pelanggan, serta membantu mengurangi dampak lingkungan kami. Dengan penambahan teknologi baterai 48-Volt ke lini kendaraan terlaris kami tentunya akan berkontribusi pada hal ini," kata Sean Hanley Vice President Sales, Marketing and Franchise Operations Toyota Australia melalui keterangan tertulisnya.
Mesin diesel 2.8L akan ditambah baterai dan generator listrik
Mr Hanley menyebutkan teknologi baru ini nantinya akan digabungkan dengan mesin diesel turbo 2.8-liter yang dimiliki oleh Hilux.
Dikombinasikan sistem transmisi otomatis 6 percepatan, teknologi generator di mobil ini nantinya juga memiliki tugas mirip sistem Integrated Starter Generator (ISG) pada Suzuki.
Tampilan belakang Hilux GR Sport Indonesia (Foto: Toyota)
Yaitu menggantikan kinerja mesin konvensional untuk memasok sistem kelistrikan bagi fungsi AC, audio, dan lainnya, pada saat mobil berhenti di kemacetan.
Dengan kata lain, Hilux akan memiliki fitur Auto Start/Stop engine, yang kinerja sistem ini akan dipasok dari generator dan baterai yang terpasang.
Mr Hanley menjelaskan kalau teknologi hybrid ini bisa mendegradasi konsumsi BBM Toyota Hilux sekitar 10 persen.
Namun penambahan teknologi 48-Volt tersebut tidak akan berdampak pada kemampuan Hilux sebagai pickup 4x4 yang tangguh di medan offroad.
"Teknologi baru ini tidak hanya akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, tetapi pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kinerja saat perjalanan on dan offroad. Ini membuat HiLux semakin menarik untuk perjalanan akhir pekan atau aktifitas ke medan ekstrim di pedalaman," katanya.
Rencananya Toyota Hilux hybrid akan diterapkan untuk model SR5 4x4 dan Rogue Double Cabin.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.