Sekarang ini banyak banget produsen motor asal Cina, yang menjiplak desain dari Honda ADV 150 2022. Entah kenapa, rasanya skutik Honda satu ini punya daya tarik yang sangat kuat untuk brand asal Tiongkok itu ya?
Beberapa contoh motor yang punya desain persis Honda ADV 150 2022 diantaranya ada MotoSuper Advisa 150, Dayang ADV 150, Vorei ADV 150 dan terbaru ada Sanye 150 ADV. Hmmm...Lumayan banyak ya?
Tapi untungnya motor-motor tadi tidak masuk pasar Indonesia karena hanya dijual di negara asalnya. Kalian sebagai konsumen pun dijamin hanya bisa membeli produk yang asli buatan PT Astra Honda Motor (AHM).
Baca juga : Simak 5 Alasan Honda ADV150 2021 Layak Jadi Tunggangan Harian
Skutik bergaya adventure ini pertama kali dirilis pertengahan tahun 2019 silam pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD, Tangerang Selatan. Skutik ini langsung mendobrak industri sepeda motor nasional.
Ini lantaran hanya Honda ADV 150 yang merupakan motor jenis skutik, yang mengusung gaya petualang. ADV sendiri bukan singkatan dari adventure, melainkan advance, yang menggambarkan skutik ini punya banyak fitur canggih.
Barangkali diantara kalian ada yang sedang mengincar skutik premium untuk penggunaan harian atau touring, Honda ADV 150 ini bisa banget jadi pilihan. Dan berikut daya tarik dari skutik satu ini.
Desain memang soal selera, tapi sosok Honda ADV 150 ini memang tampil macho yang dipadu dengan kepraktisan sebuah motor skutik. Motor ini benar-benar merupakan versi mini dari Honda X-ADV, big bike seharga Rp 450 juta.
Hal ini dapat dilihat dari hadirnya tampang gagah dengan sepasang headlamp LED bersudut tajam dengan sokongan garis DRL tegas. Sementara lekuk bodinya pun masih mengikuti desain Honda X-ADV yang memiliki panel bodi kompleks.
Semuanya dipadu dengan windshield berukuran besar yang bisa disetel ketinggiannya, lalu setang tappered handle bar yang biasanya digunakan motor adventure Honda, lalu skutik ini juga punya postur yang tinggi. Bohong kalau ada yang menyebut skutik ini tak gagah.
Baca juga : Bukan Cuma Honda PCX 160 2021, Ini Daftar Skutik Yang Sudah Pakai Keyless
Kesan motor bergaya petualang didukung dengan penyematan ban dual purpose, travel suspensi depan dan belakang yang panjang, serta penggunaan lingkar roda belang agar mampu melewati guncangan jalan dengan baik.
Namanya saja advance, masa fiturnya biasa, jadi tak seuai namanya dong kalau begitu. Honda ADV 150 sendiri memang tergolong skutik yang canggih, bahkan dari Honda PCX 160 sekalipun loh.
Baca juga : Honda ADV 150 Bekas Sepi di Pasaran, Semenarik Apa Ia Dipertahankan Sang pemilik?
Tak percaya, yuk kita buktikan. Panel meter full digital dengan format negatif display mampu memberikan informasi beragam. sejumlah indikator juga terdapat pada area bawah panel meter tadi. Seperti indikator MIL, pass beam, sein kiri dan sein kanan, suhu mesin, idling stop dan ABS.
Kalian juga tak akan kehabisa daya baterai smarpthone karena terdapat konsol depan dengan power outlet. Llau bagasi berkapasitas 28 liter yang sangat besar, cukup untuk menampung helm full face dan masih menyisakan banyak ruang.
Suspensi belakang model tabung yang memberi kesan padat. Lalu ada juga Emergency Stop Signal untuk tipe ABS. Untuk yang tak suka rem ABS juga tersedia rem CBS (Combi Brake System), dengan rem cakram yang mengawal kedua rodanya.
Baca juga : Menggoda Untuk Dimiliki, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda ADV 150 2021
Sebagai pengaman, skutik ini juga sudah dilengkapi Smart Key System untuk semua tipenya. Remotenya ini juga terintegrasi dengan Answer Back System dan Alarm, dan rumah kontak juga befungsi sebagai pembuka jok dan tangki bahan bakar.
Dengan suspensi depan yang punya jarak main 130 mm dan suspensi belakang sampai 140 mm, hal ini membuat peredaman guncangan jauh lebih baik. Hampir mustahil bisa merasakan gejala bottoming alias mentok saat menggunakan Honda ADV 150 2022.
Hal ini tentunya membuat pengendara merasa nyaman menunggangi skutik ini. Faktor kenyamanan yang dirasakan juga didukung hadirnya setang tappered yang lebar dan tinggi, sehingga posisi badan bisa tegap.
Permukaan jok yang luas serta pijakan kaki yang fleksibel, juga menunjang kenyamanan pengendara. Tak heran banyak pengguna Honda ADV 150 ini yang betah riding lama karena faktor kenyamanan yang tergolong baik.
Meski bergaya skutik petualang, konsumsi bahan bakarnya terhitung irit loh. Ini karena pakai basis mesin yang sama dengan Honda Vario 150 dan juga Honda PCX 150 yang dulu sempat dijual AHM.
Rata-rata mesin ini mampu mencatatkan angka 40 hingga 48 km/liter. Jadi tak was-was takut kehabisan bensin kala touring. Apalagi dipadu kapasitas tangki 8 liter yang terhitung besar untuk sebuah skutik.
Kalau dihitung kasarnya, maka dengan satu tangki penuh, Honda ADV 150 2022 ini bisa melaju sejauh 320 sampai 384 km. Jakarta-Tegal sih bisa tak perlu isi bahan bakar tuh!
Baca juga : Simak Lagi Plus-Minus Honda ADV 150 2022, Skutik Yang Dijual Lebih Mahal Dari PCX 160
Itu tadi sisi plus yang menjadi keunggulan dari Honda ADV 150 2022, bagaimana dengan sisi minusnya yang menjadi kekurangannya?
Dengan panjang 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm, Honda ADV 150 memang cukup besar dan tinggi untuk sebagian orang. Belum lagi tinggi joknya yang mencapai 795 mm, rasanya hal ini akan ikut menjadi pertimbangan.
Untuk rider dengan postur lebih dari 170 cm, untuk menduduki skutik ini bukanlah masalah besar. Beda cerita jika mereka yang punya postur kurang dari 170 cm, kaki akan jinjit dan akan kerepotan jika melewati jalan macet.
Karena irit ya tentu performa mesinnya terasa smooth dan biasa saja. Hal ini ditambah dengan bobot Honda ADV 150 ini juga lumayan berat, mencapai 132 kg (CBS) dan 133 kg (ABS). Untungnya part penunjang performa sudah banyak tersedia di pasaran.
Dan yang patut diingat, Honda ADV 150 ini belum mendapatkan update mesin seperti yang digunakan oleh Honda PCX 160 2022. Andai kata menggunakan mesin eSP+ tersebut, rasanya skutik ini akan punya performa yang menjanjikan.
Baca juga : Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?
Sejak awal AHM sudah memposisikan Honda ADV 150 ini sebagai skutik premium, yang kastanya di atas Honda PCX 150 bahkan Honda PCX 160. Harga jualnya masih lebih tinggi dari skutik tersebut.
Saat ini AHM melepas Honda ADV 150 diangka Rp 35,186 juta (CBS) dan Rp 38,251 juta (ABS). Angka ini lebih mahal dari Honda PCX 160 CBS yang dilepas Rp 30,845 juta dan ABS yang dibanderol Rp 34,445 juta.
Baca juga : WMoto Xtreme 150i Siap jadi Kuda Hitam, Honda ADV150 bakal tetap Arogan?
Ketimbang versi kopiannya dari berbagai merek motor asal Cina, model aslinya tentu lebih baik dibeli. Sebagus-bagusnya tiruan, tetap saja tak akan lebih bagus dari versi aslinya bukan?
Honda ADV 150 memang dibanderol dengan harga relatif tinggi, namun semuanya dikompensasikan lewat kelengkapan fitur dan teknologi yang unik dan lengkap. Belum lagi posisi berkendara nyaman dengan redaman suspensi dengan travel panjang.
Spesifikasi Honda ADV 150 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.153 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 795 mm | |
Kapasitas Tangki | 8 liter | |
Berat Isi | 132 kg (CBS) 133 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | |
Kapasitas | 150 cc | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,9 mm | |
Rasio Kompresi | 10,8 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Tenaga Maksimal | 14,5 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |