Filter Udara Motor Kotor Jangan Coba-Coba Dicuci, Wajib Langsung Ganti Baru!

Filter udara motor kotor harusnya langsung ganti baru, jangan dicuci.
  • Filter udara motor kotor wajib diganti, nggak perlu dicuci
  • Filter udara dicuci justru bisa merusak mesin motor

Komponen filter udara motor wajib diperhatikan kondisinya. Dalam keadaan normal perlu dilakukan penggantian maksimal 16 ribu kilometer. Di rentang jarak tempuh tersebut, komponen penyaring udara umumnya sudah kotor dan harus diganti, bukan dicuci!

Namun demikian patokan jarak tempuh tadi sifatnya tidak mengikat. Apabila daerah yang dilewati saban hari penuh debu atau banyak partikel kotoran berterbangan, maka periode penggantian filter udara motor harus lebih sering lagi. Jadi, harus senantiasa cek keadaannya secara berkala. 

Khususnya yang tipe basah, justru bikin kotorannya menggumpal.

Baca Juga: Mau Belajar Naik Motor, Bagusnya Pakai Motor Matic atau Manual Kopling?

Lagipula untuk mengeceknya juga terbilang mudah. Tinggal buka cover boks filter udara dan cek tingkat kekotorannya. Umpama sebelumnya bersih dan kini menghitam lantaran kotoran yang menempel, sebaiknya tak perlu tunda lagi segera ganti penyaring yang baru. 

Mengapa demikian? Menggunakan filter udara yang baru akan mengembalikan kinerja mesin seperti semula, sebab kondisi saringan belum terkontaminasi kotoran. Udara yang masuk ke ruang bakar juga bersih, sehingga performa tarikan mesin lebih enteng, akselerasi mudah didapat. 

Filter motor kotor bisa pengaruhi performa mesin.

Filter Udara Kotor Haram Dicuci

Pabrikan menyarankan pengguna motor langsung mengganti filter udara ketimbang mencucinya. Utamanya jenis filter tipe kertas basah yang sekarang ini banyak diaplikasikan di motor-motor baru, apabila dicuci kena air justru menjadi rusak. Tugasnya menyaring kotoran ketika dipakai lagi malah hilang. 

"Filter udara tipe kertas memiliki cairan semacam oli, yang berfungsi menyaring debu. Kalau kena air kotorannya malah menggumpal," terang Technical Service Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno. 

Perbandingan filter udara motor yang bersih dan kotor.

Kemudian jangan juga disikat dan disemprot menggunakan udara bertekanan. Sebab kotoran bukannya rontok, ada kemungkinan makin menempel ke lapisan kertas sehingga asupan udara yang masuk ke ruang mesin bisa berkurang. Makanya untuk melajukan motor butuh effort yang besar lantaran suplai udara terganggu. 

Baca Juga: Ketahui Seluk Beluk Perawatan Motor Kopling Manual, Lebih Rumit Dari Motor Matic?

Bisa Dibersihkan Asal...

Penanganan yang bisa dilakukan manakala belum mendapatkan bengkel atau pengganti adalah membersihkan komponen tadi, dengan cara menggetok-getokan filter udara ke medium keras, sebagai upaya merontokkan kotoran. 

Kemudian untuk filter udara jenis kertas kering, yang biasanya ditemukan di sepeda motor berpengabut karburator, bisa saja dibersihkan menggunakan semprotan angin. Sebab elemen kertasnya benar-benar kering dan punya ketebalan tertentu. 

Filter udara motor yang bersih bikin tarikan motor enteng lagi.

Tak heran bila di bengkel, banyak mekanik yang menyemprotnya pakai air gun, kemudian debu-debu yang terperangkap keluar semua. Hanya saja tambah Endro, misal kondisi kertasnya sudah mengalami perubahan bentuk, ganti yang baru. "Kalau kotor dan kertasnya banyak yang bengkok harus ganti baru," ujarnya. 

Jadi boleh dibilang Anda harus mengetahui dulu jenis filter udara motor yang dimiliki. Tipe basah dan kering bisa dibedakan dengan cara memegangnya. Tipe basah karena mengandung semacam oli, tentunya akan berminyak. Beda dengan tipe kering yang konturnya lebih kesat. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Harus Segera Beralih dari Motor Biasa ke Motor Listrik

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor