Setelah banyak beredar bocorannya, akhirnya KTM resmi meluncurkan KTM RC 390. Uniknya fairing bagian atas desainnya justru sepintas mengingatkan bentuk Bajaj Pulsar 220 yang sempat dijual di Indonesia dulu.
Ya Bajaj sendiri sekarang merupakan pemegang saham KTM, pun KTM untuk kapasitas mesin 390 cc ke bawah, telah diproduksi di India. Jadi ada kemungkinan desainernya orang yang sama bukan?
Banyak yang bilang kalau bentuk khas model sebelumnya yang futuristis dan keren jadi menghilang, terutama bodi depannya. Tapi mau bagaimana pun, motor ini tetap berubah menjadi baik diberbagai aspek.
Baca juga : KTM Duke 200 2022 dan KTM 250 Adventure 2022 Rakitan Gresik Sudah Bisa Dipesan, Bulan Depan Meluncur!
Melihat tampak depannya secara frontal, motor ini nampak punya fairing yang lebar. Lampu seinnya pun memanjang ditepian fairingnya, alih-alih di batang lampu sein seperti model sebelumnya.
Lekuk fairing sampingnya pun nampak simpel dan menganut konsep cross layer (model bertumpuk). Dimensi tangki bahan bakarnya nampak lebih berisi dengan kapasitas 13,7 liter yang terinspirasi dari tangki motor Moto3 milik KTM.
Alih-alih padat, bodi belakang justru nampak ramping dan meninggi pada ujungnya. KTM menyebutkan jika desain keseluruhan motor ini meniru kuda pacu MotoGP mereka, KTM RC16.
Baca juga : KTM RC 390 2022 Rilis Sebentar lagi, Tampangnya Terkuak di Situs Resmi!
Di balik bodinya terdapat rangka baru, model teralis. Rangka ini lebih ringan 1,5 kg dari generasi sebelumnya. Bagian sub-frame pun model knock down yang bisa dilepas.
Sebagai penyempurna, suspensi yang digunakan kelas atas yakni WP Apex. Depan andalkan WP Apex 43 mm, dengan 30 klik kompresi dan rebound. Lantas monosok juga punya setingan serupa.
Baca juga : Dipastikan Datang ke Indonesia, Ini Daftar Perubahan KTM Duke 200 2022
Tak kalah penting, piranti untuk menjinakkan laju mengandalkan kaliper Bybre 4 piston dipadu cakram 320 mm di depan. Belakang percayakan kaliper 1 piston dengan cakram 230 mm. Remnya sudah ABS pastinya.
Yang tak kalah menarik, desain peleknya dari palang 10 ala GP Wheel menjadi palang 5 miring, dengan tromol terbuka. Efeknya bobot pelek lebih ringan 3,4 kg dari model sebelumnya.
KTM RC 390 2022 tetap mengandalkan jantung mekanis 1 silinder berkapasitas 373 cc. Mesin berpendingin cairan itu sanggup mengeluarkan tenaga 46 PS dan torsi maksimal 35 Nm.
Bedanya, mesin baru KTM RC 390 2022 sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 5. Mesin ini pun telah disisipi teknologi Assist & Slipper Clutch serta Quickshifter+.
Baca juga : Bobot lebih Enteng dari Kawasaki ZX-25R, Ini Spesifikasi KTM RC 8C 2022
Pengaturan kinerja mesin dilakukan secara elektronik (Throttle by Wire) dan pastinya telah dilengkapi dengan Traction Control. Jangan lupakan fitur Cornering ABS, Supermoto ABS yang bisa diatur melalui layar TFT.
Apakah akan dijual di Indonesia? Sudah pasti, terlebih model sebelumnya pun telah diniagakan di Indonesia. Apalagi model 2022 sudah bisa dipesan di Indonesia lewat salah satu dealer di Jakarta Selatan.
Ya meski desain barunya ini agak kontroversial, tapi kalau fiturnya lengkap serta lebih canggih dari model sebelumnya, rasanya konsumen akan tutup mata dan tetap membelinya. Setuju?