Meski dikenal dengan produk Ducati Panigale, namun merek motor asal Italia ini juga punya jagoan untuk model naked mereka, salah satunya Ducati Streetfighter V2 2023.
Didatangkan oleh PT Legenda Motor Indonesia selaku APM Ducati di Indonesia model ini merupakan line up paling terjangkau dari keluarga Streetfighter.
Tercatat kalau motor ini dibanderol dengan harga Rp 627 juta off the road, dan diluncurkan pertama kali di Indonesia akhir tahun lalu dengan pilihan warna Ducati Red dan Storm Green.
Tim AutoFun Indonesia pun sudah melakukan test ride pada Streetfighter V2, dari segi tampilan memang tidak dapat dipungkiri kalau pabrikan Italia ini ganteng banget.
Desainnya tidak beda jauh dengan kakaknya yaitu Streetfighter V4 yang punya kasta lebih tinggi dan juga lebih mahal pastinya.
Baca juga: Terpuruk Bareng Honda, Joan Mir Incar Kursi di Ducati
Meski tanpa fairing, namun Streetfighter tetap diberikan sentuhan desain lancip untuk memberi kesan aerodinamika yang baik, seperti posisi lampu depan yang rendah dan punya garis bodi searah ke tangki bensin.
Desain shroud multi-layer yang diaplikasikan juga turut memberi kesan gahar motor satu ini, sisi bawah terkesan padat berkat undercowl yang rapat menutup mesin dan adanya knalpot model underbelly.
Sisi belakang justru identik dengan Panigale, bisa dilihat dari penggunaan single side swing arm yang dipadu dengan pelek Y-spoke lebar.
Bahkan bodi belakangnya juga menggunakan lampu model sabit yang tembus alias bolong ala Panigale.
Suspensi depannya menggunakan tipe upside down dari Showa seri BPF alias big piston fork dengan diameter as Ø43 mm, sudah full adjustable namun masih manual.
Baca juga: Ducati Multistrada V4 Pikes Peak, Ketika Motor Touring Tampil Racing
Pada upside down terpasang dua buah kaliper Brembo M4 yang menjepit cakram semi-floating berukuran Ø320 mm, cukup untuk menghentikan laju Streetfighter V2 dan memberikan kesan padat.
Tidak lupa ada penyematan mesin 955 cc, Superquadro 90° Desmodromic 8 katup, pendingin cairan, dan sudah lolos standar Euro 5, mesin ini klaimnya menghasilkan tenaga puncak 155,1 ps di 10.750 rpm dengan torsi maksimum 101,4 Nm pada 9.000 rpm.
Fitur lainnya terdapat Riding Mode, Power Mode, Bosch Cornering ABS EVO, Traction Control (DTC) EVO 2, Wheelie Control (DWC) EVO, Engine Brake Control (EBC) EVO, Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO 2, Sachs steering damper, Auto-
off dan Auto tyre calibration.
Untuk ulasan lengkapnya bisa langsung simak di video berikut ini.
Spesifikasi Ducati Streetfighter V2 2023 | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Superquadro 90 ° V2, Desmodromic 4 katup per silinder, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 955 cc | |
Bore x Stroke | 100 x 60,8 mm | |
Perbandingan kompresi | 12.5:1 | |
Tenaga maksimal | 155,1 ps @10.750 rpm | |
Torsi maksimal | 101,4 Nm @9.000 rpm | |
Sistem bahan bakar | Electronic fuel injection system. Twin injectors per cylinder. Full ride-by-wire elliptical throttle bodies Exhaust 2-1-2-1 system, with 2 catalytic converters and 2 lambda probes | |
Transmisi | 6 percepatan dengan Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO 2 | |
Rangka | Monocoque Aluminium | |
Suspensi depan | Upside down Showa BPF Ø43 mm fully adjustable | |
Pelek depan | 5-spokes light alloy 3.50x17 inci | |
Ban depan | Pirelli Diablo Rosso IV 120/70 ZR17M | |
Suspensi belakang | Sachs fully adjustable | |
Pelek belakang | 5-spokes light alloy 5.50 x17 inci | |
Ban belakang | Pirelli Diablo Rosso IV 180/60 ZR17M | |
Travel suspensi | 120 mm depan, 130 mm belakang | |
Rem depan | Cakram Ø320 mm semi-floating ganda, kaliper Brembo Monobloc M4.32 4-piston radial dengan Bosch Cornering ABS EVO | |
Rem belakang | Cakram Ø245 mm tunggal, kaliper 2 piston dengan Bosch Cornering ABS EVO | |
P x L x T | 2.093 x 890 x 1.043 mm | |
Berat | 178 kg (kering), 200 kg (basah) | |
Tinggi jok | 845 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.465 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 131 mm | |
Rake | 24° | |
Trail | 94 mm | |
Kapasitas tangki bensin | 17 liter |