Pekan ini Suzuki Gixxer SF 250 2022 resmi meluncur di Indonesia. Sosoknya pun langsung dipajang di booth Suzuki (Hall 5C) mulai 12 November pada pameran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE, BSD, Tangerang.
Menarik membahas spesifikasi Suzuki Gixxer SF 250 2022. Pasalnya dari segi tampilan dan segmentasi motor ini mencoba bermain di kelas sport touring yang ditunjang dengan fairing mungil. Di dunia motor besar, contohnya seperti Aprilia Tuono 660.
Bisa dilihat dari bentuk windshieldnya yang lebih rendah. Namun headlamp LED dan bodinya menunjukan kesan sporty dengan aksen serba tajam.
Oleh Suzuki, sosok Gixxer SF 250 2022 juga diproyeksi untuk berkendara harian dan jarak jauh. Sehingga kenyamanan berkendaranya juga turut diperhatikan.
Seperti penggunaan split seat yang empuk dan nyaman sebagai akomodasi bagi pengendara dan penumpang. Serta clip-on handle bar (setang jepit) yang membantu posisi berkendara lebih ergonomis.
Dimensi panjang x lebar x tinggi berukuran 2.010mm x 740mm x 1.035mm. Tak jauh berbeda dari Honda CBR250RR yang punya dimensi 2.060mm x 724mm x 1.098mm.
Bahkan dengan wheelbase hanya 1.345mm dan bobot 161 kg berpotensi menjadikan Suzuki Gixxer SF 250 2022 lebih lincah jika disandingkan CBR250RR yang punya sumbu roda 1.389mm dan berbobot 168 kg.
Baca Juga: Suzuki Gixxer SF 250 2022 Dirilis, Harga Rp 49 jutaan Siap Tantang Kawasaki Ninja 250 FI
Bukan cuma tampang, pun demikian dari segi teknologi mesin, terlihat jauh berbeda dari seterunya di kelas motor sport fairing 250 cc di Tanah Air, seperti Honda CBR250RR, Yamaha R25 hingga Kawasaki Ninja 250FI yang punya mesin 2-silinder.
Bahkan teknologinya pun berbeda jika disandingkan dengan sesama pengguna silinder tunggal, yaitu KTM RC250 dan Kawasaki Ninja 250SL. Ini karena Suzuki Gixxer SF 250 tidak dilengkapi sistem pendingin cair yang biasanya dikawal oleh peranti radiator. Sebagai gantinya ada sistem pendingin oli yang dahulu kita kenal pada motor hyperunderbone, Suzuki Satria F150 FU versi karburator.
Teknologi pendinginan tersebut dijuluki Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang memberikan impresi performa dan durabilitas yang tinggi. Kelebihan yang ditawarkan SOCS adalah membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan. Efeknya akan berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.
Baca Juga: Menakar Rivalitas Suzuki Gixxer 250 SF 2021, Menggoda buat Pasar Indonesia?
Sebagai motor sport 250 cc, kaki-kaki wajib terlihat kekar. Untuk itu hadir suspensi depan teleskopik dengan tabung besar, serta kawalan model monosok di belakang. Velg palang 17 incinya terlihat sangar dengan balutan ban 110/70-17 di depan dan 150/70-17 di belakang.
Untuk pengeremannya Suzuki Gixxer SF 250 dibekali disc brake berukuran besar (300 mm) di depan yang dilengkapi Anti-Lock Brake System (ABS) dual channel.
Diimpor utuh dari India, ternyata Suzuki Gixxer SF 250 2022 dijual terbatas nih. Dikabarkan unit yang masuk tidak sampai 60 unit. Sehingga cocok juga dijadikan collector item, apalagi harganya cukup terjangkau yakni Rp 49 jutaan.