Jika di MotoGP Mandalika 2022 beberapa waktu lalu tim Ecstar Suzuki mengandalkan matic Suzuki Nex II dan Nex Crossover sebagai motor paddock, maka beda lagi di seri Argentina. Pasalnya, motor yang dipakai malah andalan pak pos jadul.
Eits, memang sepintas mirip Suzuki Econos A100 yang dipakai oleh pak pos di era Orde Baru ya. Tapi motor ini benar-benar baru kok. Julukannya Suzuki AX-100 dan masih dijual di Argentina sebagai andalan di segmen entry level.
Baca Juga: Klimaks! Aleix Espargaro Beri Kemenangan Pertama Aprilia di MotoGP Argentina
Ditilik secara spesifikasinya, Suzuki AX-100 masih mengusung mesin yang bertipe 2-tak dengan kapasitas 100 cc. Tipenya square dengan ukuran diameter x langkah piston 50 x 50 mm. Kompresinya pun rendah, yakni 6,6:1 saja dan masih memakai sistem karburator.
Mesin satu silinder berpendingin udara tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 10 PS di 7.500 rpm. Perpindahan tenaga mesin ke roda belakang mengandalkan transmisi manual 4-speed.
Jika melihat speknya yang mirip, mungkin Anda akan terkecoh dan membandingkan dengan mesin Suzuki Econos A100 di Indonesia. Tapi lihat lagi, mesin Suzuki AX-100 sudah bertipe tegak dengan posisi karburator di belakang.
Sedangkan Suzuki Econos A100 mesinnya terlihat lebih rebah. Selain itu, posisi karburatornya juga unik karena tersembunyi di balik cover crankcase sebelah kanan.
Meski demikian, tampilan klasik Suzuki AX-100 membuatnya seperti masih identik dengan sosok Suzuki Econos A100. Tengok saja lampu utamanya yang berbentuk kotak kaku. Pun demikian dengan sein dan stoplamp yang juga klasik. Jangan bayangkan sudah bersistem LED, semua lampunya masih bohlam.
Begitu pula pada bentuk tangki dan bodi sampingnya yang juga berdesain jadul. Belum lagi sektor kaki-kakinya yang jauh dari kesan modern.
Suspensi depan teleskopik yang bagian selongsongnya ditutup cover bergaya up side down seperti Honda S90Z. Sementara sokbreker belakangnya tipe ganda. Peleknya jari-jari berdiameter 18 inci.
Baca Juga: Nuansa MotoGP Mandalika Hadir di IIMS 2022, Ada Motor Balap Sampai Merchandise
Dengan sederet keunikannya, tim Suzuki Ecstar kerap membuat paddock bike tersebut sebagai bahan lelucon. Seperti terlihat pada postingan di akun Instagram resminya.
Semisal ada foto Suzuki AX-100 didandani layaknya motor balap dengan pemasangan fairing Suzuki GSX-RR. Lalu ada pula video saat tim berpura-pura memanaskan mesin Suzuki GSX-RR, tapi dengan bunyi mesin 2-tak.
Benar-benar seperti mesin waktu yang bikin penggunanya seolah berada di era 30 tahunan silam.