Selain Desainnya Yang Beda, Apa Lagi Daya Tarik Honda ADV 150 2021?

Pilihan skutik 150 cc dengan desain yang berbeda bisa ditemukan pada sosok Honda ADV 150 2021. Skutik premium ini tampil layaknya motor penjelajah yang tangguh. Tapi apa iya hanya desain saja yang jadi nilai jualnya?

Rasanya tentu tidak, karena Honda menyematkan banyak hal yang bisa menjadi daya tarik dari skutik ini. Dan bicara desainnya, memang terinspirasi dari Honda X-ADV yang bermesin 750 cc dan di jual dengan harga Rp 400 juta lebih.

AHM menawarkan Honda ADV 150 dengan dua varian yakni CBS (Combi Brake System) dan ABS (Anti-lock Braking System). Harga jualnya mulai dari Rp 34,742 juta sampai Rp 37,805 juta on the road Jakarta.

Sekarang mari lihat apa saja yang menjadi daya tarik dari skutik ini?

Honda ADV 150 2021 menyenangkan untuk menjelajah.

1. Fitur Berlimpah

Sesuai namanya, beragam teknologi andalan skutik Honda disematkan untuk motor ini. Mulai dari lampu-lampu full LED termasuk lampu sein, panel meter full digital, Smart Key System sampai Power Charger juga tersedia.

Semuanya itu masih ditambah dengan Adjustable Windscreen dengan dua tingkat setelan. Emergensy Stop Signal (ESS) khusus varian ABS juga disematkan sebagai fitur keselamatan. Bagasi 28 liter, rem cakram wavy dan suspensi belakang model tabung.

Baca juga : Honda ADV 150 2021, Si Skutik Maskulin Yang Siap Diajak Berpetualang

Panel meter digital berisi informasi lengkap.

Jika dibandingkan dengan Honda PCX 160, Honda ADV 150 ini akan lebih mumpuni untuk penggunaan jarak jauh dan dipakai menjelajah jalan off road ringan. Hal ini didukung suspensi dengan jarak main panjang dan ban dual purpose.

2. Mesin Irit

Untuk yang suka motor dengan efisiensi bahan bakar tinggi, Honda ADV 150 2021 juga bisa jadi andalan. Meski kapasitas mesinnya cukup besar mencapai 150 cc, skutik satu ini memang dikenal irit.

Dari hasil pengetesan untuk penggunaan harian dalam kota dan luar kota, bisa mencapai 40 sampai 48 km/liter. Tentu saja efisiensi bahan bakar bergantung pada karakter pengendara.

Baca juga : Tampil Gagah dan Tangguh, Apakah Honda ADV 150 2021 Cocok Untuk Anda?

Mesin Honda ADV 150 2021 dikenal irit.

Jika berkaca pada Honda Vario 150 yang menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda ADV 150, maka bisa mencapai 46,9 km/liter. Hasil itu diuji dengan metode ECE R40 Euro3 dan fitur ISS aktif dan dilakukan oleh pabrikan.

Cukup impresif bukan?

3. Performa Cukup Memuaskan

Mengingat bobotnya yang bisa mencapai 133 kg untuk varian ABS, performa yang dimiliki Honda ADV 150 2021 ini cukup memuaskan. Memang jangan berharap banyak akan topspeed tinggi, atau akselerasi yang membuatnya melesat cepat.

Dengan karakter mesin square (ukuran diameter piston dan langkah piston sama), mesinnya memiliki performa yang linear. Meski akan terasa lebih kuat pada putaran rendah sampai tengah, sesuai dengan konsep dari motor itu sendiri.

Untuk penggunaan dalam dan luar kota, mesinnya cukup memuaskan.

Karakter mesin ini untuk penggunaan dalam kota akan sangat menyenangkan dengan kondisi lalu lintas stop and go. Meski begitu, untuk cruising di jalan kosong tak perlu effort berlebih dan mesin akan bekerja para putaran maksimal.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Honda ADV 150 2021, Skutik Dua Alam Yang Semakin Digemari

Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin cairan dan sudah injeksi bahan bakar PGM-FI. Output mesinnya mencapai 14,5 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi tertinggi hingga 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

Posisi berkendaranya menawarkan pengendalian yang menyenangkan.

4. Pengendalian Mantap

Dengan konsep motor petualang, Honda membuat motor ini memiliki pengendalian yang mantap dan memudahkan, bahkan kala dipaksa melibas jalan off road ringan. Bisa dilihat dengan penggunaan setang Tapered Handle Bar yang lebar.

Dengan setang lebar, pengendara akan lebih mudah mengendalikan motor dan juga lebih stabil. Setang jenis ini juga digunakan untuk beberapa motor adventure Honda seperti Honda CB500X dan Honda X-ADV.

Setang Tapered Handle Bar.

 Paduan posisi duduk dan pijakan kaki juga semakin memanjakan pengendaranya. Kala butuh berkendara sigap, kaki bisa diletakkan pada dek yang rata, dan jika ingin berkendara santai, kaki bisa selonjoran.

5. Kaki-Kaki Tangguh

Konsep motor bergaya penjelajah juga terlihat pada komponen kaki-kaki yang memberi kesan tangguh. Suspensi depan dan belakang, memiliki jarak main yang panjang untuk bisa membantu meredam guncangan tanpa gejala bottoming.

Baca juga : Tampil Ala Motor Penjelajah, Honda ADV 150 Punya Banyak Teknologi Canggih

Suspensi depan memiliki jarak main 130 mm, sedangkan suspensi belakang ganda dengan tabung dari Showa punya travel 120 mm. Peleknya sendiri belang, depan 14 inci dan belakang 13 inci dibungkus ban dual purpose.

Kaki Honda ADV 150 2021 tangguh dengan karakter empuk.

Pengereman sudah cakram ganda dengan bentuk cakram bergelombang, rem depan andalkan cakram berdiameter 240 mm dan cakram belakang 220 mm. Sistem pengereman ada yang ABS Single Channel dan CBS.

Kesimpulan

Jika ingin memiliki skutik 150 cc premium yang berbeda, Honda ADV 150 2021 pilihannya. Desain ala motor penjelajah, fitur yang lengkap dan kaki-kaki tangguh, cocok untuk mereka yang suka menjelajah wilayah-wilayah baru.

Konsumsi bahan bakar yang irit dan tangki besar, membuatnya tak perlu sering mampir SPBU. Hanya saja, harga jualnya yang relatif tinggi menjadi kendala bagi sebagian orang, dan akhirnya mereka cenderung melirik skutik premium lain seperti Honda PCX 160.

Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?

Honda ADV 150 2021 ada varian CBS dan ABS.
Spesifikasi Honda ADV 150 2021
Dimensi
P x L x T 1.950 x 763 x 1.153 mm
Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah 165 mm
Tinggi Jok 795 mm
Kapasitas Tangki 8 liter
Berat Isi 132 kg (CBS) 133 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 150 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 10,8 : 1
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Transmisi Otomatis CVT
Tenaga Maksimal 14,5 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
   
Harga Rp 34,742 juta (CBS)
  Rp 37,805 juta (ABS)
*harga on the road Jakarta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat