Dulu saat peralihan motor karburator menjadi injeksi, ada anggapan kalau motor injeksi itu bebas perawatan. Ini karena salah persepsi masyarakat yang menganggap minim perawatan artinya bebas perawatan.
Padahal motor injeksi tetap perlu dirawat, namun memang ada sedikit beda proses ketika melakukan servis. Waktu untuk servis motor injeksi pun juga lebih singkat karena tak perlu bongkar karburator lagi.
Baca juga : Menakar Biaya Perawatan Yamaha Nmax 2021, Tidak Semahal Yang Dibayangkan
"Dengan teknologi injeksi yang digunakan pada sepeda motor, membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan konsumen supaya kondisinya tetap bagus," ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha Palembang-Bengkulu, PT. Thamrin Brothers.
Dan tentunya mau merek apa saja, langkah perawatannya sama saja kok. Jadi apa saja yang harus diperiksa?
Baca juga : Lagi PPKM Darurat, Ini 9 Poin Perawatan Yamaha XSR155 Yang Bisa Dilakukan di Rumah
Sebagai pengganti karburator, throttle body ini menjadi komponen yang mengatur debit masuk udara menuju ruang bakar. Dan terkadang, masih ada saja partikel debu yang tak tersaring filter udara, yang mengendap pada komponen ini.
Piranti yang menyemprotkan bahan bakar ini rawan kotor dan mampat karena lubangnya yang sangat kecil. Semprotan injector normal akan halus seperti embun, sehingga campuran dengan udaranya lebih presisi.
Disarankan untuk melakukan perawatan injector setiap 10.000 km dan kelipatannya. Bengkel resmi Yamaha memiliki alat khusus berupa injector cleaner, yang mampu merontokkan kotoran membandel.
Meski sudah ada filter bensin, namun tangki bahan bakar tetap perlu dikuras. Selain karena kotoran, kuras tangki untuk mencegah adanya air yang juga bisa menyebabkan tangki berkarat dan bocor.
Selain membersihkan kedua komponen tadi dari partikel kotoran, juga bisa sekaligus memeriksa kinerjanya. Pastikan tekanan fuel pump dalam kondisi normal, jika tekanannya menurun bisa menyebabkan mesin loyo.
Baca juga : Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman!
Filter bensin tentu bisa diganti jika sudah sangat kotor, toh harganya pun tak begitu mahal. Filter yang sudah sangat kotor akan membebani kinerja fuel pump.
Karena udara untuk pembakaran haruslah bersih, maka filter udara haruslah rutin diganti. Kinerjanya sebagai garda terdepan menyaring partikel debu agar tak menyumbat beragam sensor pada sistem injeksi motor.
Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?
Selain 5 komponen tersebut, jangan lupa untuk rutin mengganti oli mesin sesuai petunjuk pabrikan. Walau motor injeksi, tetap butuh perawatan kok, tentunya supaya menjaga kinerja mesin tetap optimal dan awet.