PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan opsi baru terhadap Honda Vario 125 2021. Salah satu skutik terlarisnya itu kini ketambahan warna anyar yakni Advance Matte Blue. Penyajian yang menarik, meski dibanderol paling mahal. Walau begitu, kemudahan dalam memilikinya tetap dapat dilakukan dengan cara kredit.
Untuk diketahui, pada pengenalannya pekan lalu, PT AHM mematok harga Honda Vario 125 CBS ISS ini sebesar Rp22,060 juta. Tentu menjadi berbeda pasca terdistribusi ke jaringan penjualan. Sebagai contoh penetapan harga jualnya di Honda Cengkareng berikut.
Baca juga : Tips Mudah Ganti Ukuran Ban Honda Vario 125 dan Vario 150 2021 Tanpa Ubah Pelek
Diler yang berada di bawah naungan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menetapkan harga Honda Vario 125 tertinggi itu di angka Rp22,072 juta (on the road Jakarta dan Tangerang). Untuk pembelian warna spesial Honda Vario 125 ini, uang muka ditetapkan sebesar Rp2,350 juta. Dari situ, Anda bisa memilih skema kredit mulai dari 11, 17, 23, 27, 29, 33 dan 35 bulan.
Baca juga: Punya Desain Sama, Baiknya Pilih Honda Vario 125 2021 Atau Honda Vario 150 2021?
Jikapun ingin angsuran Vario 125 CBS ISS termurah, terdapat pada pilihan paling lama. Dengan skema ini, cicilan per bulan Anda hanya Rp900 ribuan saja. Walau begitu, ada baiknya tilik jua penawaran lain. Sebut saja kredit Vario 125 pada tenor 27 atau 29 bulan. Toh, pada keduanya setoran wajib Anda masih di kisaran Rp1,1 jutaan.
Tentu ada keuntungan lain, andaikata memberikan down payment (DP) maksimal. Dari skema dengan penyerahan uang pangkal sebesar Rp4,950 juta, Anda dapat menyerahkan angsuran Rp800 ribuan saja saat mengambil tenor terlama. Saran kami, coba juga pantau angsuran untuk durasi 27 dan 29 bulan. Cicilan kedunya masih Rp900 ribuan. Bisa juga tilik kredit selama 23 bulan. Pasalnya, cicilan Honda Vario 125 warna Advance Matte Blue ini masih Rp1,095 juta.
Baca juga: Diskon Honda Vario 125 Tembus Rp1,5 Juta, Apa Untungnya Beli Skutik Ini?
Uang Muka (DP) | 11 Bulan | 17 Bulan | 23 Bulan | 27 Bulan | 29 Bulan | 33 Bulan | 35 Bulan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2.350.000 | 2.207 | 1.561 | 1.264 | 1.141 | 1.103 | 1.028 | 994 |
2.550.000 | 2.186 | 1.546 | 1.252 | 1.131 | 1.093 | 1.019 | 984 |
2.750.000 | 2.164 | 1.531 | 1.239 | 1.120 | 1.082 | 1.009 | 975 |
2.950.000 | 2.143 | 1.516 | 1.227 | 1.109 | 1.072 | 999 | 966 |
3.150.000 | 2.100 | 1.486 | 1.203 | 1.088 | 1.051 | 980 | 947 |
3.350.000 | 2.079 | 1.471 | 1.191 | 1.077 | 1.041 | 971 | 938 |
3.550.000 | 2.057 | 1.456 | 1.179 | 1.066 | 1.030 | 961 | 929 |
3.750.000 | 2.036 | 1.441 | 1.167 | 1.055 | 1.020 | 951 | 919 |
3.950.000 | 2.014 | 1.426 | 1.155 | 1.045 | 1.010 | 942 | 910 |
4.150.000 | 1.993 | 1.411 | 1.143 | 1.034 | 999 | 932 | 901 |
4.350.000 | 1.971 | 1.396 | 1.131 | 1.023 | 989 | 923 | 892 |
4.550.000 | 1.950 | 1.381 | 1.119 | 1.012 | 978 | 913 | 882 |
4.750.000 | 1.929 | 1.366 | 1.107 | 1.001 | 968 | 903 | 873 |
4.950.000 | 1.907 | 1.351 | 1.095 | 991 | 958 | 894 | 864 |
Honda Vario 125 CBS ISS Advance Matte Blue menawarkan perbedaan dibanding varian lain. Kelir bodi berwarna dasar birunya tersebut, dibuat dinamis dengan padu padan decal silver-gold. Lantas diperkaya lagi oleh laburan kelir emas pada pelek. Finalisasi demikian lah yang membuatnya menjadi pilihan paling eksklusif.
Ihwal transportasi yang akomodatif pun tetap diamini Honda Vario 125. Ruang penyimpanan di bawah joknya berkapasitas 18 liter. Memang tak lebih besar daripada Yamaha Freego dengan volume total 25 liter. Tapi, bagasi tersebut rasanya cukup ideal untuk menaruh jas hujan, tas ukuran kecil atau helm half face sekalipun.
Baca juga: Ini 7 Cara Mudah Dongkrak Performa Honda Vario 125 2021
Tangki bahan bakarnya sendiri sanggup memuat 5,5 liter bensin. Pembeli Honda Vario 125, khususnya tipe CBS ISS juga diuntungkan adanya Idling stop system (ISS). Berkat fitur penyala-mati mesin otomatis inilah dia sanggup mencatat konsumsi BBM sebesar 51,7 km/liter (metode ECE R40). Paling irit di kelasnya.
Padahal, skutik ini punya output yang terbilang besar. Mesin SOHC satu silinder berkapasitas 124,8 cc miliknya mampu menghasilkan tenaga 11,1 PS @8.500 rpm. Sementara mengenai torsi, tercatat sebesar 10,8 Nm di 5.000 rpm. Capaian ini mampu ditorehkannya lantaran juga memiliki bobot yang tergolong enteng, 111 kg saja.
Berat tubuh ringan tadi pun nyatanya mendukung pengendaliannya di perkotaan. Postur Honda Vario 125 ramping, dengan dimensi 1.919 x 679 x 1.062 mm (P x L x T). Demikian pula mengenai ketinggian jok dan ground clearance, masing-masing disetel 769 mm dan 132 mm. Padu padan inilah yang membuatnya optimal dikendarai. Sekalipun tengah berada di tengah kemacetan.
Impresi berkendaranya pun menyenangkan karena panel meter Honda Vario 125 sudah sepenuhnya digital. Sementara pada kunci berpengaman magnetnya, tersedia tombol pembuka jok. Ada pula remote dengan kelengkapan fitur answer back system dan anti theft alarm, walau hanya ada di tipe CBS ISS.
Baca juga: Meski Lebih Mahal dari Honda Vario 125 CBS, Ini Alasan untuk Membeli Honda Scoopy Tipe Teratas
Akan tetapi, seluruh varian sama-sama mengaplikasi sistem pengereman CBS (Combi Brake System). Termasuk pula sistem penerangan utama, belakang dan sein LED, side stand switch serta brake lock system yang jua menjadi perlengkapan standar Honda Vario 125.
Kesimpulan
Honda Vario 125 CBS ISS warna Advance Matte Blue sejatinya bukanlah penawaran yang benar-benar baru. Hanya saja, PT AHM memberikan sentuhan pada kelir birunya tersebut dengan decal dan warna pelek emas.
Wajar jika pihak pabrikan mematoknya paling mahal. Meski begitu, Anda tetap bisa membelinya secara kredit. Seperti kami sampaikan di atas, cicilan termurah bisa Anda dapat baik dari penyerahan DP terendah maupun paling tinggi. Namun, pertimbangkan juga tenornya untuk menimbang besaran bunga yang Anda berikan kepada pihak leasing.
Spesifikasi Honda Vario 125 2021 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
Dimensi (P x L x T) | 1919 x 679 x 1062 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 769 mm | |
Jarak sumbu Roda | 1.280 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 132 mm | |
Berat kosong | 111 kg | |
RANGKA | ||
Rangka | Underbone | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Swing Arm dengan suspensi Tunggal | |
Ukuran Ban depan | 80/90 – 14M/C 40P Tubeless | |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14M/C 46P Tubeless | |
Rem depan | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal | |
Rem belakang | Tromol | |
MESIN | ||
Tipe Mesin | 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Diameter x langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Tipe Tranmisi | Otomatic , V – Matic | |
Daya maksimum | 11,1 PS @8.500 rpm | |
Torsi maksimum | 10,8 Nm @ 5.000 rpm | |
Kopling | Automatic Centrifugal Clutch Dry Type | |
Starter | Elektrik | |
KAPASITAS | ||
Kapasitas tangki bahan bakar | 5.5 liter | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 0,8 liter pada penggantian periodik | |
KELISTRIKAN | ||
Tipe Baterai atau Aki | MF 12V-5 Ah | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe Busi | NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9 | |
Lampu Depan | LED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high) |