Ketahui Seluk Beluk Perawatan Motor Kopling Manual, Lebih Rumit Dari Motor Matic?

Perawatan motor kopling, gampang atau susah?
  • Perawatan motor kopling susah atau gampang?
  • Wajib perhatikan rantai jangan kotor
  • Rantai motor kopling tidak boleh kencang atau terlalu kendur

Sekarang ini motor matic menjadi pilihan utama masyarakat. Kemudahan operasional serta akomodasi penyimpanan membuat siapa saja mudah menyukainya. Namun begitu, motor sport atau motor kopling bukannya tidak menarik. 

Jenis roda dua yang satu ini juga memiliki daya tarik. Mulai dari tampilannya yang macho, sporty, dewasa, dan berorientasi pada performa. Sehingga tak heran para konsumennya adalah mereka yang mau tampil beda di jalan. 

Nah Anda salah satu yang tengah berencana beli motor tipe ini? Sebaiknya perhatikan dulu bagaimana perawatannya, termasuk yang mudah dilakukan atau ternyata sulit dikerjakan. Tidak usah yang terlalu besar, kami akan bahas dulu perawatan ringannya berikut ini supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Perawatan motor kopling gampang-gampang susah ternyata.

1. Pastikan Kampas Kopling Selalu Optimal

Karena transmisinya menggunakan kopling yang dioperasikan manual, maka harus perhatikan umur pakai kampas kopling. Ini menjadi suatu keharusan, karena komponen ini bertugas untuk memutus atau menyambungkan distribusi tenaga dari mesin. Sedikit saja mengalami kelainan, harus segera ganti. 

Umumnya umur kampas kopling sekitar 20 ribu km. Tapi bisa lebih singkat tergantung gaya berkendaranya. Kampas kopling yang sudah aus bisa diketahui dengan cara akselerasi menurun, misalnya bisa menempuh kecepatan 80 km/jam dalam hitungan singkat, dengan kampas kopling yang sudah aus maka akselerasinya lebih lama.

Kampas kopling di motor.

Tanda lainnya adalah putaran mesin selalu tinggi tapi output tenaga dari mesin tidak meningkat. Ini karena permukaan kampas kopling yang tidak lagi tebal.

2. Kabel Kopling Harus Senantiasa Enteng

Ketika menggunakan motor kopling, saat berpindah gigi ada kalanya kopling terasa berat dan serat. Ini terjadi karena ada kotoran maupun korosi dari bahan kabel kopling. Apabila menemui hal ini, maka sebaiknya juga langsung ditangani. 

Caranya bisa menggunakan menyemprotkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel kopling melalui tuas di handle bar. Kemudian sambil ditarik-lepas koplingnya sampai terjadi perubahan gerak bebas kopling lebih ringan dan lancar dari sebelumnya. 

Saat kopling terasa berat dan serat, wajib dilumasi.

3. Rutin Bersihkan dan Lumasi  Rantai

Di Indonesia motor kopling kebanyakan masuk kategori motor sport dan sistem penggeraknya menggunakan rantai. Nah bedanya dari matic yang memiliki cover, maka rantai di motor kopling harus rutin dibersihkan agar performa distribusi tenaganya selalu optimal. 

Dengan rutin membersihkan rantai, juga merupakan upaya agar rantai selalu awet. Jadi korelasinya ketika rantai kotor, kemudian bergesekan dengan gear, lama-lama mata gear maupun rantai bisa aus. Ketika ini terjadi, mata rantai menjadi lancip dan rantai lebih renggang. 

Rantai motor kopling harus senantiasa dibersihkan.

Baca Juga: Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

4. Jaga Ketegangan Rantai

Poin keempat ini berkaitan dengan poin tiga. Pemilik motor kopling juga jangan sampai melewatkan jarak ketegangan rantai. Manakala terlalu longgar, ada kemungkinan rantai jadi berisik dan ada kemungkinan lepas dari gear. Bila terlalu kencang, khawatir bisa putus ketika menggebernya kencang. 

"Pada prinsipnya rantai motor yang bekerja dan bergesekan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan rutin. Merawat rantai motor adalah penting untuk memperpanjang umur rantai," ungkap Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno.

Rantai motor kopling setelah dibersihkan harap dilumasi lagi.

Ketika sudah dibersihkan dan gerak bebas rantai diatur kembali, segera lumasi lagi rantai agar mengurangi gaya gesek antara rantai dan mata gear. Kemudian agar tidak timbul bunyi gesekan yang mengganggu kenyamanan berkendara.

5. Pakai BBM Berkualitas & Rutin Servis

Terakhir seperti motor lainnya, menggunakan motor kopling juga harus ingat selalu gunakan bahan bakar berkualitas tinggi. Minimal sesuaikan dengan besaran perbandingan kompresi. Hindari menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan rendah, supaya performa motor selalu optimal. 

Kemudian servis rutin sesuai periodenya juga perlu untuk memastikan kualitas mesin, komponen, maupun sistem penggerak tetap baik. Lalu jangan sampai lalai mengganti oli. Karena pada dasarnya pengunaan motor kopling orientasinya untuk mengejar kecepatan. 

Supaya motor kopling tetap asyik dikendarai, jangan lalai ganti oli berkala.

Pada saat yang sama kerja mesin selalu meningkat, kemudian temperaturnya juga menjadi tinggi akibat gesekan antar komponen yang lebih cepat. Sehingga untuk menjaga mesin selalu awet, pastikan ganti oli sekitar 2.000 km sekali untuk memastikan tidak ada residu akibat gesekan komponen di dalam mesin yang bisa merusak mesin. 

Setelah mengetahui lima perawatan ringan motor kopling tadi, lebih susah atau gampang? Hemat kami sedikit lebih butuh perhatian ekstra daripada motor matic, karena harus rutin mengecek rantai, membersihkannya, kemudian melumasinya lagi. Termasuk pengecekan kabel kopling. 

Baca Juga: Mengingat Kawasaki Athlete 125, Motor Ayam Jago Buat yang Gak Bisa Kopling

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor