Sebanyak 25 unit motor Suzuki GSX-150 Bandit nampak gagah dan berjajar rapi di Lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Motor-motor ini menjadi motor dinas baru untuk Korps Marinir khususnya Bintara Utama Batalyon (Bamayon).
Penyerahan motor tersebut dilakukan oleh Komandan Korps Marinir (Dankomar) Mayjen TNI Suhartono, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) pada Selasa (10/8/2021) lalu.
"Penyerahan sepeda motor dinas ini sebagai wujud perhatian dari Kasal atas kinerja, dedikasi dan loyalitas para Bamayon." ujar Suhartono dikutip dari Antara.
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Suhartono juga menambahkan, bagi Bamayon yang belum mendapatkan motor dinas baru pada tahap pertama ini, akan diberikan pada tahap berikutnya.
"Diharapkan motor dinas ini dapat digunakan dan dirawat dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan manfaat dalam mendukung tugas dan mobilitas Bamayon di tiap-tiap satuan," tambah Suhartono.
Hadir dalam kegiatan ini Inspektorat Korps Marinir (Ir Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Marinir Lasmono, Komandan Pasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E, M.M. dan Pejabat Utama Mako Kormar.
Baca juga : Cocok Buat Sunmori, Harga Suzuki GSX-R150 Bekas lagi Terjun Bebas!
Melihat foto-foto 25 unit motor yang diserahkan, praktis tak ada beda dengan versi yang dijual untuk umum. Tak ada piranti tambahan lainnya pada motor tersebut.
Suzuki GSX-150 Bandit nampak gagah dengan balutan warna hijau tua khas kendaraan dinas angkatan dan plat nomor khusus. Tampilannya pun cenderung polos tanpa ada logo merek dan stiker jenis motor itu sendiri.
Dibandingkan saudara satu pabriknya Suzuki GSX-S150, Suzuki GSX-150 Bandit ini diciptakan dengan mengutamakan kenyamanan yang diperlihatkan dengan penggunaan tempat duduk model tandem. Posisi setang juga dibuat tinggi supaya posisi berkendara menjadi lebih nyaman.
Lekuk fascia depan memiliki penerangan utama yang sudah LED, dengan lampu positioning lamp V-shape yang tepat ada di atasnya. Shroud tangki bahan bakar menambah kesan gagah dari motor ini, sekaligus melindungi komponen radiator.
Baca juga : Turun Banyak! Suzuki Satria F150 2020 Bekas Dijual mulai Rp12 Jutaan
Bagian tengah motor sedikit menipu karena diberikan cover penutup rangka bagian tengah, yang membuatnya seolah-olah menggunakan rangka deltabox. Bodi belakang tak terlalu menjulang, dengan berhiaskan lampu penerangan belakang berukuran besar.
Meski begitu komponen kaki-kaki identik dengan saudaranya tadi. Suspensi jenis teleskopik mengawal pergerakan roda depan, yang ditemani rem cakram dengan kaliper dua piston.
Lantas kaki-kaki belakang percayakan suspensi monosok, yang bertumpu pada lengan ayun. Urusan penghenti laju roda belakang, juga berjenis cakram dengan kaliper piston tunggal.
Baca juga : Mantap! Suzuki GSX-R125 Buatan Indonesia Sukses Kuasai Balap Ketahanan Inggris
Pun begitu dengan desain pelek yang digunakan, model palang 10 berdesain sporty, yang terbungkus karet hitam ukuran 90/80-17 dan 130/70-17 dengan ban dari Dunlop D102.
Terkait spesifikasi mesin pun tak main-main. Jantung mekanis ini identik dengan Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150, yang mengandalkan kubikasi mesin 147,3 cc piston tunggal, DOHC 4 katup pendingin cairan.
Dapur pacu tersebut mampu muntahkan tenaga mencapai 19,1 PS pada 10.500 rpm dengan torsi mencapai 14 Nm di 9.000 rpm. Mesin berkarakter over bore ini memiliki tenaga yang kuat pada putaran tengah sampai atas.
Baca juga : Simak Keunggulan Suzuki GSX-R150 2021 Dibanding Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R
Pada versi produksi massal, Suzuki GSX-150 Bandit 2022 ditawarkan dengan empat pilihan warna yakni metallic matte titanium silver, brilliant white/aura yellow, stronger red/titanium black dan titanium black. Harga jualnya cukup terjangkau karena dijual hanya Rp 27,3 juta (on the road Jakarta).
Spesifikasi Suzuki GSX-150 Bandit | ||
---|---|---|
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.000 mm x 745 mm x 1.035 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1,300 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 150 mm | |
Tinggi Jok | 785 mm | |
Berat Kosong | 135 kg | |
Jenis Mesin | Water-cooled, 4-stroke | |
Sistem Katup | DOHC 4-valve | |
Diameter x Langkah | 62.0 x 48.8 mm | |
Jumlah Silinder | 1-cylinder | |
Ratio Kompresi | 11.5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 19,1 PS @10.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 14.0 Nm @9.000 rpm | |
Sistem Pengapian | FI | |
Sistem Starter | Electric | |
Transmisi | 6-speed, return | |
Kapasitas Tangki | 11 liter | |
Suspensi Depan | Telescopic | |
Suspensi Belakang | Swingarm | |
Rem Depan | Disc (Petal) | |
Rem Belakang | Disc (Petal) | |
Roda Depan | 90/80-17(TL) | |
Roda Belakang | 130/70-17 (TL) | |
Velg | Cast | |
Aki | MF | |
Lampu Depan | LED |