Cek Harga Bekas Si Gesit Irit Suzuki Smash, Motor Bebek Murah Favorit Tahun 2000-an

Salah satu motor bebek yang sempat berjaya di Indonesia adalah Suzuki Smash. Motor bebek ini dikenal dengan jargon Si Gesit Irit, hadir tahun 2003 untuk bersaing dengan banyak merek motor Cina yang marak kala itu.

Tentu saja harga jualnya cenderung terjangkau, tak sampai Rp 10 juta bisa mendapatkan motor bebek merek Jepang. Tak heran jika konsumen banyak yang memilih motor ini untuk beragam aktivitasnya.

Harga Bekas Dari Rp 2 Jutaan Saja

Model terbaru ini dilepas diangka Rp 16,1 juta hingga Rp 16,85 juta on the road Jakarta. Namun jika kalian mau membelinya dalam kondisi bekas, maka nominalnya sudah sangat terjangkau.

Untuk keluaran awal tahun 2003, ada yang melepasnya dengan harga Rp 2 jutaan saja. Itu pun kondisinya masih lumayan dengan surat-surat lengkap. Lalu untuk tahun 2005 mulai dari Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan, untuk tipe Smash SR.

Suzuki Smash Titan andalkan mesin 115 cc, naik dari generasi sebelumnya.

Tahun 2006, motor ini hadir dengan generasi kedua dan harga bekasnya mulai dari Rp 3 jutaan. Tahun 2010 muncul generasi ketiga yang disebut Suzuki Smash Titan, dengan harga jual mulai dari Rp 5 jutaan. Generasi ketiga ini stop produksi tahun 2013.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135, Motor Bebek Sport Impian di Masanya

Kemudian tepatnya tahun 2017, Suzuki kembali membangkitkan Smash dengan nama Suzuki Smash FI dan harga bekasnya kini Rp 6 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Varian Suzuki Smash SR

Penjualan yang moncer, membuat SIS merilis varian baru untuk motor bebek murahnya ini. Diawali dengan Suzuki Smash SR (Street Runner) alias pelari jalanan, yang tampil lebih sporty.

Suzuki Smash facelift pertama, adajuga versi Street Runner.

Suzuki Smash SR mengandalkan pelek palang berwarna hitam, striping baru dengan paduan warna mencolok dan per suspensi belakang warna kuning. Motor ini juga kerap disebut pelopor pelek racing untuk motor bebek murah.

Baca juga : Plus-Minus Honda Tiger, Motor Favorit Buat Touring Yang Rantainya Berisik Banget

Suzuki Smash SR hadir pada facelift generasi pertama yakni tahun 2005, yang mendapatkan revisi bentuk knalpot lebih mendongak sehingga terlihat padu dengan bentuk motor keseluruhan.

Varian Suzuki Smash NR

Suzuki Smash NR Serba hitam.

Jika varian SR tampil sporty, maka Suzuki Smash NR (Night Rider) ini muncul dengan tampilan serba hitam. Varian ini sendiri muncul pada generasi ketiga yang berubah total dari mesin, bodi dan juga rangkanya.

Suzuki Smash NR disebut menjadi salah satu model terbaik untuk motor bebek murah. Menariknya, kinerja mesin juga mendapat peningkatan performa, sehingga lebih pas dengan tampilannya yang serba gelap.

Baca juga : Mengingat Kawasaki Athlete 125, Motor Ayam Jago Buat yang Gak Bisa Kopling

Sempat Disuntik Mati

Meski kiprahnya terus berkibar sejak tahun 2003 hingga saat ini, namun siapa sangka jika SIS sempat menyuntik mati Suzuki Smash pada tahun 2013. Sebagai gantinya, mereka merilis Suzuki Shooter dengan teknologi injeksi.

Suzuki Shooter sempat menggantikan Suzuki Smash.

Tapi sayangnya sang suksesor justru gagal total lantaran pasar sudah dibanjiri motor matic. Kemudian nama Shooter terdengar asing ditelinga konsumen. Alhasil tahun 2017 Suzuki merilis Suzuki Smash FI hingga saat ini.

Ya meski kalau dilihat-lihat, nyaris tak ada bedanya antara Suzuki Shooter dan Suzuki Smash FI. Keduanya kembar, baik bodi dan mesinnya, hanya ada beda sedikit pada behel saja.

Baca juga : 3 Kelebihan-Kekurangan Yamaha Byson Karbu, Naked Bike Gagah dan Irit Tapi Lemot

Suzuki kerap uji daya tahan motornya sebagai bukti kualitas.

Uji Daya Tahan Sebagai Pembuktian

Suzuki selalu punya cara unik yang sudah menjadi ciri khas untuk setiap pembuktian motor buatannya, yakni dengan uji daya tahan. Khusus untuk Suzuki Smash, uji daya tahan pertama dilakukan pada 2006 dengan 50 jam non-stop dan menempuh jarak 4.226 km.

Baca juga : Kelebihan-Kekurangan Beli Yamaha Scorpio Bekas, Mesin Kuat Tapi Suspensi Gampang Amblas

Lalu pada 2010, 3 unit Suzuki Smash Titan digeber non stop 60 jam lebih dengan jarak 5.070 km di Sirkuit Sentul. Kemudian dilanjut dengan touring 50 hari mengelilingi 570 kota dan melintasi 7 pulau di Indonesia.

Tak heran kalau image mesin Suzuki yang bandel terus bertahan sampai saat ini.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki Smash FI
Lihat