Triumph Speed 400 2023 Siap Menyapa Indonesia, Spesifikasinya Menggoda Jiwa!

Triumph Speed 400 2023
  • Masuk di bulan Januari 2024.
  • Menyuguhkan beragam fitur modern.

Di bulan Juni 2023 Triumph Motorcycle meluncurkan line up paling terjangkau dengan bermain di segmen cc kecil, ini hasil kerjasama antara Triumph Motorcycle dengan Bajaj Auto di India yakni Triumph Speed 400.

Hasilnya motor tersebut mendapatkan sambutan cukup bagus di India, terlebih harganya hanya di kisaran Rp 40 jutaan sehingga cukup terjangkau.

Selang beberapa minggu, terlihat di website triumphmotorcycles.co.id kalau Speed 400 dan Scrambler 400 X akan hadir di Indonesia pada bulan Januari 2024.

Sayangnya saat dikonfirmasi oleh tim AutoFun Indonesia, pihak PT GAS (Garda Andalan Selaras) selaku distributor Triumph di Indonesia menyebutkan kalau belum bisa memberikan pernyataan mengenai hal tersebut.

Baca juga: Triumph 400 Dipastikan Masuk Indonesia, Berapa Harganya?

Akan tersedia di Indonesia pada bulan Januari 2024

Sambil menunggu pengumuman resmi di Indonesia, pertama-tama kita bisa lihat apa saja fitur dan teknologi yang disuguhkan dari line up Triumph paling murah berikut ini.

Desain Sport Retro Modern

Pertama ada suguhan tampilan sport naked dengan konsep retro modern yang memang sedang kekinian, bisa dilhat dari penggunaan lampu serta desain tangki bensin yang membulat dengan livery Triumph cukup besar.

Di sisi belakang tidak ada bodi, justru rangka dibuat cukup mencolok hingga ke behel pegangan pembonceng, lalu di bawahnya lampu belakang dengan model tipis mengikuti lekuk rangkanya.

Untuk mendukung kesan retro atau klasik, spionnya pakai model bulat yang terpasang pada ujung setang pipanya, biasa dikenal juga dengan spion bar end.

Triumph Scrambler 400 X (kiri) dan Triumph Speed 400 (kanan)

Baca juga: Triumph Edisi Chrome Tampil Mewah, Kini Hadir di Indonesia Mulai Rp 370 Juta

Sedangkan pada tipe Scrambler menggunakan spion bulat dengan letak yang biasa, kemudian ada juga penggunaan hand guard dan grill headlamp untuk melindungi dari pentalan batu di jalur gravel atau saat terjatuh.

Kaki-Kaki Triumph Speed 400 2023

Sisi klasiknya yang kental dikombinasi dengan penggunaan suspensi depan upside down berkelir gold anodize serta kaliper Bybre radial 4 piston.

Kaliper tadi menjepit cakram 300 mm untuk Speed 400, dan diameter cakram 320 mm pada Scrambler 400 X, keduanya pun sudah dibekali dengan ABS.

Desain klasik dengan aura modern dan sporty di kaki-kaki

Karena digunakan pada kontur jalan yang lebih beragam, maka kedua suspensi Scrambler 400 X punya jarak main mencapai 150 mm.

Beda dengan Speed 400 yang hanya 140 mm pada suspensi depan dan 130 mm untuk suspensi belakang.

Belum lagi ada perbedaan pelek juga ban, yang membuat Scrambler 400 X lebih lincah di jalur off road. 

Cakram lebar dengan kaliper Bybre radial 4 piston

Ini karena menggunakan pelek depan 2.50x19 inci dibalut ban 100/90-19 dan belakang lebar pelek 3.50x17 inci berablut ban 140/80-17.

Baca juga: Triumph Indonesia : Terlalu Banyak Tipe Bikin Orang Bingung Beli Moge

Untuk Speed 400 punya spesifikasi lebih lebar untuk memberikan handling serta cengkeraman optimal selama perjalanan.

Mengandalkan pelek depan 3.00x17 inci dengan ban 110/70-17 dan yang belakang pelek 4.00x17 inci beserta ban 150/60-17.

Perbedaan ini membuat tinggi jok dan bobot keduanya cukup terasa, Speed 400 punya tinggi jok 790 mm dengan berat isi 170 kg, sedangkan Scrambler 400 X punya tinggi jok 835 mm dan berat isi 179 kg.

Upside down dengan diameter as jumbo mencapai Ø43 mm

Mesin Triumph Speed 400 2023 Berlimpah Torsi

Baik Triumph Speed 400 maupun Scrambler 400 X menggunakan mesin baru yang disebut sebagai seri TR.

Mesin ini terinspirasi dari TR5 Trophy yang diikuti Triumph pada event International Six-Day Trail di tahun 1948.

Spesifikasi mesinnya adalah 4 langkah, 1 silinder, DOHC 4 katup, dan suhu mesinnya dijaga menggunakan cairan dengan desain radiator memanjang ke bawah.

Mesin 400 cc yang tenaganya difokuskan pada putaran rendah dan finishing cukup premium 

Baca juga: Intip Spek Lengkap Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro, Beneran Lebih Canggih?

Diameter pistonnya 89 mm dikombinasi dengan panjang langkah 64 mm membuat kapasitas murni mesinnya 397,9 cc, piston tersebut dipaksa menggebuk perbandingan kompresi 12:1.

Mesin dengan sistem fuel injection dari Bosch ini diklaim memiliki tenaga maksimal 40 PS di 8.000 rpm dengan torsi maksimal 37,5 Nm pada 6.500 rpm.

Dengan begitu bisa dikatakan mesin 400 cc ini walau overbore namun punya karakter torsi yang berlimpah ruah.

Karena bisa dilihat kalau torsinya sudah bisa dicapai di putaran yang tidak terlalu tinggi, hanya 6.500 rpm saja.

Dan tenaga puncaknya juga difokuskan di putaran yang rendah yaitu 8.000 rpm, ini pun jadi salah satu karakter dari mesin Triumph.

Dilengkapi traction control yang bisa dinonaktifkan

Salah satu yang unik dari mesin dengan 6 percepatan ini adalah penggunaan counter-rotating balancer shaft, ini membuat posisi rantai menjadi di sebelah kanan.

Banjir Fitur

Fitur-fitur kekinian pada dua produk Triumph ini dimulai dengan penggunaan LED di seluruh lampu penerangannya.

Bukaan gas sudah diatur menggunakan ride-by-wire lengkap dengan traction control yang bisa dinonaktifkan.

Lampu utama bulat klasik berisikan DRL dan lampu sorot LED

Baca juga: Dibanderol Rp 700 Jutaan, Ini Daya Tarik Triumph Tiger 1200 GT Pro dan Rally Pro Untuk Dipinang

Kesan retro modern ditampilkan juga pada spidometernya, menggunakan jarum besar sebagai penunjuk kecepatan, dibalik jarum terdapat rentetan lampu indikator penting.

Seperti indikator neutral, fuel low level, sein, hazard, ABS, high beam, traction control on dan off, low pressure oil, overheat indicator, MIL, dan immobilizer.

Spidometer kombinasi analog dan digital

Di sebelahnya terdapat layar digital membentuk persegi panjang, yang terlihat ada informasi gear position, tachometer yang tidak terlalu besar, odometer, jam, dan fuel meter.

Kalau melihat kunci kontaknya, memang masih menggunakan anak kunci konvensional bahkan tanpa pengaman penutup magnet, tapi tenang karena Triumph membekali fitur chip immobilizer pada anak kuncinya.

Jika melihat yang disuguhkan jelas sangat menggoda jika, tapi kira-kira berapa harga yang cocok untuk Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X ini?

Spesifikasi Triumph 400 2023
Tipe Mesin 4-langkah, 1 silinder, DOHC, Pendingin cairan
Bore x stroke 89 x 64 mm
Kapasitas mesin 397,9 cc
Perbandingan kompresi 12:1
Tenaga maksimal 40 ps @8.000 rpm
Torsi maksimal 37,5 Nm @6.500 rpm
Sistem bahan bakar Bosch electronic fuel injection dengan electronic throttle control
Knalpot Stainless twin-skin header system dengan stainless steel silencer
Kopling Basah, pelat bersusun, sliper clutch
Transmisi 6 percepatan
Rangka Hybrid spine/perimeter, tubular steel, bolt-on rear subframe
Pelek depan Cast aluminium alloy 10 spoke, 3.00x17 inci (Speed), 2.50x17 inci (Scramber)
Pelek belakang Cast aluminium alloy 10 spoke, 4.00x17 inci (Speed), 3.50x17 inci (Scrambler)
Ban depan 110/70-17 (Speed), 100/90-19 (Scrambler)
Ban belakang 150/60-17 (Speed), 140/80-17 (Scrambler)
Suspensi depan Ø43 mm upside down Big Piston forks
Travel suspensi depan 140 mm (Speed), 150 mm (Scrambler)
Suspensi belakang Gas monoshock RSU dengan external reservoir dan pre-load adjustment
Travel suspensi belakang 130 mm (Speed), 150 mm (Scrambler)
Rem depan Cakram tunggal Ø300 mm (Speed), Ø320 mm (Scrambler) dengan kaliper radial 4 piston, ABS
Rem belakang Cakram tunggal Ø230 mm, kaliper floating, ABS
Tinggi jok 790 mm (Speed), 835 mm (Scrambler)
Panjang sumbu roda 1.377 mm (Speed), 1.418 mm (Scrambler)
Rake 24,6° (Speed), 23,2° (Scrambler)
Trail 102 mm (Speed), 108 mm (Scrambler)
Kapasitas tangki bensin 13 liter
Berat isi 170 kg (Speed), 179 km (Scrambler)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor