Kawasaki Ninja 250 makin Jarang Beredar, Padahal Layak Beli loh!

Sebelum Honda CBR250RR dan Yamaha YZF-R25 lahir, Kawasaki Ninja 250 sudah lebih dulu melenggang di Indonesia.  Saat itu, cuma dari motor inilah penawaran berupa kuda besi bermesin 250 cc dua silinder didapat oleh motoris Tanah Air. 

Namun, dominasinya agak berkurang pasca kedua rival tersebut datang sebagai opsi. Pamor Kawasaki Ninja 250 bahkan meredup, seiring kemunculan Kawasaki Ninja ZX-25R. Ditambah lagi dengan usungan mesin empat silinder yang nyatanya lebih buas ketimbang versi dua silinder. Perbedaan output itu pula yang menempatkan Kawasaki Ninja ZX-25R 2022, sebagai ikon baru motor sport 250 cc geng hijau. Alhasil, Kawasaki Ninja 250 pun semakin jarang beredar di jalanan.

Kawasaki Ninja 250 menjadi pelopor motor sport 250 cc dua silinder di Tanah Air.

Baca juga: Penggarapan Kawasaki Ninja ZX-4R 2022 Nyata, Ini Buktinya!

Murah dan Mengusung Desain Terbaru Kawasaki

Walau begitu, bukan berarti Kawasaki Ninja 250 2022 menjadi tak layak untuk Anda beli. Dari sisi harga, varian Ninja dua silinder jauh lebih murah daripada Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Sebagai informasi, model ini ditawarkan dengan harga terendah dari Rp98,950 juta. Terpaut sangat jauh dengan Kawasaki Ninja 250 2022 yang dipatok mulai Rp64,9 juta (on the road Jakarta). 

Selain murah, penampilan Kawasaki Ninja 250 generasi ketiga ini pun tak kalah impresif dibanding Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Serupa dengan motor sport Kawasaki lain, desainnya sudah menggunakan bahasa desain terbaru dari motor sport Kawasaki sekarang ini. 

Kawasaki Ninja 250 2022 sudah mengusung desain terbaru Kawasaki.

Baca juga: Simulasi Kredit Kawasaki Ninja 250 2021, Motor Sport 250 cc Yang Masih Digemari Sampai Saat Ini

Posisi Berkendara Rileks

Bedanya, Kawasaki Ninja 250 2022 memiliki winscreen lebih besar dan tinggi. Tidak sama dengan kepunyaan Kawasaki Ninja ZX-25R yang justru dibuat landai. Bukan tanpa alasan. Penyajian demikian memang ditujukan lantaran Kawasaki Ninja 250 menawarkan posisi berkendara lebih rileks. 

Ini terlihat di mana Kawasaki Ninja 250 2022 memiliki posisi setang lebih tinggi ketimbang Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Termasuk pula jika membandingkannya dengan Honda CBR250RR maupun Yamaha YZF-R25. Dengan posisi badan tak kepalang condong ke depan, Kawasaki Ninja 250 2022 masih lebih nyaman saat dikendarai ke luar kota sekalipun. 

Dengan setang cukup tinggi, Kawasaki Ninja 250 2022 masih nyaman untuk dipakai ke luar kota.

Baca juga: Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Siapkan Dana Minimal Rp 25 Juta Untuk Memilikinya

Dimensi Tubuh Bersahabat

Kenyamanan berkendara tadi jua diselaraskan dengan ketinggian tempat duduk 795 mm. Desain agak menyempit di bagian depan jok pun memberikan kemudahan bagi pengendara, mengapit tangki bensin Kawasaki Ninja 250 2022 yang berkapasitas 14 liter. 

Bagi pengendara dengan postur tubuh 170 cm, motor ini harusnya bersahabat. Terlebih lagi dengan jarak kolong tak terlalu tinggi (145 mm). Kemudahan mengendarainya juga ditunjang dimensi nan moderat yaitu 1.990 x 710 x 1.125 mm (P x L x T) serta bobot tubuh 163 kg.  

Performa Kawasaki Ninja 250 2022 ada diantara Honda CBR250RR dan Yamaha YZF-R25.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja 250SL Anjlok, Lebih Murah dari Honda CBR150R!

Performa Mesin Kompetitif

Soal performa, Kawasaki Ninja 250 2022 terpaut sangat jauh dari Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Kendati begitu, mesin miliknya tetap kompetitif manakala beradu dengan Honda CBR250RR dan Yamaha YZF-R25. 

Mesin DOHC Kawasaki Ninja 250 2022 menggunakan konfigurasi dua silinder dengan racikan bore x stroke: 62 x 41,2 mm dan rasio kompresi 11,6:1. Berkat rancangan tersebut, Kawasaki Ninja 250 2022 mampu menghasilkan tenaga 39 PS @12,500 rpm dan torsi maksimal 23,5 Nm pada 10.000 rpm. 

Di atas kertas, catatan performa Kawasaki Ninja 250 memang lebih redah dari Honda CBR250RR yang menorehkan pencapaian 41 PS @13.000 rpm dan 25 Nm @11.000 rpm. Namun, Kawasaki Ninja 250 2022 unggul dari Yamaha YZF-R25 dengan tenaga 36 PS @12.000 rpm dan torsi 23,6 @10.000 rpm.  

Kawasaki Ninja 250 2022 hadir dalam tiga varian.

Baca juga: Isu Kawasaki Ninja 700 R Bermesin Dua Silinder Berhembus, Inikah Pengganti Ninja ZX-6R?

Keseluruhan output dari ketiganya ini sama-sama tersalur ke roda belakang via transmisi enam percepatan. Namun, ada satu yang membedakan, sekaligus keunggulan dari Kawasaki Ninja 250 2022. Perangkat gear box miliknya sudah ketambahan assist and slipper clutch sebagai perlengkapan standar. 

Assist and slipper clutch itu sebenarnya ada di Honda CBR250RR. Namun, Anda harus terlebih dulu membeli varian atas yang pastinya mahal dari Kawasaki Ninja 250 2022. Sementara itu, perangkat ini benar-benar absen di Yamaha YZF-R25. 

Varian Kawasaki Ninja 250 2022

Hal mendasar di atas dapat pula Anda temui pada varian Kawasaki Ninja 250 2022. Selain tipe dasar, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga menghadirkan dua varian pendamping yaitu Kawasaki Ninja 250 SE ABS 2022 dan Kawasaki Ninja 250 ABS SE MDP. 

Ini varian tertinggi Kawasaki Ninja 250 2022.

Baca juga: Serba-serbi Assist and Slipper Clutch, Kian Jamak Ditemukan pada Motor Bermesin Kecil

Berbeda dengan tipe terbawah, kedua varian atas Ninja 250 ini sudah dilengkapi sensor pengereman ABS (Antilock Braking System) dan sistem penguncian keyless. Untuk harga, Kawasaki Ninja SE ABS 2022 dijual Rp76,9 juta. Sementara Kawasaki Ninja 250 ABS SE MDP dilego Rp77,3 juta.  

Memang penetapan harga Kawasaki Ninja 250 2022 itu lebih mahal dari varian basic Honda CBR250RR maupun Yamaha YZF-R25. Tipe paling bawah dari kedua kompetitor masing-masing dijual Rp61,7 juta dan Rp62,215 juta. Akan tetapi, selisih itu tentu menjadi pengecualian jika Anda adalah loyalis Kawasaki bukan?

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2022
Dimensi
P x L x T 1.990 x 710 x 1.125
Sumbu Roda 1.370 mm
Jarak Terendah 145 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Berat Isi 163 kg
Kapasitas Tangki 14 liter
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 8 katup
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 62 x 41,2 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Pendingin Cairan
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 39 PS @ 12.500 rpm
Torsi Maksimal 23,5 Nm @ 10.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Trellis, high tensile frame
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 110/70-17
Ban Belakang 140/70-17
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja 250
Lihat