Terbukti, Beli Helm Palsu lebih Banyak Rugi daripada Untungnya!

Salah satu syarat wajib mengendarai sepeda motor adalah dengan memakai helm. Bukan sebatas aturan. Penggunaannya juga bertujuan untuk melindungi kepala, andaikata mengalami benturan saat kecelakaan terjadi. Namun, jangan harap keuntungan tersebut didapat ketika membeli helm palsu. 

Hal ini bukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Fenomena pemalsuan helm nyatanya dialami pihak Cargloss Helmet belum lama ini. "Di after market ternyata ada helm Cargloss tiruan. Kami mendapatkan informasi dari toko-toko dan juga e-commerce. Memang pandemi ini membuat negara kita terdampak. Tapi, kami miris karena masih banyak pelaku industri yang tidak bertanggung jawab," kata Endin Nasrudin, General Manager Cargloss Helmet. 

Helm Cargloss yang pecah setelah menjalani pengujian.

Saat kami ketahui, produk yang dicontek, Cargloss Retro itu bukanlah helm mahal. Harganya tak sampai Rp250 ribu. "Tapi, mereka menjualnya dengan harga Rp100 ribuan saja. Bayangkan, keselamatan kepala kita hanya dihargai segitu. Dan, bukan cuma satu. Tapi, ada tiga produsen berbeda yang memproduksi helm kami ini," sahutnya saat bincang via daring (7/4). 

Ciri-ciri Helm Cargloss Palsu

Endin menerangkan, sekilas tampak tak ada perbedaan antara helm asli maupun palsu. Kala ditelisik lebih dekat, terungkaplah poin-poin minus dari helm tiruan tersebut. Dikatakannya, logo SNI tidak bisa lagi dijadikan patokan. Toh, pengaplikasiannya bisa dilakukan pihak pemalsu yang notabene berstatus home industry.

Baca juga: Pertamina Naikkan Harga BBM, Berlaku April Ini Loh!

Stiker pada helm Cargloss asli dilapisi clear coat.

"Saat kami menelusurinya lebih lanjut, logo yang dipakai hanya berupa stiker saja. Jadi mudah terlepas. Kalau helm Cargloss asli, stikernya dilapis lagi dengan clear coat. Kemudian, di bagian dalam helm juga ada label pembuat (produsen). Sementara untuk yang palsu itu tidak ada satu pun yang mencantumkannya," terang Endin lagi. 

Bukan cuma tak awas dengan detail-detail kecil. Helm palsu itupun pasti tidak memiliki standardisasi yang baik. Ya, sebagaimana tahapan pihak cargloss dalam merancang setiap helm buatannya. 

Bagian dalam helm pabrikan selalu dilengkapi dengan label produsen.

"Cargloss Helmet yang sudah berkecimpung dalam bisnis produksi dan penjualan helm sejak 2002 sangat menaruh perhatian besar pada faktor keselamatan para pengendara sepeda motor. Kami sadar betul bahwa keselamatan konsumen di atas segalanya," tutur Endin. 

Dia menerangkan, seluruh spesifikasi teknis helm Cargloss sudah sesuai dengan SNI 1811:2007. Tak cuma itu, selaku pabrikan Cargloss jua memiliki lab pengujian helm. Selain SNI, fasilitas yang dinamai Cargloss Helmet quality Assurance ini sudah memenuhi regulasi JIS 8133:2007 dan ECE:2002. 

Baca juga: Perpanjang SIM Onli Segera Berlaku, Bisa Nunggu sambil Rebahan di Rumah!

Cargloss memiliki alat uji untuk memastikan kualitas dan keamanan produknya sebelum dilepas ke konsumen.

Lebih detail, Endin menerangkan, pihaknya punya lima alat uji untuk memastikan tingkat keselamatan helm Cargloss sudah sesuai standar - sebelum didistribusi ke pasar.

1. Tracking Point

Alat ini berfungsi untuk menentukan titik pengujian pada helm. Setiap satu helm memiliki 4 titik pengujian. Meliputi bagian atas, samping kanan dan kiri serta area belakang helm. 

2. G-Shock Test

Berfungsi untuk menguji ketahanan helm terhadap benturan benda tumpul atau bidang datar. Nilai hasil pengujian tidak boleh lebih dari 300G.

"Jika di atas itu, diasumsikan benturan akan mengalir ke kepala dan bisa menyebabkan gegar otak. Saat kami melakukannya pada helm palsu ini, angkanya di atas 600G. Tapi, untuk helm Cargloss jumlahnya hanya 150G saja. Artinya, getaran hanya terjadi di sekitaran helm saja," lanjut Endin. 

Saat diuji langsung, helm Cargloss palsu gagal melewati tahapan tes ini.

3. Penetrasi Test

Fungsi alat ini adalah untuk menguji ketahanan helm terhadap benturan benda tajam. Jika alarm alat uji tidak berbunyi, maka hasil pengujian di nyatakan "ok" atau baik. Sebaliknya, di helm KW tadi terdengar bunyi yang sangat nyaring dari alarm. 

4. Chinstrap Test

Pengujian pada alat ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan dari tali pengikat yang ada di dagu. "Cara mengujinya adalah dengan menempelkannya pada beban 10 kg dan ketinggian 75 cm. Nah, tali ini tidak boleh mengalami perpanjangan lebih dari 3,2 cm (32 mm). Helm Cargloss asli hanya mengalami perpanjangan 1,1 cm saja," ujar Endin.

5. Roll of Test

Pengujian pada tahap ini adalah untuk mengukur efektivitas si tali pengaman tadi. Hasilnya dinyatakan ok apabila helm tidak terlepas dari alat uji. "Tapi di helm Cargloss KW , talinya bahkan sampai terlepas," seru Endin lagi. 

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

Selain mencoba, cek juga kualitas batok dan sterofoam sebelum memutuskan membeli helm.

Ciri Lain Helm Asli Berkualitas

Jelas sangat berbahaya karena faktanya helm-helm palsu itu tak ada satu pun yang lolos pengujian. Lantas ada cara lain untuk mengetahui helm asli yang berkualitas? 

Endin menjelaskan, helm bagus itu merupakan paket. Bisa dilihat juga dari shell atau batok helmnya. "Lalu, periksa sterofoam yang bertugas untuk menahan getaran ketika ada benturan. Kalau sterofoam-nya empuk dan tipis, sebaiknya jangan dipilih. Kemudian, jangan tertipu dan tergoda dengan harga murah. Bisa jadi kualitasnya juga murahan dan kenyataannya tidak bisa menunjang keselamatan berkendara," pungkas Endin.  

Kesimpulan

Anda yang memerhatikan keselamatan, tentu tidak akan sembarangan memilih sebuah helm. Ingat, murahnya harga tidak menjamin kualitas serta fungsinya mengamankan kepala. Tak mesti juga meminang helm mahal. Dengan catatan, membeli dari brand pabrikan yang sudah terjamin pengujiannya.  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat