Kawasaki Ninja 250SL Tunggu Kedatangan Suzuki Gixxer SF 250, Siapa paling Tangguh?

Terkuaknya pendaftaran atas nama Suzuki Gixxer 250 SF di Permendagri, menyiratkan bahwa motor ini bakal hadir di Indonesia. Meski begitu, belum diketahui kapan pengenalannya secara resmi direaliasikan Suzuki Indonesia. Kendati begitu, lawan ideal yakni Kawasaki Ninja 250SL sudah siap menantikan kedatangannya. 

Meski mengusung mesin 250cc, Faktanya Suzuki Gixxer 250 SF masih memakai konfigurasi satu silinder. Tentu tak layak untuk menarungkannya dengan Honda CBR250RR, Yamaha R25 apalagi Kawasaki Ninja ZX-25R. Satu-satunya pesaing paling pas ditemui pada Kawasaki Ninja 250SL. Simak komparasi Suzuki Gixxer 250 SF vs Kawasaki Ninja 250SL berikut ini. 

Kawasaki Ninja 250SL menjadi lawan ideal Suzuki Gixxer SF 250 2021.

Desain Sama-sama Atletis

Perihal ini tentu sangat subyektif. Persamaannya, kedua produk menawarkan suguhan desain yang kompak lantaran minim guratan tajam. Meski begitu, Kawasaki Ninja 250SL maupun Suzuki Gixxer 250 SF tetap terlihat atletis. 

Termasuk pula mengenai usungan lampu depan tunggal. Akan tetapi, penerangan utama milik Gixxer 250 SF jauh lebih modern. Bukan saja soal jenis lampu yang dipakai. Pola kepunyaannya pun menarik lantaran terdiri dari tujuh unit LED. Sementara Ninja 250SL, masih menggunakan lampu bohlam saja. 

Penerangan utama Suzuki Gixxer SF 250 sudah full LED.

Baca juga: Harga Suzuki Gixxer SF 250 2021 Rp Rp 59 Jutaan di Thailand, Indonesia Jadi Target Selanjutnya!

Kesamaan terletak di mana pemilihan lampu sein keduanya sama-sama belum LED. Lantas ke bagian buritan. Baik Ninja 250SL atau Gixxer 250 SF punya seat rail menjulang. Wajar jika jarak antara bodi dan roda tampak jenjang. 

Bedanya, wheel hugger kepunyaan Ninja 250SL jauh lebih sporty karena terletak di sisi terdalam. Sementara milik Gixxer 250 SF berada di bagian terluar. Di negara asal pembuatannya (India), item ini dikenal sebagai sari guard. Terapan ini sepertinya kurang diminati oleh pasar Indonesia.   

Sari guard ini sepertinya kurang diminati konsumen di Indonesia.

Namun, desain knalpot dari Suzuki Gixxer 250 SF sangat menarik. Saluran buang miliknya memiliki dua lubang. Sebaliknya, desain knalpot Ninja 250SL punya tampak kurang kekinian. Maklum, memang belum ada lagi penyegaran berarti dilakukan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). 

Dimensi Kawasaki Ninja 250SL lebih Ringkas

Seperti kami sebutkan tadi, keduanya punya postur yang terbilang ringkas. Untuk pembanding, Kawasaki Ninja 250SL 2021 punya dimensi 1.935 mm x 685 mm x 1.075 mm (P x L x T). Sementara Suzuki Gixxer 250 SF 2021 memiliki total ukuran 2.010 x 740 x 1.035 mm. 

Dimensi ringkas dan bobot lebih ringan menguntungkan Kawasaki Ninja 250SL untuk penggunaan di perkotaan.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja 250SL Anjlok, Lebih Murah dari Honda CBR150R!

Penyetelan jarak terendah ke tanah dari dua motor satu silinder ini pun rupanya serupa (165 mm). Hanya saja, Suzuki Gixxer 250 SF punya penghitungan jok lebih tinggi (800 mm) dibanding Suzuki Ninja 250SL yang terhitung 780 mm. 

Posisi Berkendara Suzuki Gixxer SF 250 Nyaman dengan Setang Tinggi

Walau lebih tinggi, pemilik tak perlu khawatir pegal saat mengendarai Suzuki Gixxer 250 SF 2021. Tentu saja berkat pengaplikasian setang upperyoke-nya. Pengendara lebih nyaman karena posisi kemudi menjepit bagian teratas segitiga atas. Mendukung untuk penggunaan jarak jauh. Sementara setang clip on dari Kawasaki Ninja 250SL justru menjepit di bawah segitiga atas (underyoke).

Dengan setang upperyoke, pengendara tak perlu menunduk ketika mengendarai Suzuki Gixxer SF 250.

Baca juga: Menakar Rivalitas Suzuki Gixxer SF 250, Menggoda buat Pasar Indonesia?

Meski begitu, toleransi bobot lebih ringan didapat pemilih Kawasaki Ninja 250SL. Di atas kertas, berat tubuhnya hanya 151 kg. Sebaliknya, timbangan pada Suzuki Gixxer 250 SF lebih berat 10 kg atau 161 kg. Penghitungan demikian tentu membuat Ninja 250 satu silinder lebih lincah kala berakselerasi di rute perkotaan. 

Performa Kawasaki Ninja 250SL lebih Baik dari Suzuki Gixxer SF 250

Ditambah lagi performa yang nyatanya lebih baik. Berkat mesin DOHC 249 cc, Ninja 250 SL sanggup menorehkan daya 28 PS @9.700 rpm. Sementara torsi maksimal yang dicatatnya adalah 22,6 Nm di putaran 8.200 rpm. 

Jantung mekanis Kawasaki Ninja 250SL punya output lebih baik dari Suzuki Gixxer SF 250.

Mesin berbeda digunakan Suzuki Gixxer 250 SF. Jantung mekanis kuda besi berlambang 'S' menggunakan jenis SOHC berkapasitas 249 cc. Catatan ouput darinya 26,5 PS di 9.300 rpm dan 22,2 Nm pada putaran 7.300 rpm. 

Meski terdapat selisih, kedua mesin sama-sama punya rancangan overbore - ditujukan untuk mengail output lebih besar di putaran mesin tinggi. Selain itu, keseluruhan translasi daya dan torsi tersalur roda belakang melalui transmisi enam percepatan. 

Panel meter digital Suzuki Gixxer SF 250 lebih kekinian.

Baca juga: Belum Lama Rilis, Honda CBR600RR 2021 Terpaksa di Recall

Suzuki Gixxer SF 250 Dilengkapi Sistem Pengereman ABS 

Soal fitur, Kawasaki Ninja 250SL sebetulnya tidak kalah modern. Tengok saja bagian panel meter yang sudah sepenuhnya digital. Bentuknya pun cukup luas untuk menampilkan informasi semacam takometer maupun spidometer. Namun, penyajian kokpit Suzuki Gixxer 250 SF pastilah lebih kekinian. 

Satu yang membuat Gixxer 250 SF unggul adalah ketersediaan sistem pengereman ABS di roda depan dan belakang. Sementara dari sisi rival, pengereman bersensor itu tak diaplikasi pihak pabrikan. Namun, janga harapkan juga tersedia quick shifter maupun assist and slipper clutch dari kedua produk. Perangkat dukungan tersebut absen pada Suzuki Gixxer 250 SF dan Kawasaki Ninja 250SL. 

Sistem pengereman ABS teraplikasi di kedua roda Suzuki Gixxer SF 250.

Kesimpulan

Munculnya nilai NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Suzuki Gixxer 250 SF 2021, bisa jadi sinyal atas kehadirannya di Tanah Air. Namun, dirinya punya lawan tarung selevel untuk kategori motor sport 250 cc satu silinder. 

Dari perbandingan di atas pun terlihat, racikan geng hijau bernama Kawasaki Ninja 250SL punya modal memadai untuk diadu dengan Suzuki Gixxer 250 SF. Terlihat pula, performa dari motor Kawasaki sedikit lebih baik. Meski begitu, tak dipungkiri pula Gixxer 250 SF disemati perlengkapan yang tak dimiliki sang rival. 

Pada akhirnya, harga lah yang menjadi konklusi terhadap pemilihan keduanya. Penetapan harga Suzuki Gixxer 250 SF 2021 mestinya tak kalah menarik dari Kawasaki Ninja 250SL?   Untuk diketahui, saat ini Kawasaki Ninja 250SL dijual dengan banderol mulai Rp40,6 juta. Namun, ada promo khusus di mana pemegang merek memberikan harga khusus yaitu Rp29,9 juta (off the road) untuk varian berwarna hitam. Jadi, berapa harga ideal untuk Suzuki Gixxer 250 SF?

Perbandingan Spesifikasi
  Suzuki Gixxer SF 250 2021 Kawasaki Ninja 250SL 2021
Mesin 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS DOHC, 4 katup, pendingin cairan, 4-tak satu silinder
Kapasitas 249 cc 249 cc
Bore x stroke 76 x 54,9 mm  72.0 x 61.2 mm
Suplai bahan bakar Injeksi Injeksi
Transmisi 6-percepatan 6-percepatan
Tenaga maksimal 26,5 PS @ 9.300 rpm 28 PS @9.700 rpm
Torsi maksimal 22,2 Nm @ 7.300 rpm 22,6 Nm @8.200 rpm
P x L x T 2.010 x 740 x 1.035 mm 1.935 x 685 x 1.075 mm
Sumbu Roda 1.345 mm 1.330 mm
Tinggi Jok 800 mm 780 mm
Jarak Terendah 165 mm 165 mm
Berat 161 kg 151 kg
Kapasitas tangki bensin 12 liter 11 liter
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Monoshock Monoshock
Rem Depan Cakram/ABS  Cakram
Rem Belakang Cakram/ABS Cakram
Ban Depan 110/70-17 100/80-17
Ben Belakang 150/60-17 130/70-17

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250SL
Lihat