Review Lengkap Vespa Sprint 150 2021, Skutik Premium Ikonik Idola Anak Muda

Vespa Sprint 2021, tulang punggung penjuaan Vespa di Indonesia.

Vespa termasuk pabrikan sepeda motor yang legendaris. Pabrikan asal Italia ini berhasil mempertahankan desain motornya dari masa ke masa, tak terkecuali dengan Vespa Sprint 2021.

Skuter matik (skutik) ini juga mempertahankan desain dan tampilan khas, khususnya pada bagian lampu depannya. Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, Vespa Sprint memang tidak banyak mengalami perubahan dari segi desain dan tampilan.

Vespa Sprint pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Saat itu, mesin yang digunakan masih 3V i.e. Vespa Sprint 150 3V i.e. cukup laris di pasaran.

Baru kemudian pada tahun 2016, Vespa Sprint mendapat peningkatan di sektor dapur pacu. Mesin 3V i.e. diganti dengan mesin berteknologi baru, yakni i-GET (Italian Green Experience Technology). 

Sejak tahun 2016 hingga sekarang, Vespa Sprint 2021 hanya mendapat ubahan berupa warna pilihannya saja. Selain itu, PT Piaggio Indonesia juga menghadirkan edisi terbatas dari Vespa Sprint 2021 dengan edisi Racing Sixties.

Sekarang ini, Vespa Sprint 2021 memiliki tiga warna pilihan, yakni Red Scarlatto, Grey Titanio, dan White Innocenza. Terdapat juga varian lain dari skutik ini, yaitu Vespa Sprint S 150 i-GET ABS dan Vespa Sprint Racing Sixties 150 i-GET. 

Di kelas skutik retro 150 cc, Vespa Sprint berhadapan langsung dengan Kymco Like 150i. Skutik asal Taiwan tersebut juga menggunakan mesin 150 cc dan sudah berteknologi injeksi. Fiturnya juga bersaing dengan Vespa Sprint 2021.

Kymco Like 150i sudah dibekali dengan sisten pencahayaan LED, sistem pengereman ABS, dan juga terdapat GPS pada panel meternya yang full digital. Kymco Like 150i 2021 dibanderol Rp 28,8 juta (OTR Jakarta). 

Penampilan Vespa Sprint 2021

Vespa Sprint 2021 memiliki desain yang klasik dan retro. Lekuk bodinya terlihat sedikit agresif. Bodinya juga dibuat ramping sehingga terlihat lebih sporty juga. Desain lampu depan dibuat dengan bentuk segi enam. Lekuk bodi Vespa memang sangat khas dan menarik.

Material yang digunakan juga besi baja, bukan plastik seperti skutik pabrikan lainnya. Vespa Sprint 2021 memiliki dimensi yang tidak terlalu bongsor, panjangnya 1.863 mm, lebar 695 mm, dan tinggi jok 790 mm. 

Untuk kaki-kakinya, Vespa Sprint mengandalkan suspensi depan lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan. 


Di bagian roda, ban depannya menggunakan ukuran 110/70-12 dan ban belakang berukuran 120/70-12. Kedua ban tersebut juga sudah tubeless alias tanpa ban dalam. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.334 mm. 

Spesifikasi Vespa Sprint 2021
Panjang 1.863 mm
Lebar 695 mm
Tinggi Jok 790 mm
Jarak Sumbu Roda 1.334 mm
Suspensi Depan Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
Suspensi Belakang Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan
Ban Depan 110/70-12
Ban Belakang 120/70-12

Posisi Berkendara Vespa Sprint 2021

Vespa Sprint 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Tempat duduknya cukup luas, baik pengendara atau yang dibonceng pun akan terasa nyaman meski perjalanan jauh sekalipun.

Area di bagian kaki pun cukup luas, kaki jadi lebih leluasa untuk bergerak. Untuk menempatkan barang-barang bawaan, kaki juga tidak terganggu. 

Namun tinggi jok yang mencapai 790 mm, sedikit menyulitkan bagi pengendara yang memiliki tinggi di bawah 170 cm. Sebab, tempat duduknya yang lebar membuat posisi kaki harus lebih terbuka. 

Mesin Vespa Sprint 150 berteknologi i-get.

Mesin i-get Vespa Sprint 2021

Untuk mengakomodasi kebutuhan pengendaranya, Vespa Sprint 2021 dibekali dengan mesin berteknologi i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup. Kapasitasnya cukup 154,8 cc.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 11,8 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 12 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT otomatis. 

Untuk menahan laju Vespa Sprint 2021 dengan tenaga yang dihasilkan mesinnya, rem depan menggunakan rem cakram. Sementara rem belakang, masih mengandalkan rem tromol. Namun, sistem pengeremannya dibantu dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System). 

Spesifikasi Mesin Vespa Sprint 2021
Tipe Mesin i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup
Kapasitas Mesin 154,8 cc
Tenaga Maksimum 8,7 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum 12 Nm / 5.000 rpm
Transmisi CVT otomatis
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol 

Fitur Vespa Sprint 2021

Soal fitur, Vespa Sprint 2021 bisa dibilang sederhana. Kalah canggih jika dibandingkan dengan skutik pabrikan Jepang atau Kymco Like 150i. Panel meternya masih gabungan analog dengan digital.

Pada Vespa Sprint 2021 sudah memiliki USB port untuk mengecas baterai ponsel. Selain itu, fitur lain yang bisa dibanggakan hanya sistem pencahayaan LED, sistem pengereman ABS, dan kunci kontak immobilizer.

Harga Vespa Sprint 2021

Harga yang dibanderol untuk Vespa Sprint 2021 saat ini adalah Rp 47,6 juta dan Vespa Sprint S 2021 Rp 50,1 juta (on the road Jakarta. Harganya memang masuk kategori premium, bahkan jika dibandingkan dengan Kymco Like 150i yang dijual Rp 28,8 juta, jadi terasa sangat mahal.

Kesimpulan

Vespa Sprint 2021 merupakan salah satu skutik best seller di Indonesia, untuk segmen  premium. Desain ikonik khas Vespa yang tetap dipertahankan sampai saat ini jelas menjadi daya tariknya.

Image sebagai skuter premium yang juga menunjang gaya hidup sangat melekat pada motor ini. Tak heran meski harganya terbilang tinggi, nyatanya peminatnya sangat banyak khususnya anak-anak muda.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Vespa Sprint
Lihat