Kabar menggembirakan hadir dari balapan ketahanan motor Freetech Endurance 24 Jam di Inggris. Pasalnya ada 'wakil' dari Indonesia yang mengisi posisi tiga teratas di kelas Streetstock dalam seri perdana belum lama ini di Sirkuit Teesside Autodrome.
Bukan dalam sosok pembalapnya, namun podium tersebut dikuasai oleh Suzuki GSX-R125 yang dibuat di fasilitas pabrik Suzuki Indonesia di Tambun, Bekasi. Tidak hanya satu, tapi ketiga podium di sapu bersih oleh penunggang Suzuki GSX-R125. Mantap!
Baca juga : Servis Suzuki GSX-R150 di Tahun Ketiga, Siapkan Dana Rp 500 Ribuan
Sejak kehadirannya pada 2017 silam, Suzuki Indonesia langsung didapuk sebagai pusat fasilitas produksi Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-R125 untuk pasar global.
Suzuki GSX-R150 disiapkan sebagai andalan di pasar Asia. Sedangkan Suzuki GSX-R125 yang pertama kali dikenalkan di ajang Intermot Cologne, Jerman pada 2016 silam dirilis untuk pasar Eropa.
Secara penampilan, keduanya mirip. Namun alih-alih memakai mesin bervolume 150 cc, Suzuki membekali mesin GSX-R125 dengan kapasitas 124 cc terkait regulasi SIM di Eropa untuk penunggang motor pemula.
Baca juga : Kepincut Livery Spesial Suzuki GSX-R150? Ini Cicilan per Juli 2021
Spek mesin tersebut, tipe silinder tunggal 4 katup dan dilengkapi dengan pendingin cairan bertenaga 15 PS di 10.000 rpm dan torsi 11,5 Nm di 8.000 rpm. Suzuki juga membekali piranti ABS sebagai fitur standar, GSX-R125 juga telah mengadopsi keyless ignation system dan Suzuki Easy Start System.
Seperti namanya, Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-R125 punya DNA yang diturunkan dari keluarga Suzuki GSX-R Series. Motor yang dikenalkan dan dikembangkan Suzuki di arena balap sejak 1984.
Tak heran jika varian-varian GSX-R, termasuk Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-R125 kerap jadi andalan di arena balap. Tak terkecuali di Indonesia dan Asia yang mengadu ketangguhan Suzuki GSX-R150.
Misalnya ajang Suzuki Asian Challenge 2017 yang mengadu para pembalap dengan tunggangan satu merek, Suzuki GSX-R150. Selain itu, ada juga balapan Indoclub yang juga menghadirkan penggeber Suzuki GSX-R150 di kelas 150 cc 4-tak.
Baca juga : Simak Keunggulan Suzuki GSX-R150 2021 Dibanding Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R
Kelas Streetstock balapan entry-level yang populer di mana pengendara bersaing dengan mesin jalanan standar minim ubahan. Tim RST yang menggunakan livery klasik Suzuki, memenangkan balapan.
Lebih dari 50 motor yang menyelesaikan dari 65 pembalap yang ambil bagian. Dengan diwakili Hudson Kennaugh, Jonny Towers, Warren Guantario dan Shane Norval, Tim RST menyelesaikan 986 putaran dalam 24 jam.
Baca juga : Harga Bekas Suzuki GSX-R150 2018 Menggiurkan, Lebih Murah Dari Honda Vario 125 2021 Loh!
Tempat kedua direbut Team Fast and Loud, sementara Suzuki Racing by 44 Teeth menempati posisi ketiga di kelas Streetstock. Selain mengisi podium, enam GSX-R125 spek Streetstock finis di 10 besar secara keseluruhan.
Baca juga : Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya
Di kelas Streetstock, modifikasinya terbatas. Perubahan hanya diizinkan untuk body work dan sistem pencahayaan, internal fork depan dan shock belakang. Juga ditambah perlengkapan sistem knalpot balap.
Balapan dimulai pada tengah hari pada hari Sabtu dengan hujan tiba tepat pada waktunya untuk memastikan kondisi basah penuh di sekitar sirkuit. Meskipun cuaca buruk, ban basah tetap menjadi pilihan pembalap hingga malam hari. Bahkan hingga trek kembali licin sampai bendera finish dikibarkan pada Minggu siang, ban tersebut tetap dipilih.