Mesin Honda BeAT 2022 Dianggap Lemot? Begini Catatan Akselerasinya

Terkadang performa menjadi salah satu alasan untuk membeli sebuah skutik, walaupun itu adalah skutik entry level. Ya ekspektasi terhadap skutik murah seperti Honda BeAT 2022, terkadang memang terlalu tinggi.

Banyak yang berharap skutik ini akan punya performa mumpuni, setidaknya bisa membantu kala butuh melaju lebih cepat. Namun sejak dikenalkan awal 2020 lalu, banyak yang mengatakan jika kinerja mesin eSP generasi terbarunya ini lemot alias terlalu smooth.

Untuk itu, kami telah melakukan pengukuran akselerasi menggunakan Racebox, yang berbasis satelit. Untuk akselerasi awal, 0-60 km/jam mencatatkan waktu 7,75 detik.

Lalu untuk tarikan tengah, 0-80 km/jam butuh waktu 15,85 detik. Saat mencapai kecepatan 50 km/jam hingga 80 km/jam, memang laju skutik ini terasa sedikit tertahan, sebelum akhirnya lepas lagi melaju dengan ringan menuju top speed.

Pada spidometer, kecepatan tertinggi yang bisa diraih skutik ini mencapai 105 km/jam! Lumayan bukan? Tapi dari alat ukur kami, kecepatan tertinggi terbaca hanya 95,6 km/jam saja.

Baca juga : Harga Rp 16 Jutaan, Mending Sikat Honda Vario 150 Bekas Daripada Honda BeAT 2021

Mesin eSP generasi terbaru untuk Honda BeAT 2022.

Honda BeAT terbaru ini mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar, berkubikasi 109,5 cc. Tenaga maksimalnya 9 PS pada 7.500 rpm dengan torsi sebesar 9,3 Nm di 5.500 rpm.

Dan untuk data akselerasi selengkapnya bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini:

Akselerasi Honda BeAT 2022
0-60 km/jam 7,75 detik
0-80 km/jam 15,85 detik
0-100 km/jam N/A
0-100 meter 8,83 detik
0-201 meter 13,94 detik
0-402 meter 22,64 detik
Top speed spidometer 105 km/jam
Top speed Racebox 95,6 km/jam
Konsumsi BBM 52,9 km/liter
*bobot rider 75 kg

Perbandingan Dengan Kompetitor

Skutik entry level lain yang pernah kami uji adalah Yamaha Gear 125 2022. Dan memang untuk akselerasi, Honda BeAT tak seresponsif kompetitor barunya itu.

Untuk 0-60 km/jam misalnya, Honda BeAT mencatat 7,75 detik berbanding 6,78 detik milik Yamaha Gear 125. Ada selisih nyaris 1 detik.

Akselerasi Yamaha Gear 125 2022 lebih unggul.

Kemudian akselerasi 0-80 angkanya 15,85 detik berbanding 13 detik. Ada gap waktu 2,85 detik lebih lamban. Kemudian akselerasi jarak jauh, 0-402 meter Honda BeAT butuh waktu 22,64 detik berbanding 21,64 detik milik Yamaha Gear 125.

Meski secara akselerasi kalah namun untuk konsumsi bahan bakar, skutik Honda satu ini tak ada lawan. Torehannya bisa sampai 52,9 km/liter dengan gaya berkendara yang agresif, tuas gas selalu mentok saat jalan kosong.

Baca juga : Tinggal Sebulan Lagi, Beli Honda BeAT 2022 di Jatim-NTT Bisa Dapat Brio

Dan memang sesuai konsepnya, Honda merancang skutik ini untuk bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik, meski harus mengorbankan performa yang tak terlalu responsif. Dan hal inilah yang banyak dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Honda BeAT 2022 terkenal irit bahan bakar.

Kesimpulan

Honda BeAT memang tak terlalu agresif akselerasinya, tapi kalau dibilang lemot sebenarnya tidak juga. Kinerja mesinnya masih sangat mumpuni sebagai skutik harian kalian.

Dan sebagai kuda besi andalan sehari-hari, kalian pasti akan sangat senang jika motor yang digunakan punya konsumsi bahan bakar yang sangat irit bukan? Hal itulah yang ditawarkan Honda BeAT ini.

Spesifikasi Honda Beat 2022
Dimensi
P x L x T 1.877 x 669 x 1.074 mm
Sumbu Roda 1.256 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Isi 89 kg (CBS) 90 kg (CBS-ISS)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat