Suzuki Gixxer SF 250 2022 dikenalkan di Indonesia belum lama ini, secara terbatas oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Motor sport ini dijual dengan harga Rp 49,3 juta on the road Jakarta.
Untuk tahun ini, motor sport 250 cc silinder tunggal itu hanya tersedia tak sampai 60 unit. Dan sejauh ini pihak Suzuki sudah mengantongi 50 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk motor tersebut.
Suzuki Gixxer SF 250 2022 mengandalkan mesin silinder tunggal, SOHC 4 katup, injeksi dengan pendingin oli, bukan cairan. Spesifikasi inilah yang juga banyak cibir karena masanya dianggap sudah lewat.
Pasalnya kompetitor didominasi dengan penggunaan mesin dua silinder segaris. Kalau pun ada satu silinder, pendinginan mesin sudah menggunakan cairan yang dianggap lebih ampuh menurunkan suhu mesin.
Baca juga : Meski Mengundang Kontroversi, Penjualan Suzuki Gixxer SF 250 2022 Tetap Laris Manis
Tapi oil cooler yang ditanamkan pada Suzuki Gixxer SF 250 2022 ini pun berbeda. Suzuki menyebutnya dengan Suzuki Oil Cooling System (SOCS), yang sejatinya merupakan teknologi baru pabrikan Jepang ini.
Oil cooler sendiri mulai populer saat Suzuki menghadirkan Suzuki FXR150 dan Suzuki Satria F150. Dengan kapasitas mesin besar, kedua motor tadi mengandalkan pendinginan oli untuk membantu menjaga suhu mesinnya.
Nah berbeda dengan SOCS pada Suzuki Gixxer SF 250 2022, yang oil coolernya memiliki jalur khusus bahkan hingga area silinder yang memang suhu panasnya paling tinggi. Dari situs Suzuki Jepang, disebutkan pendinginan ini memanfaatkan oil jacket.
Oil jacket ini mirip dengan water jacket, yakni terdapat saluran khusus untuk cairan pendingin, baik itu oli atau coolant, melintasi dekat ruang pembakaran mesin. Oli yang sudah didinginkan melewati jalur itu untuk menurunkan suhu mesin.
Baca juga : Pilih Motor Sport 250 Cc Silinder Tunggal, Antara Suzuki Gixxer SF 250 2022 atau Honda CBR250R Sempak?
Oli yang telah melewati komponen oil cooler tadi akan langsung dialirkan menuju oil jacket. Pendinginan oli ini juga dibantu oleh kipas elektronik, layaknya mesin dengan radiator.
Penampang pendingin oil cooler pada SOCS ini juga dioptimalkan. Secara fisik memang lebih besar dari milik Suzuki Satria F150, diposisikan vertikal dan didukung kipas pendingin yang besar. Jadi saat macet proses pendinginan bisa tetap sama baiknya.
Suzuki Gixxer SF 250 2022 mengusung mesin dengan spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin oli yang disebut SOCS (Suzuki Oil Cooling System). Kapasitas mesin murninya mencapai 249 cc, dengan output tenaga maksimum 26,5 PS pada 9.300 rpm dengan torsi 22,2 Nm diputaran 7.300 rpm.
Baca juga : Jadi Magnet GIIAS 2021, Suzuki Gixxer SF 250 2022 Diprediksi Moncer!
Motor sport 250 cc silinder tunggal memang kalah populer dari versi dua silinder, tapi bukan berarti pemainnya tak ada. Selain Suzuki Gixxer SF 250 2022, masih ada Kawasaki Ninja 250SL atau akrab juga disapa Ninja RR Mono. Lalu ada pula KTM RC 250.
Meski dianggap ketinggalan zaman, namun kehadirannya seperti kembali me-refresh segmen ini. Pasalnya baik Kawasaki maupun KTM, terlihat adem ayem dengan produk andalannya masing-masing.
Baca juga : Intip Skema Kredit Suzuki Gixxer SF 250 2022, Siapkan DP Mulai Rp5 Juta
Dan berbeda dengan dua kompetitornya itu, Suzuki Gixxer SF 250 2022 justru berkonsep sport touring, karena menawarkan posisi berkendara yang relatif nyaman. Seperti peletakkan setang yang lebih tinggi sehingga badan tak terlalu merunduk.
Spesifikasi Suzuki Gixxer 250 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.010 x 740 x 1.035 mm | |
Sumbu Roda | 1.345 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 800 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat Isi | 161 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, SOCS | |
Kapasitas | 249 cc | |
Diameter x Langkah | 76 x 54,9 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi | |
Transmisi | Manual 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 26,5 PS @ 9.300 rpm | |
Torsi Maksimal | 22,2 Nm @ 7.300 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 150/60-17 | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS |