Honda CB150R Streetfire 2021 resmi meluncur hari ini (5/5). Saat pengenalannya via daring, kentara jelas sang naked bike 150 cc mengusung tampilan bak sebuah big bike. Suguhan paling mencolok tentu merujuk kepada pengaplikasian suspensi depan upside down (USD) berdiameter 37 mm.
Faktanya, hal tersebut hanya lah satu dari sederet pembaruan yang disajikannya kini. Lantas, apa saja kebaruan dari All New Honda CB150R Streetfire 2021? Berikut daftar perubahannya:
Seperti diterangkan pihak PT Astra Honda Motor (AHM), Honda CB150R Streetfire tampak lebih gagah dengan desain barunya. Bukan menyentuh bagian muka. Pasalnya, ubahan langsung menyentuh ke bagian tangki bensin. Cover pembungkus tampungan bahan bakarnya, kini punya bentuk baru sekaligus membesar.
Guna mengimbanginya, terdapat pula revisi desain pada bagian shroud. Khusus item satu ini, jelas tak bisa disamakan dengan Honda CB150R Streetfire lama. Bentuk 'pengawal' tangki bensin All New Honda CB150R Streetfire 2021 ikut membesar. Finalisasinya bahkan atraktif lantaran terdapat kisi-kisi angin di bagian dalam.
Baca juga: All New Honda CB150R Streetfire 2021 Resmi Dikenalkan, Harga Tembus Rp 30 Juta
Penyelarasan pun berlanjut ke area buritan, meski tak kepalang signifikan ketimbang fasadnya tadi. Teruntuk varian Honda CB150R Streetfire Special Edition, masih tetap dipasangi under cowl. Hanya saja bentuknya tak lagi sama seperti edisi spesial yang lama.
Kita tahu, roda depan generasi pendahulu CB150R Streetfire dikawal oleh fork teleskopik. Namun, penyajian demikian tak akan lagi ditemui pada All New Honda CB150R Streetfire 2021. Seperti pembahasan di awal, All New Honda CB150R Streetfire 2021 sudah mengaplikasi suspensi depan USD.
Tak sekadar asal pasang. Terapan fork berdiameter 37 mm ini, dijamin dapat mengoptimalkan pengendalian terhadap si kuda besi. Bukan cuma fungsional, sematan USD inilah yang membuatnya identik seperti big bike.
"Kami memutuskan untuk merombak desain All New CB150R Streetfire dan menyempurnakannya menjadi motor sport naked berpenampilan layaknya big bike, ditunjang dengan pengadopsian inverted front suspension. Saya harap, ketika Anda mengendarainya dan merasakan perubahan pada bagian kemudi anda dapat mengingat bahwa sepeda motor ini sangat menyenangkan," ujar Keiichi Yasuda, President Director PT AHM.
Baca juga: Bukan cuma Agresif, Ini Alasan Honda CB150R Streetfire tetap Diminati
Tampak tak ada yang baru pada kaki-kaki, terutama jika melihat pelek kepunyaan Honda CB150R Streetfire 2021 tipe dasar. Varian berwarna Macho Black dan Stinger Red sama-sama menggunakan kelir rumah roda berwarna hitam.
Sebaliknya, penampilan berbeda ditawarkan oleh Honda CB150R Streetfire Special Edition. Pada tipe ini sepasang peleknya disiram dengan warna burnt titanium. Bukan cuma itu, pihak produsen juga menyebut, bobot pelek baru Honda CB150R Streetfire juga diklaim lebih ringan dari sebelumnya.
Kelir burnt titanium pun terdapat pada bagian setang. Meski begitu, impresi berkendara berkat penggunaan USD tadi jua dimaksimalkan melalui tapered handlebar terbaru. Dengan kata lain, varian CB150R Streetfire tipa dasar dan spesial hanya dibedakan berdasarkan pewarnaan semata.
Baca juga: Daftar Peluncuran Motor Baru 2021, Honda Agresif di Awal Tahun!
Perubahan selanjutnya terjadi pada panel instrumen Honda CB150R Streetfire 2021. Informasi kendaraan miliknya jauh lebih jelas lantaran bentuk layar yang ikut membesar. Selain itu, tak ada lagi penyekat pada area tengah panel meter.
Skema penyajian informasi digitalnya pun baru. Dibanding takometer dan spidometer, indikator perpindahan gigi pada Honda CB150R Streetfire terbaru begitu mendominasi. Panampang berlatar negatif inipun makin lengkap dengan penambahan fitur semacam jam digital dan pengingat waktu servis.
Dengan pembaruan tersebut, wajar jika All New Honda CB150R Streetfire 2021 dibanderol lebih mahal dari CB150R Streetfire lama. Untuk tipe dasar, Honda CB150R Streetfire sekarang dijual Rp29,7 juta. Naik Rp1,340 juta dari tipe serupa yang dipasarkan Rp28,360 juta ( on the road Jakarta). Sementara harga Honda CB150R Streetfire Special Edition 2021 sudah mencapai Rp30,7 juta. Terdapat selisih Rp1,240 juta dibanding model pendahulu yang masih eksis.
Sebagaimana diterangkan di atas, ubahan tidak menyasar ke ranah teknis yakni jantung mekanis. PT AHM masih mempercayakan kinerja pemasok output All New Honda CB150R Streetfire dari mesin DOHC 4 katup berkapasitas 149,16 cc.
Baca juga: Satu-satunya Pengguna Assist and Slipper Clutch, Layakkah Yamaha Vixion 2021 Dibeli?
Begitu pula mengenai racikan diameter dan langkah pistonnya.
Karakter square engine dengan bore x stroke: 57,3 x 57,843 mm tetap dipertahankan. Pun demikian menyoal rasio kompresi. Dipatok 11,3:1, seperti CB150R Streetfire lama. Oleh karenanya, sama jua Tenaga dan torsi yang dihasilkan. Masing-masing 16,3 PS pada putaran 9.000 rpm dan 13,7 Nm @7.000 rpm.
Kami pikir, PT AHM cukup sukses menghadirkan nuansa big bike pada Honda CB150R Streetfire 2021. Penunjang utama untuk mendapatkan kesan tersebut nyatanya diwujudkan melalui sematan fork USD. Tak sampai di situ, penyelarasan untuk menyuguhkan perawakan nan gagah ikut dilakukan via sematan hal-hal anyar di atas.
Sebagai catatan, Anda yang tertarik dengan All New Honda CB150R Streetfire 2021 harus menebus lebih mahal daripada banderol sebelumnya. Kendati pun sudah memutuskan ingin membeli, Honda CB150R Streetfire 2021 ini baru akan tersedia di jaringan pemasaran Honda pasca Lebaran - sekitar pertengahan Mei 2021.
Spesifikasi All New Honda CB150R Streetfire 2021 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.024 x 796 x 1.083 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.298 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 164 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 795 mm | ||
Berat kosong | 134 kg & 135 kg (SE) | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond (Truss) Frame | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 16,3 PS @9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13.7 Nm @7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Pedal & Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |