Honda CBR1000RR-R SP 30th Anniversary Menyapa Indonesia, Harganya Rp 1,058 Miliar!

Honda CBR1000RR-R SP 30th Anniversary Edition
  • Edisi spesial memperingati kehadiran Fireblade sejak 1992
  • Menganut teknologi RC213V dan RC213V-S
  • Dibanderol Rp 1,058 Miliar

Setelah resmi menjual Honda Vario 160 2022, dilanjut dengan hadirnya Honda Genio 2022, lagi-lagi PT Astra Honda Motor (AHM) menjual sepeda motor terbarunya. Kali ini hadir dari keluarga big bike.

Yang dijual kali ini Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dengan edisi khusus merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade, atau disebut CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary. Motor ini sendiri menjadi salah satu ikon terbaik sepeda motor berperforma tinggi Honda, yang hadir sebagai episentrum filosofi Total Control. 

Kehadirannya siap menawarkan pengendalian sempurna dan sensasi berkendara yang memacu adrenalin layaknya tunggangan MotoGP yang bisa dikendarai di jalan raya. Masih terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung beragam teknologi mutakhir untuk mendukung performanya.

Seperti rombakan saluran udara masuk (intake system) untuk menaikkan performa mesin pada putaran menengah, serta penambahan gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi dan menambah rigiditas handling.

Baca juga: Kesempatan Untuk Warga Jabar, Honda CB150R Streetfire Dan CBR150R Kena Diskon Lumayan Nih!

CBR1000RR-R Fireblade SP bersanding dengan Fireblade generasi pertama

Edisi spesial ini merayakan kehadiran Fireblade sejak 1992 yang terlihat dari penampilan berbagai sektor. Mulai dari pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada banyak detail sepeda motor.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya menyampaikan, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP edisi spesial 30 tahun ini hadir dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia, terutama yang menginginkan sepeda motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan sensasi berkendara maksimal di sirkuit.
 
“Motor ini akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” ujarnya.

CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport Honda. Desainnya agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika. Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Baca juga: Kekarnya Honda CB150R Streetfire, Comot Kaki-Kaki CBR250RR dan Bodi Disiram Cat Bunglon Unik!

Desain bodi aerodinamis khas tunggangan balap

Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan futuristik. Terdapat winglet yang diadopsi dari Honda RC213V untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat kecepatan tinggi atau saat melaju kencang saat keluar dari tikungan.

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin menengah.

Cover tangki bahan bakar tetap berdesain ergonomis, agar pengendara bisa mendapatkan posisi paling ideal untuk mengurangi hambatan angin. Sasis utama Honda CBR1000RR-R SP menggunakan bahan aluminium, mendekap mesin lebih baik untuk memperbaiki kelincahan berkendara.

Sementara itu, jarak sumbu roda yang sebelumnya 1.455 mm, kini dibuat lebih panjang menjadi 1.460 mm. Hal ini dikarenakan gir belakang ditambahkan 3 gigi, dari 40 mata menjadi 43 mata untuk menambah akselerasi saat dibutuhkan pada putaran menengah. 

Baca juga: Honda CBR150R Lokal Cocok Dipinang, Harga Gak Lebih Mahal Dari Revo Koperasi!

Spidometer digital dengan layout yang mirip dengan motor balap

Wheelbase yang lebih panjang ini juga memberi perbaikan pada sisi kestabilan berkendara dalam kecepatan tinggi. Semua informasi pada panelmeter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT, bisa dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara.

Edisi Spesial 30 Tahun

Sebagai penanda bahwa model yang dihadirkan AHM adalah edisi spesial merayakan ulang tahun Fireblade yang ke-30, terdapat beberapa ciri khusus pada detail sepeda motor. Warna dasar bodi putih, diberi aksen grafis warna biru pada sepatbor depan serta bagian belakang.

Kombinasi merah-biru terdapat pada bagian tangki, bodi samping dan depan, serta fairing. Semua ini disematkan demi mendapat identitas Honda Tricolor yang sudah ada sejak pertama kali Fireblade dilahirkan.

Remote smartkey khusus CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary

Ketika memutar kunci kontak sebelum menyalakan mesin, pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30 tahun pada layar panel. Lalu pada bagian setang, juga terdapat penanda berupa serial number yang digoreskan menggunakan laser. 

Baca juga: Honda CBR250RR 2022 Serba Hitam Dikenalkan, Harga Tembus Rp 100 Juta!

Ciri lain ada pada smart key yang mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer knalpot Akrapovic.

Ada opening spesial ketika spidometer baru dinyalakan

Performa Mumpuni

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung sebuah level baru dari performa mesin empat silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan Honda RC213V dengan bore 81 mm dan stroke 48,5 mm. 

Tercatat tenaga maksimalnya 217,5 ps di 14.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 112 Nm pada 12.500 rpm. Piston terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibadingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya. 

Baca juga: Timang-Timang Honda CBR150R 2022 atau Yamaha R15 Connected 2022, Mau Pilih Mana?

Sistem Built-in Bottom Bypass pada CBR1000RR-R Fireblade SP

Detail lain ada pada camshaft yang diberi lapisan khusus disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35% dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Connecting rods menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya lebih ringan 50%.

Teknologi terdepan pada superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, sistem sirkulasi air pendingin yang dialirkan lansung dari radiator tepat menuju komponen utama water jacket. Lalu terdapat New Multi-point Piston Jet, teknologi yang mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Tugasnya menjaga temperatur piston dan mengurangi gesekan berlebih.

Disematkan Beragam Fitur Canggih

Performa tinggi sektor dapurpacu diimbangi dengan hadirnya peranti elektronik paket lengkap. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dibekali sistem bukaan gas via electrical wire yang presisi, akrab disebut Throttle by Wire. 

Sensor advance Inertia Measurment Unit (IMU) 6-Axis mampu membaca pergerakan sepeda motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan; hard, medium, dan soft yang berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

Baca juga: Seberapa Nyaman Honda CBR150R 2022 Dipakai Harian? Ini Jawabannya

Lubang air duct CBR1000RR-R Fireblade SP yang terhubung dengan air cleaner box

Kemampuan sepeda motor sangat fleksibel dengan Riding Mode yang mempunyai tiga mode. Masing-masing mode akan mengatur untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3). 

Paket tersebut semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah Honda CBR1000RR-R Fireblade SP terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu cepat. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift Control yang mencegah ban belakang terangkat karena mengerem terlalu keras.

Gak ketinggalan ada juga fitur Start Mode pada Honda CBR1000RR-R Fireblade SP. Sistem ini menjaga putaran mesin tetap konstan saat melakukan start, membuat pengendaranya berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan mulai 6.000 rpm hingga 10.000 rpm.

Fitur Assist & Slipper Clutch menjadi peranti standar untuk memperingan pengoperasian kopling dan menghilangkan efek ban mengunci saat melakukan engine brake. Tipe SP ini dibekali Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi naik atau turun semakin cepat dan tanpa jeda. 

Baca juga: Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya

Pengereman gagah menggunakan kaliper Brembo radial dengan cakram 330 mm

Suspensi depan menggunakan tipe Inverted Telescopic Ohlins Smart-EC dan tipe Pro-Link with Gas Chamber Ohlins Smart-EC di belakang. Keduanya bisa di-adjust via setting-an mode berkendara.

Sementara itu di sisi pengereman memakai Dual Front Disc Brake 330 mm dengan kaliper Brembo Radial 4 piston, belakang pakai Brembo 2 piston dengan cakram 220 mm. Keduanya dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dalam dua mode yang bisa dipilih. 

Swingarm pakai bahan alumunium yang dimensinya 30,5 mm lebih panjang dibandingkan Fireblade generasi terdahulu. tapi bobotnya sama. Knalpot menggunakan hasil kolaborasi antara Honda dan Akrapovic berbahan titanium.

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun dengan warna khas Honda Tricolor ini dipasarkan oleh AHM dengan banderol Rp 1,058 miliar on the road DKI Jakarta.

Ada yang minat meminangnya?

Silencer knalpot kerjasama Honda dengan Akrapovic, ada tulisan khusus 30 Anniversary

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR1000RR-R
Lihat