Salah satu motor flagship untuk segmen adventure Honda yakni CRF1100L Africa Twin meluncur versi tahun 2022. Dua tipe Honda CRF1100L Africa Twin dan CRF1100L Africa Twin Adventure Sport mendapatkan update cukup signifikan.
Setidaknya terdapat 4 bagian yang berubah, dan mencakup kinerja mesin, kenyamanan berkendara, akomodasi hingga penampilannya. Langsung saja kita lihat detail selengkapnya.
Baca juga : Honda Africa Twin Bakal Pakai Supercharged, Muncul Tahun Depan dan Masuk Indonesia?
Bagian pertama yang kena revisi adalah transmisi kopling ganda alias DCT. Pada versi 2022, Honda melakukan penyempurnaan pada gigi 1 dan gigi 2 agar perpindahannya lebih halus, pada saat mulai berjalan dan saat kecepatan rendah.
DCT motor ini memiliki 6 gigi yang akan berindah otomatis, menyesuaikan mode yang digunakan. Ada model MT (Manual), D (Drive) dan S (Sport). Pada mode S memiliki 3 level yang membedakan respon perpindahan gigi yang akan memberikan sensasi berkendara agresif.
Baca juga : Bocor Paten Honda Africa Twin Terbaru Pakai Radar, Susul Ducati, BMW dan KTM
Mode MT yaitu perpindahan transmisi dilakukan secara manual dengan menekan tombol + dan -. Mode D cocok untuk berkendara santai dan mode S untuk berkendara sporty dengan putaran mesin yang menggantung tinggi.
Untuk opsi transmisi manual 6 percepatan, tak ada perubahan pada transmisinya. Tipe manual ini layaknya kalian mengendarai motor sport kopling manual biasa, yang penyaluran tenaganya dikendalikan oleh rider.
Baca juga : Honda CB200X Meluncur, Cocok jadi Honda CB150R Streetfire versi Adventure?
Ya melihatnya bagian bodi depan dari model Honda CRF1100L Africa Twin 2022 ini terlihat lebih ringkas. Itu karena tak ada lagi windscreen yang menjulang tinggi.
Gantinya adalah penahan angin dengan ukuran yang pendek, namun memiliki 5 setelan yang bisa diatur sendiri. Honda menyebutkan, perubahan ini agar visibilitas pengendara bisa lebih baik.
Jika sebelumnya hanya tipe Dual Sport saja yang punya rak belakang sebagai standar, kini semua tipe sudah mendapatkannya. Jadi tinggal pasang boks belakang sudah bisa punya ruang untuk membawa barang.
Desain memang tak berubah, tapi penampilan dua tipe Honda CRF1100L Africa Twin ini semakin gahar. Grafis striping retak-retak menambah kesan motor adventure yang tangguh dan kuat. Logo Africa Twin pun dibuat semakin besar, sebagai identitas motor.
Tentu saja peluang motor ini masuk Indonesia sangat besar, namun rasanya hanya akan hadir Honda CRF1100L Africa Twin tipe Adventure Sports saja. Tipe yang sama juga telah diniagakan PT Astra Honda Motor saat ini.
Baca juga : Video : Kawasaki KLR650 2021, Moge Adventure Paling Pas Untuk Blusukan di Indonesia?
Tipe ini merupakan tipe terlengkap, dengan penampilan khas Honda Tricolor dengan paduan putih, biru dan merah, serta warna emas pada pelek. Dan pastinya tetap akan tersedia dua pilihan transisi, manual dan DCT.
Perkara harga, sebagai patokan saat ini Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sport dilepas AHM dengan nominal Rp 659,305 juta (manual) dan Rp 697 juta (DCT). Siap-siap nabung dari sekarang?