Kehadiran skuter matik bertampang petualang semi dual purpose Honda X-ADV pada 2016 silam, sukses menyedot perhatian penggemar otomotif dunia, termasuk Indonesia. Namun dengan harga yang cukup tinggi dan statusnya sebagai 'moge' karena bermesin 750 cc, membuat hanya sedikit kalangan yang mampu membelinya.
Tetapi PT Astra Honda Motor (AHM) melihat animo tersebut sebagai potensi menggarap pasar yang belum pernah ada. Yakni dengan menghadirkan skuter matik crossover semi dual purpose berbasis desain mirip X-ADV, namun memiliki mesin dari keluarga Vario 150 Series.
Baca juga : Honda ADV 150 2021, Si Skutik Maskulin Yang Siap Diajak Berpetualang
Untuk menjawab animo tersebut, akhirnya dirilislah Honda ADV150 yang meluncur perdana di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Dengan basis yang sama seperti Honda Vario 150 dan Honda PCX 150, harga motor ini juga menjadi terjangkau.
Memang, secara konsep Honda ADV150 bukanlah skuter matik crossover semi dual purpose pertama di Indonesia. Karena status tersebut sebelumnya sudah didapuk oleh Yamaha X-Ride. Namun dari volume mesin dan dimensi yang lebih kecil. Sehingga, kehadiran Honda ADV150 akan memiliki segmentasi konsumen yang berbeda dari Yamaha X-Ride.
Saat itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memberi harga Honda ADV150 mulai Rp 33 jutaan, sedangkan kini banderolnya Rp 35 jutaan. Untuk membuka segmen baru ini Honda ADV150 menawarkan sederet hal segar untuk konsumennya. Apa saja?
Seperti disebut sebelumnya, secara tampilan Honda ADV150 benar-benar merupakan versi mini dari skuter matik semi dual purpose Honda X-ADV. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya tampang gagah dengan sepasang headlamp LED bersudut tajam dengan sokongan garis DRL tegas.
Baca juga : Diskon Awal Tahun Skutik Honda, Honda ADV 150 Kena Potongan Rp 2,6 Juta!
Sementara lekuk bodinya pun masih mengikuti desain Honda X-ADV yang memiliki panel bodi kompleks. Tampilan gagahnya pun disokong dengan hadirnya suspensi besar dan ban tipe semi dual purpose. Selain itu, terdapat two step adjustable windscreen yang diklaim tersemat pertama kalinya di skutik kelas 150cc.
Honda ADV150 dilengkapi sistem full digital panel meter yang memiliki layar besar dan berkesan tangguh dapat menampilkan berbagai informasi antara lain indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar aktual, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A & B.
Pada akhir tahun lalu, PT AHM menyegarkan tampilan Honda ADV150 dengan menawarkan dua pilihan warna matte terbaru pada tipe ABS. Diantaranya Tough White Gold yang didominasi warna putih, lalu Tough Matte Black Gold yang menghadirkan aura tangguh pada dominasi warna hitam.
Baca juga : Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021
Selain itu, disematkan emblem 3D serta velg berwarna gold yang menghadirkan kombinasi kesan mewah dan tangguh. Hadirnya dua pilihan warna baru ini sekaligus melengkapi warna Advance Red yang juga mendapatkan tambahan emblem 3D.
Sedangkan untuk tipe CBS, warna terbaru Advance White Black hadir dengan dominasi warna putih yang dikombinasikan dengan desain stripe terbaru pada body serta penyematan emblem 3D. Pilihan warna terbaru ini hadir melengkapi tiga varian warna terdahulu yaitu Matte Black, Tough Red, dan Matte Brown.
Dari bermacam keunikan dan keunggulan yang dihadirkan pada Honda ADV150 adalah kemampuannya untuk melintasi bermacam kondisi jalan. Ini didukung ground clearancenya yang terbilang tinggi di kelasnya, yakni 165 mm.
Dimensi panjang x lebar x tinggi yang berukuran 1.950 x 763 x 1.153 mm juga masih terbilang kompak diajak berkendara di dalam kota selap-selip di kemacetan. Pengendara tak perlu jinjit dari motor saat macet, karena tinggi joknya yang 795 mm masih cocok untuk pengguna dengan tinggi 170 cm.
Untuk kebutuhan perjalanan jauh atau trek semi offroad diakomodasi dengan penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang). Untuk sektor suspensi, terdapat tipe twin subtank di belakang untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.
Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?
Honda ADV150 didukung mesin 150cc, berpendingin cairan, eSP (enhanced Smart Power) yang menghadirkan performa responsif dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi PGM-FI. Mesin bertipe 4-tak SOHC ini dilengkapi dengan teknologi Idling Stop System yang membuatnya makin irit.
Secara detail, mesin Honda ADV150 mengusung karakter square yang berbasis Vario 150. Mesin tersebut memiliki ukuran diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm dan kompresi 10,8:1. Tenaganya mencapai 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm per 6.500 rpm.
Berdasarkan hasil tes internal dengan metoda ECE R40 EURO 3, konsumsi bahan bakar model ini menunjukkan angka 46,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 373 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.
Baca juga : Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless
Tampil tanpa kompetitor tidak membuat Honda ADV150 pelit fitur. Bahkan bisa disebut melimpah dari sisi fungsi dan tampilannya. Mulai dari lampu depan telah menggunakan LED dan dilengkapi sistem Daytime Running Light (DRL) yang modern. Lalu adanya fitur two step adjustable windscreen yang ketinggiannya dapat disesuaikan dalam dua tingkat dengan pengoperasian yang mudah.
Dari sisi fungsionalitas Honda ADV150 memiliki ruang penyimpanan sebesar 28 liter yang luas dan banyak menyimpan barang. Ada pula Honda Smart Key dan alarm system. Serta power charger pada console box depan dan jok berdesain lebih tinggi di bagian belakang yang akan menunjang kenyamanan dalam berkendara.
Fitur lainnya seperti ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe ABS. Di mana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. ACG starter melengkapi kemampuan Honda ADV150 agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.
Baca juga : Walaupun Mahal, Ini 5 Alasan Honda ADV 150 2021 Layak Dibeli ketimbang Honda PCX 160 2021
Seperti diketahui, jaringan sales, servis dan aftersales Honda merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Karena itu, jaminan akan perawatan setelah pembeliannya pun makin mudah.
Diluar itu, karena basisnya sama dengan Vario Series, perawatan mesinnya pun terbilang mudah, karena banyak bengkel yang sudah paham akan permasalahannya.
Secara garis besar, Honda ADV150 merupakan pilihan skutik yang bukan pasaran. Modelnya bergaya adventure dan saat ini tak memiliki kompetitor yang head to head dengannya.
Hanya saja harga jualnya memang relatif mahal diantara skutik 150-160 cc Honda. Kini harga jualnya mulai dari Rp 35,186 juta untuk varian CBS dan Rp 38,251 juta untuk varian ABS.
Spesifikasi Honda ADV 150 2021 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.153 mm | ||
Sumbu Roda | 1.324 mm | ||
Jarak Terendah | 165 mm | ||
Tinggi Jok | 795 mm | ||
Kapasitas Tangki | 8 liter | ||
Berat Isi | 132 kg (CBS) 133 kg (ABS) | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | ||
Kapasitas | 150 cc | ||
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm | ||
Rasio Kompresi | 10,8 : 1 | ||
Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | ||
Transmisi | Otomatis CVT | ||
Tenaga Maksimal | 14,5 PS @ 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 6.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe | Double Cradle | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Ganda | ||
Ban Depan | 110/80-14 | ||
Ban Belakang | 130/70-13 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Cakram |