Dalam masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli 2021 mendatang, banyak yang melakukan kerja dari rumah. Seluruh kegiatan non esensial harus tutup sementara dan tak jarang banyak bengkel yang tutup.
Jika Anda pengguna motor sport seperti Yamaha XSR 155 2021 dan sudah waktunya melakukan perawatan, Anda bisa melakukan pengecekan ringan sendiri di rumah.
Baca juga : Yamaha XSR 155 Menjamur di Pasar Motor Bekas, Ada yang Jual di Bawah Rp 30 Juta!
Baca juga : Pemilik Yamaha Nmax 155 sampai Honda PCX 160 Wajib Tahu, Ini Waktu Yang Tepat Ganti Oli Gardan
"Konsumen wajib mengetahui berbagai komponen yang perlu diperhatikan dan memahami cara pengecekannya. Untuk itu, kami memberikan beberapa panduan yang dapat diikuti agar kondisi motor tetap terjaga dengan baik," papar Riyadi Prihantono, Manager Service CS Divison PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Dari rilis yang diterima redaksi Autofun.co.id setidaknya ada sembilan poin perawatan motor sport yang bisa dilakukan sendiri. Apa saja?
Periksa saluran bahan bakar apakah terjadi kebocoran, sumbatan atau retak. Selain dilihat, jika tercium aroma bensin maka bisa dipastikan ada kebocoran bahan bakar. Usahakan langsung cari titik kebocoran, hindari menyalakan mesin dan jauhkan dari percikan api.
Periksa ketinggalan oli mesin, jika batas oli pada dipstik sudah pada level low, segera tambahkan oli mesin dengan spesifikasi serupa. Oli yang sudah berkurang akan membuat kinerja mesin jadi tak maksimal dan cepat panas.
Baca juga : Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman!
Lihat dan periksa level ketinggan air pada radiator dan tabung penyimpanan air radiator, tambahkan jika perlu. Periksa juga kebocoran pada radiator yang bisa mengganggu proses pendinginan mesin.
Komponen vital ini tak boleh luput diperiksa, pastikan kondisi minyak rem pada level standar. Periksa pula ketebalan dan bersihkan kampas rem dari oli yang akan menurunkan fungsi rem.
Baca juga : Menakar Biaya Servis Suzuki GSX-R150 2021 di Bengkel Resmi, Setahun Hanya Rp 450 Ribuan Saja
Coba setel lagi jarak main bebas tuas kopling. Pastikan gerak tuas kopling lancar dan proses perpindahan gigi transmisi bisa dilakukan dengan normal.
Jika motor matik punya CVT, maka motor tipe sport punya rantai untuk menggerakkan roda belakang. Anda bisa membersihkan dan melumasi rantai serta mengatur ulang ketegangan rantai.
Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?
Motor jarang dipakai akan membuat tekanan angin berkurang. Periksa dan jaga tekanan angin ban pada angka 29 psi untuk roda depan dan 33 psi untuk roda belakang.
Memantau kondisi aki yang menopak kelistrikan motor caranya terbilang mudah. Anda bisa menggunakan starter elektrik motor dan juga klakson. Jika keduanya berfungsi normal artinya aki dalam kondisi baik.
Jika Anda memiliki multitester, maka kondisi aki yang bagus memiliki tegangan lebih dari 12,4 volt. Jika hasil ukur di bawah angka tersebut, lakukan pengisian ulang atau ganti yang baru.
Baca juga : Cara Keren Lindungi Bodi Yamaha MT-15, Bisa Pakai Pelindung Karet Dari Hayaidesu
Jijka motor terparkir di ruang terbuka, baiknya cuci supaya bersih dari debu. Ini juga untuk menghindari munculnya karat. Jika ada, sebaiknya motor ditutupi degan cover motor selama tidak digunakan.
Selain sembilan poin pengecekan tadi, Anda juga bisa tetap melakukan perawatan motor di rumah dengan menggunakan layanan Service Kunjung Yamaha, dengan menghubungi jaringan bengkel resmi terdekat atau gunakan aplikasi My Yamaha Motor.
Baca juga: Yamaha XSR 155 Menjamur di Pasar Motor Bekas, Ada yang Jual di Bawah Rp 30 Juta!