Ketangguhan produk dan daya tahan menjadi kunci dari produk-produk Suzuki. Tak heran jika penggemar fanatiknya di Indonesia menyebut motor-motor Suzuki sebagai produk yang terjamin. Salah satunya motor sport fairing Suzuki Gixxer SF 250 yang bisa juga jadi motor offroad.
Ide nyeleneh ini bukan hadir di Indonesia lho. Karena modifikasi Suzuki Gixxer SF 250 lintas aliran alias crossover ini lahir di Jepang. Yaitu digarap oleh Shinyo, youtuber asal Negeri Sakura tersebut.
Agar mampu melibas trek offroad, Suzuki Gixxer SF 250 miliknya tentu sudah dimodifikasi. Meski demikian, tidak menghilangkan identitas bodi dari Suzuki Gixxer SF 250. Jadi bukan seekstrem motor-motor grasstrack Indonesia yang kerap menyisakan sasis dan mesinnya saja.
Hasilnya, meski terlihat nyeleneh tapi Shinyo masih sanggup membawa motor berkelir biru dengan grafis livery tim Suzuki Ecstar MotoGP itu di ajang endurance dan balap offroad amatir. Lalu seperti apa detail ubahannya? Yuk, disimak.
Salah satu sektor paling signifikan dalam rombakan Suzuki Gixxer SF 250 adalah kaki-kakinya. Di mana suspensi depan dibuat lebih keras dibanding standar. Sementara sokbreker belakang juga dibuat lebih tinggi.
Meski velgnya masih terlihat standar, tapi bannya sudah berganti. Kali ini Shinyo memakai model knobby dengan kembangan model tahu untuk mendapatkan traksi optimal di trek tanah.
Ban depannya memakai produk Vee Rubber berukuran 4.60-17. Sementara kombinasi di belakang berbalut ban Kenda dengan dimensi 130/90-17.
Baca Juga: Suzuki Gixxer SF 250 2022 Laris, Cari Tahu 5 Hal Menarik Motor CBU India Ini
Meski masih memakai fairing dan bodi bawaan Suzuki Gixxer SF 250, tapi Shinyo juga memodifikasi beberapa detail lainnya agar lebih nyaman dipakai melibas trek offroad.
Seperti spakbor depan yang dipotong agar lebih pendek. Lalu pelindung headlamp, setang yang diubah model fatbar dari Renthal untuk menunjang handling. Selain itu, sepakbor belakang dan mud guard bawaan Suzuki Gixxer SF 250 pun kena gusur.
Kemudian desain jok yang dibuat lebih tebal serta dilengkapi panel busa tebal di bagian tangki. Tujuan modifikasi tersebut untuk menyesuaikan kontur joknya dengan motor jenis trail atau motocross.
Baca Juga: Mengenal Teknologi SOCS Suzuki Gixxer SF 250 2022, Pendingin Oli Tapi Lebih Canggih
Soal modifikasi yang menyangkut performa, Shinyo memang tidak menyebutkan secara detail. Tapi bisa dilihat, silencer knalpot Suzuki Gixxer SF 250 bawaannya sudah berganti.
Pipanya terlihat lebih panjang dan model single exit atau lubang tunggal. Bukan seperti versi bawaannya yang dual exit. Selain itu, gir belakangnya juga makin besar untuk meraih akselerasi yang lebih spontan.
Sebagai gambaran saja, Suzuki Gixxer SF 250 mengusung mesin SOHC 4 katup satu silinder. Dengan volume 249 cc dan ukuran bore x stroke: 76 x 54,9 mm, torehan tenaganya adalah 26,5 PS di 9.300 rpm. Sementara untuk torsi maksimum dicatatkan 22,2 Nm pada putaran 7.300 rpm.
Lalu apakah Suzuki Gixxer SF 250 cocok untuk kegiatan offroad? Dari video yang diunggah Shinyo pekan lalu, tampaknya Suzuki Gixxer SF 250 keteteran menghadapi motor-motor jenis trail sejati.
Ini karena dimensi bodi yang gambot membuatnya kurang lincah dalam berbelok dan menghadapi rintangan di trek motocross seperti table top dan berm. Meski demikian, tak ada panel bodi dari Suzuki Gixxer SF 250 yang patah akibat aksinya di trek tanah itu.
Nah, terjamin kan!