Intip Spek Vespa Elettrica, Pakai Baterai Tanam, Torsi Puncak 200 Nm!

Vespa Elettrica resmi dijual di Indonesia
  • Pakai baterai Lithium Ion LG Chem.
  • Kecepatan maksimal 70 km/jam.
  • Ada maksimal genangan air untuk dilibas.

PT Piaggio Indonesia secara resmi menjual Vespa listriknya, diberi nama Vespa Elettrica dengan warna Azzurro Elettrico didatangkan langsung dari Italia punya harga jual Rp 198 juta on the road DKI Jakarta.

Vespa Elettrica mengambil basic dari Vespa Primavera (Spesifikasi | Berita) yang ikonik dengan lampu utamanya yang bulat, di dalamnya terdapat lampu LED untuk sebagai penerang lampu jauh dan dekatnya.

Dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, seperti apa spesifikasi dan keunggulan dari motor satu ini?

Jika menelisik fitur, pertama ada penggunaan spidometer TFT display 4,3 inci berisikan informasi cukup lengkap.

Seperti kecepatan, mode berkendara, jarak tempuh yang tersisa dalam km, tingkat pengisian baterai dalam satuan persentase (%).

Dan tentu saja fitur konektivitas MIA yang memungkinkan smartphone terhubung dengan spidometer.

Baca juga: Lampu Daymaker Buat Vespa Hingga RX-King Ini Cuma Rp 300 Ribuan

Hadir dengan warna Azzurro Elettrico

Bahkan dalam panel tersebut pengguna dapat melihat informasi yang lebih luas termasuk waktu dan jarak tempuh, kualitas berkendara ramah lingkungan, serta kapasitas energi. 

Selain itu dapat pula menampilkan statistik pada 30 perjalanan terakhir, push notification tentang status pengisian baterai, jumlah siklus pengisian ulang yang dilakukan, dan masih banyak lainnya.

Baterai Lithium-Ion 48,1 V 86,4 Ah Vespa Elettrica

Sebagai sumber daya utama untuk menggerakan motor listriknya, Vespa Elettrica menggunakan baterai lithium-ion yang tertanam pada motor, buatan LG Chem.

Ini merupakan baterai yang juga digunakan pada mobil Tesla dan beberapa model premium lainnya.

Spesifikasi baterai yang punya berat mencapai 25 kg ini adalah 4,2 kWh dengan voltase 48,1 volt, 86,4 Ah yang dilengkapi dengan BMS atau Battery Management System.

Baca juga: Perkuat Pasar Jatim, Piaggio-Vespa Rambah Wilayah Madiun

Baterai terletak di bawah bagasi sehingga tidak mengorbankan ruang penyimpanan

Pengisian baterai membutuhkan daya 1.500 watt bertegangan 220 V yang setidaknya memakan waktu 4-8 jam tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian.

Baterai ini memiliki 1.000 siklus pengisian penuh, bahkan setelah itu baterai masih mempertahankan 80% kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna.

Elettrica dilengkapi juga dengan fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Baterai Vespa Elettrica telah memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah, rasa aman kembali diberikan karena adanya garansi baterai selama 3 tahun.

Baca juga: Canivespa Rayakan Ultah ke-7, Gelar Lelang Amal Vespa Sprint 1969

Pengisian baterai butuh daya 1.500 watt 220 volt selama 4-8 jam

Posisi baterai yang terletak di bawah kompartemen helm, membuat battery pack ini tidak mengorbankan fungsionalitas kompartemen jok Vespa Elettrica.

Artinya bagasi tetap luas dan tetap bisa menampung sebuah helm standar, seperti helm bawaan Vespa.

Selain baterai besar, Elettrica juga dilengkapi dengan baterai alias aki 12 volt 6 ampere yang sama seperti varian Vespa lain.

Tugasnya untuk menghidupkan kelistrikan motor dan memberikan arus atau daya ke Vehicle Management System atau VMS.

Tanpa baterai kecil ini, Elettrica tidak akan bisa hidup karena VMS tidak mendapatkan daya.

Baterai kecil ini dicas dari baterai besar selama Elettrica berjalan, pengisian daya baterai kecil juga bisa didapatkan selama proses pengecasan baterai besar.

Torsi 200 Nm & Kecepatan Maksimal 70 Km/jam

Siklus tenaga dari Vespa Elettrica dimulai dari putaran hangrip, lalu sinyal atau perintah bukaan gas diterima oleh VMS.

Berikutnya VMS akan memerintahkan baterai untuk mengeluarkan daya sesuai putaran gas yang kemudian disalurkan ke powertrain atau dinamo, terakhir dinamo akan memutar gearbox dan roda belakang.

Baca juga: Vespa Primavera Edisi Mickey Mouse Dijual Rp 90 jutaan, Begini Detailnya

Penggantian power mode melalui sakelar kanan

Sistem penggerak Vespa Elettrica bisa menghasilkan daya 3,6 kW dengan daya puncak 4 kW, torsi yang bisa dimuntahkan mesin listrik ini mencapai 200 Nm on wheel.

Pengendara Elettrica juga disuguhkan dengan 2 pilihan mode berkendara, ada Power Mode dan Eco Mode yang bisa dipilih dengan mudah melalui tombol pada sakelar.

Dengan Power Mode pengendara dapat mencapai kecepatan 67-70 km/jam dengan klaim jarak tempuh 70 km, namun itu tergantung kondisi jalan dan bobot pengendara.

Lalu untuk ECO mode dimaksudkan untuk menghemat energi, memperpanjang usai baterai dengan membatasi kecepatan maksimal hanya 40 km/jam.

Mode ini klaimnya punya jarak tempuh 100 km/jam, tapi juga tergantung pada kondisi jalan serta bobot pengendara.

Baca juga: Intip Detail Vespa GTS 300 Super Tech 2023, Mewah dan Canggih

Mesin listrik terletak di samping

Tidak hanya 2 riding mode tersebut, tapi ada juga Reverse untuk memudahkan pengendalian mundur saat bermanuver atau parkir, kecepatan maksimalnya tidak sampai 5 km/jam.

Kecepatan di masing-masing power mode akan menurun ketika sisa baterai sisa 12%, kecepatan maksimal jadi hanya 30km/jam.

Indikator baterai un akan hidup sebagai tanda ke pengendara untuk segera melakukan pengecasan baterai.

Menarik?

Spesifikasi Vespa Elettrica 2023
Tenaga maksimal mesin listrik 4 kW
Tenaga mesin listrik 3,6 kW
Torsi maksimal mesin listrik 200 Nm (On wheel)
Voltase baterai 48,1 V
Kapasitas baterai 86,4 Ah
Tenaga baterai 4,2 kWh
Cell baterai LG Chem
Pengisian baterai 4-8 jam
Umur baterai 1.000 cycles
Kecepatan maksimal 67-70 km/jam (Power Mode), 40 km/jam (ECO Mode)
Berat baterai 25 kg
Ban depan 110/70-12
Ban belakang 120/70-11
Rem depan Cakram Ø200 mm, with CBS
Rem belakang Tromol Ø140 mm, with CBS
Panjang sumbu roda 1.350 mm
P x L x T 1.870 mm x 735 mm x 1.150 mm
Tinggi jok 790 mm
Berat isi 130 kg (Dengan baterai)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor