Pekan depan BMW Motorrad Indonesia akan meluncurkan motor baru BMW M1000RR, superbike yang terjun di kejuaran WSBK. Tapi yang akan dijual BMW Motorrad merupakan versi legal street alias bisa mengaspal di jalanan umum, jadinya akan punya kelengkapan spion dan pelat nomor pastinya.
Dalam undangan resmi yang diterima redaksi AutoFun Indonesia, moge berperforma tinggi itu akan meluncur pada Rabu, 16 Februari 2022 di BMW Motorrad Flagship Store di Jakarta Selatan. Tentu saja spesifikasinya bikin ngiler!
Baca Juga: Harga BMW R18 Classic 2021 Rp 100 Juta Lebih Mahal Dari BMW R18 First Edition, Ini Beda Keduanya
Dengan kehadiran kuda besi buas ini tentunya akan semakin melengkapi line up motor sport BMW Motorrad Indonesia. Sebelumnya perwakilan pabrikan bavaria di Indonesia ini telah merilis HP4 Race dan S1000RR baru. BMW M1000RR sendiri telah melakoni debut globalnya pada September 2020 lalu.
Secara rancang bangun, BMW M1000RR bisa dibilang merupakan versi penyempurnaan dari BMW S1000RR. Dari tampilannya saja tak beda jauh bak pinang dibelah dua. Sasisnya pun juga tetap mengandalkan alumunium, belum karbon selayaknya BMW HP4 Race.
Bedanya ada di beberapa add on dan unsur estetika khas M-Sport BMW. Dari depan terdapat winglet untuk menambah aerodinamika baik saat menikung maupun berakselerasi selepas belok.
Tak lupa karena merupakan produk yang dikembangkan oleh divisi motorsport BMW dengan M package, ada tambahan part dan komponen karbon untuk melengkapinya makin memiliki 'sporty look'. Tengok saja peleknya, tampak serat karbon yang memikat para pecinta roda dua.
Berdasarkan data teknis, BMW M1000RR menggendong mesin berkapasitas 999 cc, berpendingin cairan, 4-silinder inline, dengan BMW ShiftCam. Di atas kertas menjanjikan tenaga 212 Hp di 14.500 rpm dan torsi 113 Nm pada putaran 11.000 rpm, yang disalurkan transmisi manual 6-percepatan.
BMW mengklaim kecepatan puncaknya bisa menyentuh 306 km/jam. Kemudian ada juga data konsumsi bahan bakarnya sekitar 15,3 km/liter dengan kapasitas tangki 16,5 liter. Yang punya Honda Brio pasti kaget karena lebih irit bensin.
Baca Juga: Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi
Terlepas dari hal itu, keasyikan berkendara selama di sirkuit ditopang oleh kopling anti-lompat. Apabila ditunggangi di jalan biasa, akan lebih aman karena telah disematkan rem ABS Pro dengan mode Rain, Road, dan Dynamic yang bisa diatur sesuai kebutuhan serta kondisi.
BMW M1000RR punya tinggi jok 832 mm. Bagi kebanyakan postur orang Indonesia tentu akan terasa ketinggian saat menungganginya. Bila disamakan seperti Honda ADV150 yang tinggi joknya sekitar 795 mm, jadi nggak begitu jauh dengan BMW M1000RR beda sekitar 3 cm.
Adapun bicara kaki-kakinya menggunakan suspensi upside-down untuk depan dan belakang pakai monosok dengan lengan ayun alumunium. Semuanya bisa diatur tingkat rebound, preload, maupun kompresinya sesuai preferensi. Lanjut pengereman pakai M Brake 4 piston di depan dan belakang 2 piston.
Selebihnya dalam keadaan standar, BMW M1000RR telah dilengkapi fitur penunjang kenyamanan, dukungan berkendara yang lebih mumpuni, hingga peranti untuk keselamatan siapa pun pengendaranya yang terdiri dari:
Baca Juga: Siap-Siap, Motor Listrik Kolaborasi TVS dan BMW Dijual Akhir 2023