Pakai Mesin Melintang, Moto Guzzi V85 TT Travel 2022 Punya Torsi Badak!

Test ride Moto Guzzi V85 TT Travel
  • Dibanderol Rp 700 jutaan on the road Jakarta
  • Mesin 853 cc trasnversal 90 derajat jadi ciri mesin Moto Guzzi
  • Torsi kuat sejak di bawah 5.000 rpm

Moto Guzzi yang tergabung dalam Piaggio Group punya line up yang beragam dengan keunikan di sektor mesin. Itu karena produk ini punya posisi silinder mesin yang unik.

Bukan sejajar di depan, bukan V layaknya Ducati atau Harley-Davidson, tapi posisi silindernya justru V tapi melintang ke samping. Itu membuat blok silinder dan kepala silindernya sangat terekspos.

Ini juga yang digunakan oleh Moto Guzzi V85 TT Travel yang didatangkan ole PT Piaggio Indonesia dengan banderol Rp 690 juta on the road Jakarta. Lantas seperti apa sensasi dari mesinnya?

Transversal Engine

Moto Guzzi V85 TT Travel dibekali dengan mesin 853 cc 2 silinder transversal engine 90° yang membuat kedua silindernya nongol dari balik tangki bensin. Oiya pendinginannya masih mengandalkan udara.

Baca juga: Moto Guzzi Kenalkan Dua Moge Edisi Terbatas di Indonesia, Harga Tembus Rp 670 Juta

Blok silinder dan kepala silinder nongol di bawah tangki jadi ciri dari Moto Guzzi

Jadi wajar kalau berkendara di kondisi macet menggunakan motor ini akan terasa hawa hangat di sekitar kaki pengendara, tapi masih dalam batas wajar kok. Kombinasi diameter piston 84 mm dengan panjang langkah 77 mm memberi karakter torsi kuat pada mesinnya.

Klaimnya punya tenaga maksimal 77 ps di 7.500 rpm dengan muntahan torsi 81,8 Nm pada 5.000 rpm. Bahkan klaimnya, 90% torsi mesinnya sudah bisa dirasakan sejak 3.750 rpm. Wow!

Karena hal itu, berkendara menggunakan Moto Guzzi V85 TT Travel tidak membutuhkan rpm tinggi. Cruising dengan rpm rendah tetap terasa menyenangkan, untuk sekadar menyalip atau menanjak cukup puntir selongsong gas tanpa perlu turun ke gigi lebih rendah.

Langkah piston yang panjang juga menghasilkan karakter suara yang khas dengan jeda dentuman yang cukup jauh. Di mesin terbaru ini, getaran mesin sudah tidak terlalu terasa. Tapi saat starter awal tetap akan merasakan gebukan mesinnya yang membuat motor bergoyang.

Baca juga: Video: Simak 2 Motor Baru Moto Guzzi, Butuh Buat Blusukan atau Pilih Riding Santai?

Silincer knalpotnya ngumpet di balik boks sebelah kiri

Saluran tenaga mesinnya diteruskan dari transmisi menuju roda belakang menggunakan drive shaft atau biasa dikenal gardan. Ini pun membuat Moto Guzzi V85 TT Travel jadi satu-satunya yang menggunakan gardan di kelasnya.

Sisi positif penggunaan gardan adalah tenaga yang lebih instan, karena karakter gardan yang lebih rigid dibanding rantai. Selain itu juga lebih minim perawatan, karena tidak perlu ada pelumasan rutin, yang penting mengganti oli gardannya sesuai anjuran pabrikan.

Meski mesinnya terkesan besar, tapi ternyata handle kopling terasa ringan saat dioperasikan. Perpindahan gigi juga terasa halus, dengan begitu tidak terlalu menguras tenaga pengendaranya saat berlama-lama mengendarai Moto Guzzi V85 TT Travel.

Terdapat tiga riding modes bawaan Moto Guzzi yang bisa dipilih, yaitu Road, Rain, dan Off Road. Selain itu ada satu riding modes Custom yang parameternya bisa diatur sesuai keinginan pengendaranya.

Baca juga: Jangan Kaget, Kredit Moto Guzzi V85 TT Travel Uang Mukanya Bisa Untuk Beli Honda BR-V 2022 Lho!

Meski mesin besar, tapi handle koplingnya empuk

Tiap riding modes akan memberikan sensasi yang berbeda dari segi engine mapping, kalibrasi MGTC (Moto Guzzi Traction Control), ABS, dan respon gas dari selongsong gas ride-by-wire nya.

Akselerasi Moto Guzzi V85 TT Travel

Parameter yang perlu diuji di setiap sesi test ride adalah pengujian akselerasi menggunakan alat Racebox yang mengukur kecepatan berdasarkan GPS. Punya berat kering 210 kg, ternyata jadi salah satu yang bikin catatan waktunya merosot.

Terlebih setelah beberapa kali pengetesan, tercium aroma hangus dari kopling keringnya. Tentu ini membuat akselerasi semakin pelan akibat selip dari kopling yang hangus.

Untuk itu kecepatan 0-60 km/jam cukup ditempuh dalam waktu 2,63 detik, kecepatan 0-100 km/jam dicapai dalam 5,16 detik, dan jarak 0-402 meter harus ditempuh dalam waktu 13,65 detik.

Baca juga: Moto Guzzi V100 Mandello 2022, Motor Tourer Maha Karya 100 Tahun Nan Ikonik

Spidometer menampilkan informasi yang lengkap dan mudah dipantau

Konsumsi BBM Moto Guzzi V85 TT Travel

Karena punya segmen adventure, tentu membuat kapasitas tangki bahan bakar Moto Guzzi V85 TT Travel jadi lebih gambot. Ini bertugas untuk menunjang selama perjalanan agar tidak sering mampir ke stasiun pengisian bahan bakar.

Untuk mengukur rata-rata konsumsi bahan bakarnya, tangki bensin 23 liternya diisi penuh dengen bensin RON 92 yang masih sanggup diledakan perbandingan kompresi 10,5:1 yang dianut Moto Guzzi V85 TT Travel.

Setelah itu motor Rp 700 jutaan ini diajak berkendara ke berbagai kondisi jalan dengn gaya berkendara yang variatif. Akhirnya informasi di spidometernya menunjukan average fuel consumption 26 km/liter.

Artinya sekali isi penuh tangki 23 liternya, Moto Guzzi V85 TT Travel bisa menempuh jarak hingga 598 km. Dijamin jarang mampir pom bensin deh

Data Tes Moto Guzzi V85 TT Travel
0-60 km/jam 2,63 detik
0-80 km/jam 3,74 detik
0-100 km/jam 5,16 detik
0-100 meter 5,82 detik
0-200 meter 8,72 detik
0-402 meter 13,65 detik
Konsumsi BBM 26 km/liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Moto Guzzi V85 TT Travel
Lihat