Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi

Perjalanan Honda Vario 150 hingga menjadi Honda Vario 160.
  • Muncul pertama kali tahun 2015, berbagi basis dengan versi 125 cc.
  • Selalu muncul dengan dek rata untuk fleksibilitas pengguna.
  • Honda Vario 160 ditawarkan dengan dua tipe.

Selain Honda BeAT dan Honda Scoopy, Honda Vario juga menjadi salah satu model andalan PT Astra Honda Motor (AHM). Setelah menghadirkan versi 125 cc, AHM juga menyuguhkan versi mesin 150 cc pada tahun 2015 lalu.

Sejak saat ini motor ini menjadi pilihan konsumen yang ingin motor berdesain sporty, praktis dikendarai namun punya performa yang mumpuni. Sejak 2015, sudah ada tiga generasi dari Honda Vario 150 hingga Honda Vario 160 yang dikenalkan belum lama ini.

Setiap generasinya selalu membawa perubahan dari sisi teknologi yang ditawarkan. Hal ini pula yang menjadi nilai jual dan pilihan baru untuk konsumen, yang menyukai motor berteknologi tinggi.

Baca juga : Catatan! Honda Vario 160 ABS 2022 Gak Boleh Sembarang Ganti Cakram

Seperti yang disampaikan Thomas Wijaya, Marketing Director AHM saat pengenalan Honda Vario 160 awal Februari lalu. Jika motor satu ini selalu ada peningkatan teknologi ditiap generasinya.

Lalu teknologi apa saja yang dibawa Honda Vario 150 pertama kalinya, hingga akhirnya menjelma menjadi Honda Vario 160 pada awal tahun 2022 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Honda Vario 150 2015

Hadir pertama kali bersamaan dengan peluncuran model baru dari Honda Vrio 125. Keduanya memang saling berbagi basis desain dan rangka, namun punya perbedaan khususnya pada bagian mesin dan juga teknologi yang dibawanya.

Pada Honda Vario 150 2015, AHM menanamkan sejumlah fitur andalan seperti mesin berteknologi eSP, rem Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS), ACG Starter hingga kunci dengan Answer Back System juga Alarm System.

Honda Vario 150 saat dikenalkan 2015 lalu.

Semuanya tentu disempurnakan dengan fitur-fitur standar matic Honda seperti Parking Brake Lock dan Side Stand Switch. Bagasi yang berukuran luas dengan kemampuan menampung helm tetap jadi andalan.

Baca juga : Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!

Mesinnya 150 cc, silinder tunggal, SOHC 2 katup pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm dengan rasio kompresi 10,6:1. Tenaganya mencapai 12,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi puncak 12,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda Vario 150 2018

Pada model ini lagi-lagi meluncur bersamaan dengan versi 125 cc. Desainnya menjadi lebih agresif dengan bodi depan yang tebal serta lampu LED DRL yang kini tak menempel dengan lampu utamanya. Sepakbor belakang ala motor sport dengan lampu sein model batang. Seluruh lampu pun sudah LED.

Honda Vario 2018 saat rilis.

Peningkatan teknologi pada model ini adalah hadirnya Smart Key System atau biasa disebut kunci keyless. Dan hanya Honda Vario 150 yang menggunakan kontak jenis ini, versi 125 cc masih pakai kunci berpengaman magnet.

Update kedua adalah panel meter full digital dengan layar LCD yang terhitung informatif. Dengan isi spidometer, fuel meter, jam digital, trip meter dan konsumsi bahan bakar rata-rata serta aktual berupa bar yang naik-turun sesuai bukaan gas.

Baca juga : Simak 6 Hal Unik Honda Vario 160 2022, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Tampak belakang sporty sudah jadi ciri khas.

Dengan menggendong dapur pacu yang sama, namun pada generasi ini ada sedikit peningkatan output. Yakni tenaga menjadi 13,1 PS di 8.500 rpm, ebgitu pula dengan torsi yang menyentuh 13,4 Nm di 5.000 rpm.

Honda Vario 160 2022

Pada model terbaru ini, Honda Vario 160 naik kelas dengan mengusung mesin eSP+, 156,9 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI. Ukuran pistonnya 60 mm dengan langkah piston 55,5 mm serta rasio kompresi yang cukup tinggi, mencapai 12:1.

Baca juga : Honda Vario 160 2022 Akhirnya Meluncur, Cek Ubahan Sasis, Mesin Hingga Fiturnya!

Honda Vario 160 2022.

Honda Vario 160 mampu menggapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Output ini lebih kecil dari Honda PCX 160, yang juga pakai mesin sama. Tapi karena lebih ringan, performanya jadi lebih gesit.

Pada generasi ini pula Honda Vario 160 dimasukkan kategori matic premium dengan dua tipe pilihan, yakni CBS dan ABS. Pembeda keduanya ada pada opsi warna, emblem dan juga pengeremannya. Untuk tipe ABS sudah pakai cakram pada roda belakang!

Honda Vario 160 ditawarkan dengan dua tipe.

Tak hanya itu, desain pelek dan ukuran ban pun diperbesar menjadi 100/80-14 dan yang belakang 120/70-14. Di sisi akomodasi terdapat 2 kompartemen di bawah setang. Yang kiri dilengkapi penutup dan ada power outlet di dalamnya.

Kelengkapan standar pada Honda Vario 150 pun tetap dipertahankan seperti ACG Starter, Idling Stop System, Smart Key System, Side Stand Switch hingga panel meter full digital yang sayangnya punya bentuk masih mirip model sebelumnya.

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 160
Lihat