Ternyata Honda Monkey Juga Adopsi Teknologi Honda CBR1000RR FireBlade

Honda Monkey memiliki desain yang khas, yang unik dan menarik. Desainnya tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Honda memertahankannya sebagai ciri khas dari motor berukuran mungil ini. Meski desainnya terkesan tak berubah, tapi dari segi fitur dan teknologi, Honda Monkey tetap mengikuti perkembangan zaman.

Selain sistem suplai bahan bakarnya sudah menganut injeksi dengan PGM-FI (Programmed Fuel Injection), Honda Monkey juga dibekali dengan beragam teknologi modern lainnya.

Honda Monkey dibekali dengan sistem pengereman berteknologi ABS (Anti-lock Braking System). Sistem pengereman ABS pada Honda Monkey hanya menggunakan satu channel.

"Untuk ABS Honda Monkey hanya satu channel yaitu rem depan," ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) kepada awak media di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten, dikutip dari Motorplus-online.com.

Artinya, sistem pengereman ABS pada Honda Monkey ini hanya berfungsi pada rem depan saja. Sedangkan pada rem belakangnya, masih normal layaknya motor pada umumnya.

"Tapi ditambah dengan dengan Inertia Monitoring Unit (IMU). Mungkin ini motor ABS satu channel pertama yang pakai IMU," jelas Endro.

Sistem pengereman ABS pada umumnya hanya mendeteksi pengereman mendadak secara horizontol saat melaju ke depan. Dengan adanya IMU, fitur ini akan membaca keadaan ketika bagian badan motor ada yang terangkat akibat pengereman mendadak atau disebut juga dengan stoppie.

Jadi, secara sederhana IMU ini bisa juga diartikan sebagai sensor untuk mengetahui atau membaca posisi motor lewat pendulum yang ada di dalamnya. Maka itu, sensor ini bisa menyampaikan informasi ke bagian modulator atau ECU ketika ban belakang akan terangkat saat terjadi pengereman mendadak.

Saat IMU membaca kondisi ban belakang motor terangkat, IMU akan mengirimkan informasi ke ABS modulator untuk mengurangi tingkat pengeremannya. Sementara sistem pengereman ABS, tetap bekerja seperti biasanya.

Alasan disematkannya teknologi IMU adalah karena dimensi Honda Monkey yang mungil serta bobotnya yang cukup ringan. Honda Monkey memiliki panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.029 mm. Sedangkan bobotnya, hanya 107 kg saja.

"Makanya Honda mempertimbangkan penggunaan ABS yang dibantu dengan IMU untuk mencegah terjadinya ban belakang yang terangkat dalam proses pengereman," kata Endro.

Teknologi ini sebenarnya bisa ditemukan juga pada beberapa motor Honda lainnya. Bahkan, fungsinya juga bisa lebih lengkap lagi. Salah satu motor Honda yang disematkan teknologi IMU adalah CBR1000RR FireBlade.

Namun, pada CBR1000RR FireBlade, IMU bekerja pada dua channel, yakni sistem pengereman depan dan belakang. Sedangkan pada Honda Monkey, IMU bekerja pada ABS satu channel.

Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor