Honda Rebel menjadi salah satu penghias booth PT Astra Honda Motor (AHM) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Bukan semata pajangan, keberadaan sang low rider juga menarik lantaran warna baru yang disematkan padanya kali ini.
Seperti penyajian di booth mereka di Hall C1 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Honda Rebel hadir dengan warna baru yaitu Matte Pearl Summit White. Kelir itu pun dilaburkan pada bagian tangki bensin serta sepatbor belakang. Sementara bagian lain, tetap dipoles legam.
Warna baru Honda Rebel ini pun sekaligus melengkapi opsi Matte Axis Gray Metallic dan Pearl Spencer Blue. Dengan begitu, ada tiga varian warna Honda Rebel yang ditawarkan kepada motoris Tanah Air.
Memang tidak ada perubahan apa-apa. Dari sisi tampilan, kesederhanaan menjadi hal utama yang disuguhkannya. Toh, PT AHM mengaklaim desain Honda Rebel tak lekang oleh waktu. Kendati begitu, modernitas tetap diberikan sebagai nilai tambah. Sebut saja penggunaan lampu jenis LED untuk penerangan depan, belakang maupun sein. Lalu, panel meter digital dengan LCD negative dan backlight biru.
Baca juga: Honda Rebel, Moge Populer PT AHM di Indonesia
Honda Rebel dibekali mesin 471 cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder. Ya, jantung mekanis kepunyaan Honda CBR500R. Meski begitu, terdapat perubahan demi diferensiasi karakter. Jika pada CBR500R identik dengan daya besar, Honda Rebel justru menawarkan torsi nan membuncah.
Di atas kertas, mesin Honda Rebel 2021 mampu menorehkan tenaga 45,5 PS @8.500 rpm. Sementara torsi tercatat adalah 43,6 Nm di putaran 5.500 rpm. Keseluruhan output tersalur ke roda belakang via transmisi 6 percepatan. Translasi daya dan momen puntir darinya pun makin mudah, berkat penyematan assist & slipper clutch.
Torehan tersebut pun nyatanya tak lepas dari optimasi pada jeroan mesin. Selain racikan bore x stroke: 67 x 66,8 mm dan rasio kompresi 10,7:1, bagian dalam kepala silinder Honda Rebel menggunakan roller rocker arm. Hal yang tak kalah penting adalah penyetelan diameter katup inlet 26,0 mm dan diameter katup buang 21,5 mm.
Penyetelan katup jenis shim jua dipilih untuk mendapatkan bobot yang ringan. Pasalnya, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas kerja mesin Honda Rebel. Termasuk pula meminimalisir gesekan antar komponen. Salah satu contohnya bisa ditemui pada cam chain yang sudah dilengkapi pin berlapis vanadium.
Baca juga: Sebelum Beli Honda Rebel, Ketahui Harga dan Biaya Servisnya
Sebagai pembungkus, Honda Rebel nyatanya memiliki impresi berkendara yang menyenangkan. Identitas sebuah low rider dituangkannya melalui penyetelan jok rendah (690 mm) dan fork depan offset (30 derajat). Dimensi Honda Rebel pun terbilang ramping untuk sebuah moge. Kemudahan mengendarainya pun ditunjang dengan model setang yang lebar.
Poin-poin inilah yang rasanya membuat Honda Rebel termasuk salah satu moge Honda terfavorit. Sebagaimana dikatakan Thomas Wijaya, Direktur Marketing PT AHM. Honda Rebel menjadi Big Bike Honda terlaris di Tanah Air sejak diluncurkan pada 2017.
Baca juga: Belasan Motor Honda Mejeng di IIMS Hybrid 2021
"Honda Rebel telah menjadi bagian dari identitas pengendaranya. Kami berharap perubahan ini semakin menguatkan karakter dan kebanggaan pengendaranya, yang akan selalu kami temani dengan pelayanan terbaik melalui layanan khusus di Big Wing Honda," ujar Thomas.
Honda Rebel hadir dengan 3 warna pilihan yakni Matte Axis Gray Metallic, Matte Pearl Summit White dan Pearl Spencer Blue. PT AHM melalui 11 jaringan Big Wing di Indonesia. Anda yang masih penasaran bisa melihatnya langsung di IIMS Hybrid yang berlangsung pada 15 April – 25 April 2021. Anehnya, PT AHM justru menetapkan rentang harga pada produk satu ini.
Dari keterangan rilis ditulisnya, harga Honda Rebel dipatok mulai dari Rp191.960.000. Namun, di situ jua tertera nominal Rp196.960.000. Padahal, penetapan Honda Rebel berdasarkan situs resmi pabrikan berlaku satu harga.
Spesifikasi Honda Rebel 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
P x L x T | 2.205 x 820 x 1.090 mm | ||
Sumbu Roda | 1.490 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 690 mm | ||
Jarak Terendah | 125 mm | ||
Kapasitas Tangki | 11,2 liter | ||
Berat Isi | 191 kg | ||
MESIN | |||
Tipe | 4-Stroke, DOHC Parallel Twin Cylinder | ||
Kapasitas Mesin | 471,03 cc | ||
Diameter x Langkah | 67 x 66.8 mm | ||
Rasio Kompresi | 10.7 : 1 | ||
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | ||
Tenaga Maksimum | 45,5 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimum | 43,6 Nm @5.500 rpm | ||
RANGKA & KAKI-KAKI | |||
Tipe Rangka | Diamond, Steel | ||
Suspensi Depan | Teleskopic 41 mm Showa | ||
Suspensi Belakang | Showa, Adjustable Twin Rear Suspension | ||
Rem Depan | Disc brake 296 mm | ||
Rem Belakang | Disc brake 240 mm | ||
Sistem Pengereman | ABS 2 channel | ||
Ban Depan | 130/90-16M/C (67H) | ||
Ban Belakang | 150/80-17M/C (71H) |