Minat Yamaha Mio Karbu? Kenali Dulu Ragam Penyakit Khasnya

Yamaha Mio Karburator awalnya untuk wanita.
  • CVT kerap berdecit karena kampas kopling tak menggigit sempurna.
  • Karburator tipe vakum kerap muncul sejumlah masalah.

Akhir-akhir ini banyak motor lawas yang direstorasi dan digunakan kembali untuk riding harian dan juga riding santai kala akhir pekan. Biasanya penikmat motor bekas dan direstorasi adalah anak-anak muda yang ingin suatu hal yang unik.

Yamaha Mio karbu jadi motor matic yang saat ini lagi banyak dicari. Harga unit bekasnya pun mulai merangkak naik, dan tak jarang banyak yang menggoreng harganya jualnya jadi lebih mahal, dengan label 'yang tau-tau aja'.

Jika memang kalian mengincar Yamaha Mio karbu, baiknya harus ketahui dulu ragam penyakit khas yang kerap menyerang motor matic satu ini. Tenang, karena motornya relatif sudah berumur, bengkel-bengkel banyak yang paham kok cara mengatasinya.

Baca juga : Harga Bekas Yamaha Mio Karbu Mulai 'Digoreng'? Tenang, Stok Melimpah Harganya Tetap Murah

Suara Decit di CVT

'Cittt...Cittt...Cittt...' kalau ada suara itu bukan berarti ada tikusnya ya. Suara decit di CVT ini biasanya timbul ketika berakselerasi dari posisi diam atau kecepatan rendah. Tapi kalau sudah jalan, suara itu hilang kok.

Suara decit tadi timbul karena kampas kopling selip, karena adanya minyak yang berasal dari sliding shave pada pulley belakang. Grease tadi mengenai mangkok kopling dan menimbulkan selip dengan kampas saat kedua part tadi bergesekan.

CVT wajib dibongkar dan periksa.

Solusinya tentu bongkar part CVT, bersihkan kampas kopling dan mangkok kopling dari minyak. Jangan lupa sliding shave dibersihkan dan berikan grease yang baru.

Langsam Tinggi

Selain karena usia karburator tipe vakum yang sudah termakan usia, langsam atau putaran mesin tinggi juga bisa disebabkan karena karet intake atau manifold sobek. Akibatnya ada udara yang langsung masuk menuju ruang bakar.

Solusinya tentu dengan memeriksa kondisi karet intake, jika rusak baiknya langsung ganti baru. Karburator pun sebaiknya dibelikan repair kit untuk mengganti komponen-komponen di dalamnya.

Baca juga : Terhitung Langka, Harga Yamaha Mio Fino Karbu Stabil, Desain Retro Unik Tapi Sahabat SPBU

Karburator tipe vakum.

Selang Vakum

Tanpa adanya keran bensin manual, Yamaha Mio karbu mengandalkan selang vakum untuk membuka katup keran bensin secara otomatis. Tugas selang vakum ini mengalirkan bahan bakar menuju karburator.

Jika selang vakum sobek maka mesin akan terasa ngempos, tak ada tenaga meski tuas throttle sudah dibuka besar. Yang ada malah konsumsi bensin jadi semakin boros. Karena sudah berumur, sebaiknya ganti selang vakum saat sudah mendapatkan unit incaran.

Mesin Brebet

Yamaha Mio tiba-tiba mesinnya brebet maka masalahnya tak jauh dari karburator. Sebab pertama per skep lemah, padahal tugasnya mengembalikan posisi skep karburator pada posisi awal ketika gas diturunkan.

Baca juga : Simak Daftar Harga Skutik Murah Tengah Tahun, Yamaha Mio Z Cuma Rp 15 Jutaan!

Yamaha Mio Sporty.

Sebab kedua adalah jarum skep bengkok, yang akan mengganggu suplai udara untuk pengabutan bahan bakar terganggu. Jarum yang bengkok juga berakibat karburator jadi kebanjiran bensin.

Penyebab lainnya karena karburator sudah kotor, karena banyak debu masuk akibat melepas filter udara. Debu-debu halus tadi lama-lama kaan merusak internal karburator. Maka baiknya setelah mendapat unit incaran, langsung servis dan cek kondisi karburator ya!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor