PT Maxindo Moto Nusantara selaku APM BMW Motorrad di Indonesia, hari ini (24/3/2021) resmi merilis produk barunya yakni BMW R18 Classic. Motor ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, mencapai Rp 1,069 milyar off the road.
Motor berjenis cruiser ini dihadirkan untuk memuaskan konsumen pecinta motor besar bergaya klasik. Model ini disiapkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dari model BMW R18 First Edition yang telah dirilis tahun lalu.
"BMW R18 Classic terlihat lebih besar dari R18 First Edition, kesan moge nya bener bener dapat. Saya rasa bagi yang menginginkan citarasa nyaman, safety, style jadul, tetapi dengan teknologi yang tinggi, ini pilihan tiada duanya. Truly an icon to own,” kata Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia.
Baca juga : Rombongan BMW GS Series Edisi 40 Tahun Datang ke Indonesia, Harga Mulai Setengah Miliar
Jika BMW R18 First Edition tampil polos sebagai motor cruiser. Pada BMW R18 Classic jelas nampak berbeda, lebih mewah dan kesan klasiknya lebih kuat. Ini lantaran beragam aksesoris yang sudah menjadi kelengkapan standarnya.
Penyematan windscreen bening nan tinggi dipadu dudukan lapis krom, memberikan kesan mewah. Belum lagi tambahan sepasang lampu kabut yang juga bertumpu pada dudukan dengan lapisan mengkilap.
Bagian belakang nampak ringkas dan unik dengan lampu belakang dan sein yang menjadi satu. Nampak belakang semakin istimewa berkat penyematan sepasang tas kulit pada setiap sisinya.
Jangan lupakan pula tangki hitam dengan garis putih yang menggambarkan bentuk tangki tear drop. Bongkahan mesin yang besar dengan penampilan klasik terlihat pas untuk motor ini.
Baca juga : BMW R18 Classic 2021 Mengaspal di Thailand, Indonesia Segera Menyusul Dengan Harga Rp 1 Milyar Lebih!
Ornamen krom pada motor ini memang sangat banyak untuk memberikan kesan klasik yang lebih kental. Hanya saja, penampilannya juga terlihat modern dengan penyematan lampu-lampu yang sudah LED seluruhnya.
Jika dilihat, kalian tak akan mudah menemukan letak suspensi belakang. Ini karena BMW meletakkan suspensi belakang secara horizontal di bawah tempat duduk.
Tujuannya tak lain agar seolah-olah motor ini menggunakan sasis rigid. Pada bagian rangka dan lengan ayun dibuat seolah-seolah menyatu. Rangka rigid memang identik dengan motor cruiser klasik, namun demi kenyamanan BMW mengakali dengan trik tersebut.
Baca juga : Jangan Penasaran, Semua Hal Terkait BMW R18 First Edition 2021 Ada Disini
Penyematan pelek tipe jari-jari dengan ukuran tromol besar terlihat jadul. Padahal banyak unsur modern di sini, seperti penggunaan rem cakram ganda di depan dan cakram tunggal di belakang. Serta sudah didukung teknologi ABS (Anti-lock Braking System).
Dengan inspirasi yang datang dari BMW R5 yang beredar medio 1930-an, mesin BMW R18 Classic 2021 juga menggunakan tipe boxer atau disebut juga dengan flat twin. Mesin ini mengandalkan pendingin udara.
Mesin modern ini memberikan kesan klasik yang kuat dengan ukuran crankcase yang besar dan tinggi. Jantung mekanis ini sendiri berkubikasi 1.802 cc dengan andalkan piston 107,1 mm dan langkah piston 100 mm.
Meski sudah DOHC untuk mengatur buka tutup klep, namun penggeraknya masih mengandalkan push rod. Namun push rod-nya sendiri dibuat dari bahan yang kuat yakni titanium.
Baca juga : BMW R18 First Edition 2021, Warisan Motor Klasik Seharga Rp 900 Jutaan Hadir di Indonesia
Lantaran konsepnya sebagai sebuah motor cruiser, output yang dihasilkan tak perlu besar. Pun begitu dengan putaran mesinnya yang relatif rendah namun sudah cukup kuat untuk menggerakkan motor dan membuatnya melesat.
Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 92,2 PS pada putaran mesin 4.750 rpm saja. Lantas torsi puncak sebesar 158 Nm bisa dengan mudah diraih kala mesin berkitir pada 3.000 rpm.
Kecepatan maksimal yang bisa diraih BMW R18 Classic mencapai 180 km/jam. Penyaluran tenaga menuju roda belakang dikonversi oleh transmisi manual enam percepatan, yang disalurkan melalui drive shaft yang sengaja dibuat terbuka.
Jika BMW R18 First Edition dijual dengan harga Rp 969 juta, maka BMW R18 Classic dijual Rp 100 juta lebih mahal. Tepatnya Rp 1,069 milyar. Harga tersebut off the road Jakarta.
Lantas berapa harga on the road-nya? Tambahkan saja 15% dari harga off the road tadi. Maka harga on the road akan berada diangka Rp 1,229 milyar. Tertarik?
Baca juga : BMW Motorrad Rilis G 310 GS Generasi Terbaru, Fitur Tambah Banyak
Jika Anda adalah seorang pria mapan, dan ingin mengendarai motor bergaya klasik dengan santai, motor ini bisa jadi pilihannya. Image BMW sebagai sebuah brand premium akan menambah image prestige siapa pun yang mengendarainya.
Penampilan klasiknya dipadu dengan ragam teknologi modern, serta memiliki dapur pacu dengan torsi besar. BMW R18 Classic 2021 ini dijamin akan memuaskan hasrat berkendara pria mapan seperti Anda.
Data Spesifikasi BMW R18 Classic | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.440 x 964 x 1.397 mm | |
Sumbu Roda | 1.731 mm | |
Tinggi Jok | 710 mm | |
Kapasitas Tangki | 16 liter | |
Berat Motor | 365 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, boxer, DOHC 8 katup, pendingin udara | |
Kapasitas | 1.802 cc | |
Diameter x Langkah | 107,1 x 100 mm | |
Rasio Kompresi | 9,6 : 1 | |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 92,2 PS @ 4.750 rpm | |
Torsi Maksimal | 158 Nm @ 3.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Double cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Swinging fork, central shock | |
Ban Depan | 130/90-16 | |
Ban Belakang | 180/65-16 | |
Rem Depan | Cakram ganda, ABS | |
Rem Belakang | Cakram tunggal, ABS |